Topik Baru ! Tentang Template Blog Yang Responsive

Template blog, Blog & Tips Seo - Berdasarkan penelitian yang saya lakukan, Template blog yang paling dicari para blogger baru-baru ini adalah yang support responsive (baca:responsif). Oleh sebab itu saya akan mencoba menguolasnya disini dan membuat label baru membahas tentang template yang responsive secara khusus.

Tentang Template Blog Yang Responsive
Template Responsive adalah blog yang dapat menyesuaikan lebar, tinggi, besar/kecil tulisan secara otomatis sesuai tempat-nya


  • Template blogger Responsive
  • Thema Wordpress responsive

Dalam artikel sebelumnya Tampilan Mobile, Tutorial Modifikasi Template blog Menjadi Rensponsive, kita telah memulainya dan berkesimpulan bahwa: Template Responsive adalah blog yang dapat menyesuaikan lebar, tinggi, besar/kecil tulisan secara otomatis sesuai tempat-nya, Seperti gadget yang kita gunakan misalnya Laptop, Tablet, Smart Phone. Tentu setiap gadget ukuran resolusi layarnya berbeda-beda ada yang 1680x1050, 1024x768, 768x1024, 320x420 dll.
Adapun topik ini akan mengumpukan serta memberikan rekomendasi template-template yang responsive support, dan tentunya menambahkan beberapa optimasi yang diperlukan.

Demikian informasi tidak penting ini. Nantikan kami diDirektori Label template  ===>  Responsive

Baca Juga Artikel lainnya:

Download & Instal CMS Wordpres 3.5.2, apa yang baru?

Info Update Wordpress, Blog & Tips SEO - Kabar baik bagi pengguna wordpress, Versi upgrade wordpress terbaru telah resmi dirilis, siap anda download dan instal, baik secara otomatis maupun diisntal manual melalui FTP diwebsite anda.
Download & Instal CMS Wordpres 3.5.2
CMS Wordpres 3.5.2 Versi Baru


Mungkin info update wordpress ini sudah banyak yang tahu, apalagi didashboard juga ada notifikasi tentang berita tersebut. nah, bagi yang belum tahu, maka inilah infonya, sekalian melihat apa saja sih fitur-fitur ada wordpress 3.5.2 baru ini.

Fitur Baru di Wordpres 3.5.2


Ada beberepa perbaikan yang ditamabahkan pada versi baru wordpress kali ini untuk memperbaharui beberapa bugs yang terjadi pada versi-versi wordpress sebelumnya (3.5.1). Seperti dijelaskan dalam rilisnya disebutkan bahwa pihak wordpress telah mengupdate beberapa celah keamanan cms tersebut, yaitu 12 bug yang sebelumnya terdapat pada versi 3.5.1. Beberapa diantaranya soal XSRF (Cross-site Request Forgery), Bug pada kemampuan penerbitan pada kontributor dan penumpukan nama penulis pada saat mengedit post, bug XSRF di SWFUpload, TinyMCE, dan banyak tempat (khususnya yang mempunyai kapasitas editor teks), dan proteksi DDOS.

Sangat dianjurkan khususnya yang mengunakan wordpress untuk mendownload versi baru ini dan segera menginstalnya pada web anda.

7 Hal penting versi baru wordpress ini antara lain:

  1. Memblokir serangan pemalsuan permintaan server-side, yang berpotensi memungkinkan penyerang untuk mendapatkan akses ke situs.
  2. Kontributor dilarang menerbitkan posting, dimana gal itu pernah dilaporkan oleh Konstantin Kovshenin, atau pemindahan kepenulisan posting, yang pernah dilaporkan oleh Lukas Bryan.
  3. Sebuah update untuk perpustakaan eksternal SWF Upload untuk memperbaiki kerentanan cross-site scripting. Dilansir oleh mala dan Szymon Gruszecki.
  4. Pencegahan serangan penolakan layanan, yang mempengaruhi situs menggunakan tulisan yang dilindungi password.
  5. Pembaharuan pada perpustakaan TinyMCE eksternal untuk memperbaiki scripting kerentanan cross-site. Hal ini pernah Dilaporkan oleh Wan Ikram. 
  6. Beberapa perbaikan untuk cross-site scripting. Dilansir Andrea Santese dan Rodrigo.
  7. Solusi permasalahan path file saat meng-upload gagal. Problem yang dilaporkan oleh Jakub Galczyk.

Download Wordpres 3.5.2


Bagi yang yang belum mendowload, silahkan kunjungi situs resmi http://wordpress.org. Atau untuk akses cepat download wordpress 3.5.2 ini bisa Klik Disini. Oh ya, jika wordpress belum di modifikasi, petunjuk tentang download dan cara instalnya pasti akan anda temukan didashboard WP anda, So buruan menuju wp-login :D.

Baca Juga Artikel lainnya:

Tampilan Mobile, Tutorial Modifikasi Template blog Menjadi Rensponsive

Blog & Tips Seo, Modifikasi Template Blogger menjadi responsive - Akhirnya blog ini telah diperbaharui dan sekarang menjadi responsive, sehingga jika diakses melalui perangkat manapun baik itu mobile seluler, tampilannya akan disesuaiakan sesuai dengan layar pembacanya. Saya juga edit-edit sedikit beberapa komponen lainnya agar tampilannya lebih menarik dan simple, salah satunya adalah logo blog kita yang baru. Sudahkah anda lihat diatas? di footer blog ini merupakan tampilan logo mininya... :D dan mudah-mudahan anda tidak mengejek saya karna logo tersebut kurang mantap editannya.
Tampilan Logo baru Blog Responsive
Tampilan Logo Baru !!! 
Oh ya, soal tampilan logo baru diatas, tolong jangan tanya macam-macam. Kenapa ada penembaklah ? kenapa Hurufnya miringlah? karna ini hanyalah tampilan logo sebagai pelengkap blog yang menjadi responsive :D #Mari ketawa :D 3333x hahahahah.....

Kenapa Oh kenapa, dan haruskah tampilan blog responsive?

Saya menyempatkan diri untuk memperbaharui/modifikasi tampilan blog karna banyak keluhan yang mengatakan "blog tidak menampilkan resolusi yang tepat bagi pembaca, tidak sesuai dengan ukuran lebar layar pada monitor mereka". Dan itu benar,  pembaca harus dilayani karna mereka adalah raja bagi sebuah blog.

Dulu saya sempat mengabaikannya, saya pikir tampilan blog / template tanpa responsive tidak memiliki dampak besar bagi blog. Tapi ternyata saya harus mulai memikirkan tentang penyesuaian layar bagi pembaca setelah diketahui bahasanya pengunjung (pengguna internet) sekarang ini rata-rata 70% menggunakan perangkat mobile seperti Ipad, Hp, blackberry dalam berselancar didunia internet.

Yups, untuk mengetahuinya anda bisa melakukan riset sediri. Masuk ke dashboard ==> statistik blog anda. Lihat dari mana datangnya para pengunjung tersebut. Banyak bukan dari perangkat seluler non PC?

So, sudah menjadi dasar penting bagi kemajuan blog untuk mendesain tampilan layar menjadi lebih ramah perangkat seluler yang memiliki lebar berbeda-beda (Mobile friendly blog).

Dalam beberapa waktu akhirnya template blog ini telah disulap menjadi Responsive, Mobile friendly dan bisa diakses perankat apa saja termasuk seluler dalam berbagai ukuran layar.

Apakah template blog ini sudah responsive? Terus terang saya sendiri masih belum dapat memastikan apakah benar template ini sudah menjadi responsive atau tidak? dapatkah anda membaca artikel blog ini melalui handphone seluler, tab, ipad, iphone? bagaimana dengan resolusinya. Yuk mari bantu saya, coba cek melaui perangkat anda.

Cara Saya Mengetahui Tampilan Blog Responsive


Cara yang saat ini saya lakukan untuk mengetahui apakah template blog yang kita gunakan sudah responsive dengan tampilan mobile adalah dengan menyesuaikan (minimaze + maximaze) ukuran browser yang digunakan.

contohnya saat ini saat sedang memanfaatkan browser google chrome, maka untuk memastikan blog sudah responsive dan support mobile caranya adalah :

Pertama, kunjungi objek dalam contoh ini adalah halam beranda di blog ini sendiri http://blog.fispol.com/.

Langsung saja arahkan perhatian anda kesudut atas  paling kanan Chrome dan klik pada kotak Minimaze (Biasa terletak ditengah antara 3 tombol berdampingan). Seperti tampilan dibawah ini.
Membuat Tampilan Blog responsive
Tampilan blog Home pada layar dengan lebar 800px keatas
Selanjutnya untuk menyesuaikan lebar layar adalah dangan menarik sudut tepi kanan / kiri kedalam, ini akan mengecilkan ukuran layar dan kita bisa melihat apakah blog tersebut responsive / mobile friendly?

Ketika Dikecilkan (layar browser) maka blog akan menyesuiakan ukuran lebarnya sehingga konten dapat terbaca secara keseluruhan.


menjadikan Rensponsive / Mobile friendly
Tampilan Blog pada layar 650px kebawah
Pada layar dengan ukuran lebar 650px atau lebih kecil, tampilan blog berubah otomatis disesuikan dengan lebar monitor pembaca. Lihat pada menu navigasi dibawah judul blog menjadi 2 kolom dengan lebar 90% dari ukuran layar pembaca. Ketika anda mengecilkan layarnya maka ukurannya pun mengikutinya. Contohnya, pada ukuran ini Sidebar yang tadinya terletak disebelah kanan yang mengandung widget-widet blog seperti populer post dan lain tidak berada pada posisinya, sekarang anda akan menemukan sidebar diletakkan dibawah konten utama dan lebarnya pun lebih besar (sesuai dengan ukuran layar).... dan seterusnya.

modifikasi tampilan blog Responsive
Tampilan Blog pada layar  dengan lebar maximal 320 px
Pada ukuran yang lebih seksi :D, maksud saya " Ramping", padat atau lebih kecil layarnya,  layar ukuran 320px (lebar) maka tampilannya juga menyesuaikan pada layar pengguna. Ada beberapa komponen blog yang di sembunyikan, dan beberapa lagi disesuaikan lebarnya agar benar2 tampil responsive. Pada blog ini, saya menyembunyikan related post beserta permalink otomatis karna menurut saya terlalu semraut dan membuat tampilan menjadi berantakan. Saya juga membuat menunya menjadi 1 kolom saja agar sesuai dengan ukuran pada layar di handphone pembaca.

So, Apakah anda menemukan blog ini tampilannya responsive pada perangkat mobile / seluler yang sedang anda gunakan saat ini? *Kotak komentar masih lapang loh untuk menceritakannya :)...


Jadi, Blog Responsive adalah


Kesimpulannya adalah Blog Responsive adalah blog yang dapat menyesuaikan lebar, tinggi, besar/kecil tulisan secara otomatis sesuai tempat-nya, Seperti gadget yang kita gunakan misalnya Laptop, Tablet, Smart Phone. Tentu setiap gadget ukuran resolusi layarnya berbeda-beda ada yang 1680x1050, 1024x768, 768x1024, 320x420 dll.

Jadi sebuah website/blog akan menyesuaikan dengan ukuran resolusi layar gadget itu sendiri misalnya website dengan ukuran lebar 1024px dibuka menggunakan gadget Iphone atau smartphone beresolusi 420x320 jika website tersebut bersifat responsive maka otomatis lebar website tersebut akan berubah menjadi 420px.

Bagaimana cara saya membuat blog ini menjadi responsive


Pertanyaan yang hanya dilontarkan oleh pemula seperti saya "Bagaimana cara mengedit template agara tampilan blog menjadi responsive dan support mobile?".

Sebenarnya agar blog tampil dan support di perangkat seluler, blog dengan platform blogger mendukungnya. Pihak blogger memberikan peluang bagi anda untuk menampilkan versi mobile blog tanpa perlu usaha banyak otak-atik / modifikasi template. Anda dapat mengaktifkannya pada halaman template didashboard blogger anda.

Namun bagi sebagian orang tampilan seluler mungkin kurang baik, karna penyesuaian blog diatur oleh google. Contohnya; gaya blog tidak sesuai kenginan, juga terpangkasnya beberapa widget dan aksesoris blog yang harusnya di tampilkan kepada pembaca.Sehingga perlu memodifikasi template agar sesuai dengan keinginan kita sendiri, menentukan widget pada perangkat dan jangan lupa untuk terlebih dahulu menonaktifkan tampilan seluler dari blogger.

Inilah Usaha yang saya kerjakan untuk membuat template blog menjadi responsif...

Sebelum menjelaskan, ada persyaratan yang harus dipenuhi, saya tidak menganjurkan anda melakukan ini *edit template css / jika anda tidak yakin memahami dasar-dasar dan struktur template dengan paltform blogger. Karna resikonya cukup berat dan bisa merudak tampilan pada blog anda.

Untuk Anda yang sekedar ingin memasang atau memperbaharui template, lebih baik dan direkomendasikan hanya perlu mencari template yang responsive serta support mobile saja, Salah satu rekomendasi saya untuk anda perimbangkan adalah kolekasi template rensponsive Maskolis atau cek di  Mastemplate. Sedangkan bagi anda yang ingin mengetahui secara lengkap tentang bahasan ini, silahkan download template (Blog dan Tips Seo ) lengkap nanti. Saya akan bongkar rahasia tak penting bagi anda, tanpa menyembunyikan satupun unsur yang saya pasang diblog kami ini. *Email anda sisipkan

Tutorial Dasar Modifikasi / Cara Membuat Rensponsive


Karna Blog Responsive adalah blog yang dapat menyesuaikan lebar, tinggi, besar/kecil tulisan secara otomatis sesuai tempat-nya maka Untuk membuat blog menjadi responsive cukup menambahkan kode @media-query pada CSS. Apa itu media query? 

CSS Media query memungkinkan Anda untuk menargetkan aturan CSS berdasarkan - misalnya - ukuran layar, perangkat-orientasi atau display-density. Ini berarti Anda dapat menggunakan CSS Media Query untuk men-tweak CSS untuk iPad, printer atau membuat situs responsif. Lengkapnya tentang CSS Media query selain pada topik ini (template responsif) dapat dibaca disana.

Jadi, untuk membuat blog tampil responsif, kita akan membuat CSS Media query terlebih dahulu lalu menyisipkannya kedalam template.

"ini sulit ya?"
Oh no!, ini sangat mudah man, santai saja anda akan mengerti jika anda belajar dan menyelesaikan bacaan ini.

Beruntungnya anda tidak perlu mempelajari semua tentang media query, tapi cukup memahami media query standar berbagai perangkat. Berikut silahkan dipahami:

1. Pedoman Media Queries diberbagai perangkat



/* Smartphones (portrait dan landscape) ----------- */

@media only screen and (min-device-width : 320px) and (max-device-width : 480px) { /* gaya Css responsive */ }


/* Smartphones (landscape) ----------- */

@media only screen and (min-width : 321px) { /* gaya Css responsive anda */ }


/* Smartphones (portrait) ----------- */

@media only screen and (max-width : 320px) { /* gaya Css responsive anda */ }


/* iPads (portrait and landscape) ----------- */

@media only screen and (min-device-width : 768px) and (max-device-width : 1024px) { /* gaya Css responsive anda */ }


/* iPads (landscape) ----------- */

@media only screen and (min-device-width : 768px) and (max-device-width : 1024px) and (orientation : landscape) { /* gaya Css responsive anda */ }


/* iPads (portrait) ----------- */

@media only screen and (min-device-width : 768px) and (max-device-width : 1024px) and (orientation : portrait) { /* gaya Css responsive anda */ }


/* Media untuk layar komputer atau laptop ----------- */

@media only screen and (min-width : 1224px) { /* gaya Css responsive anda disini */ }


/* layar besar ----------- */

@media only screen and (min-width : 1824px) { /* gaya Css responsive anda */ }


/* iPhone 4 ----------- */

@media only screen and (-webkit-min-device-pixel-ratio : 1.5), only screen and (min-device-pixel-ratio : 1.5) { /* gaya Css responsive anda */ }

Catatan: Media quuery diatas boleh digunakan semua atau beberapa saja juga boleh tergantung kebutuhan setia anda. Yang warna biru adalah komentar / penjelasan tentang pada perangkat berukuran apa saja dia akan bekerja (tidak ditulis juga tidak masalah). Sedangkan yang berwarna hitam tebal " gaya Css responsive anda" adalah kode style / css responsive yang akan menentukan tampilannya.
2. Komponen - Struktur Template Blog

Seperti saya katakan diatas, anda setidaknya mengetahui dasar-dasar pada  HTML blogger karna usaha yang akan kita lakukan adalah berenang kedalam lautan kode-kode HTML pada template blogger...dan tentu saja, ulasan mengenai ini tidak akan bisa diceritakan pada halaman ini, disarankan untuk kembali membuka buku atau rajin bertanya kepada Om google, jika tidak? anda akan tenggelam dan terjatuh tak bisa bangkit lagi *cakra khan :D. Misalnya nih, anda menemukan bagian <div id="keongracun">blalalala teks dan blablalalallaa </div> maka itu adalah komponen keongracun.

Kita ambil contoh Pada template ini, strukturnya dibuat dengan komponen dasar:

header
botmenu
Pengantar
Content
right
footer


3.Membuat Css Media Query responsive pada Template

Setelah mengetahui komponen dalam struktur template diblogger anda, mari memasaknya agar siap hidang :D, maksud saya membuat @media query nya gitu loh :)...

Pada contoh ini, Kita akan mengatur tampilan blog pada perangkat berlayar seksi atau kecil dengan lebar   320px atau lebih kecil. Langsung kita pasangkan sesuai dengan contoh komponen dan struktur template diatas, maka css query agar template menjadi responsive bisa jadi sebagai berikut:

/* Inilah gaya blog responsive dihape anda berukuran kecil ----------- */

@media only screen and (Max-width : 320px)
{#header,#botmenu,#Pengantar,#Content,#right,#footer{width:100%} }

atau bisa juga

@media only screen and (Max-width : 320px)
{#header,#botmenu,#Pengantar,#Content,#right,#footer{width:320px} }

Width pada style diatas mengatur lebarnya komponen, bisa diedit sesuai keinginan. Ini hanya contoh dasar saja, anda masih bisa membuatnya lebih oke, menambahkan style yang lainnya pada komponen tertentu, misalnya kita akan menyembunyikan komponen #botmenu, maka tambahkan saja stylenya menjadi:

@media only screen and (Max-width : 320px)
{#header,,#Pengantar,#Content,#right,#footer{width:100%}#botmenu{display:none} }

Artinya : display:none menjelaskan bahwa komponen bootmenu tidak ditampilkan pada perangkat dengan lebar 320px kebawah.

Ingin memaksimalkan pengetahuan anda, saya rekomendasikan membuka pelajaran dasar css di www.w3schools.com/css/‎

4. Langkah terakhir adalah Menyisipkan Css Responsive Kedalam Template

Langkah Terakhir Modifikasi Template blogger Menjadi Rensponsive adalah menyisipkan kode css responsive yang telah kita buat tadi (Media Query) kedalam Template blogger anda.

Dimanakah Media Query diletakkan?

Seperti biasa, masuk ke edit HTML template anda.

Letakkan didalam tempat kode style ...saya tidak menganjurkan anda menggunakan CTRL+F, tapi cari dan temukan manuali, untuk ketepatan dan kerapian mengingat blogger tampilan baru sekarang membungkus beberapa komponen.

Biasanya style dalam temlapte blogger jika terbungkus akan seperti ini <style>...</style>. Cari dan  Temukan,  biasanya tidak jauh, paling beberapa baris dibawah header, dan ingat SAYA TIDAK MENGANJURKAN ANDA UNTUK menggunakan CTRL+F karna akan ada banyak, jadi usahakan
anda temukan secara manual.

Setelah menemukan <style>...</style> klik (yang diklik adalah titik-titik ...) antara pembuka dan penutup style tersebut. Jika itu benar maka style akan membuka.

letakkan Media Query yang telah kita siapkan tadi tepat dibagian paling bawah style terbuka tersebut, sebelum penutup </style>.
Contoh peletakkan:
<style>
#cssblalalalalala{..}
#lain-lain{...}
@media only screen and (Max-width : 320px)
{#header,,#Pengantar,#Content,#right,#footer{width:100%}#botmenu{display:none} }
</style>

Download Template Responsive Blog Ini Secara Utuh


Pelajaran hari ini selesai. Terima kasih anda menyempatkan diri untuk belajar bersama kami sebagai pemula blogger dalam membahas Modifikasi Template Menjadi Rensponsive. Seperti dikatakan diatas bahwa bagi anda yang ingin melihat langsung bagaimana perubahan yang telah saya lakukan untuk membuat template ini menjadi responsive? maka kami akan dengan senang hati berbagi. Tapi Karna ini bukan template share publik dan juga merupakan template source asli blog ini (http://blog.fispol.com/) tidak berbeda sedikit pun, maka kami tidak dapat menyediakan link downloadnya, khusus bagi pembaca kami untuk keperluan belajar dapat saya kirimkan lewat email...*Gratis kok :).

TERIMA KASIH, SALAM SUKSES BUAT ANDA, TEMAN-TEMAN, DAN KELUARGA...

Baca Juga Artikel lainnya:

Daftar Plugin Wordpres Terlarang, berbahaya bagi blog anda.

Aksesoris Blog wordpress, Plugin WP bahaya !!! - Berikut adalah daftar (list) hitam yang termasuk dalam kategori plugin-plugin berbahaya dan sebaiknya dihindari, karna akan merusak blog anda baik secara langsung maupun perlahan-lahan.
Plugin Wordpres Terlarang, berbahaya bagi blog


Wajar saja jika pengguna wordpress khusunya yang self hosted (Hosting sendiri) menjadi manja dengan aksesoris blog yang costumisasinya begitu mudah, semua sudah tersedia dalam direktori plugin wordpress. Memang benar, dan inilah salah satu keistimewaan ngeblog berdaya wordpress self hosted.

Tapi, dibalik semua kebebasan tersebut, siapa menyangka bahwa kemungkinan ini bisa menjadi jendela bagi virus-virus berbahaya untuk beraksi dan melaksanakan program jahatnya yang akibatnya bisa fatal dan merusak blog yang sangatt kita sayangi.

Pada awal memang gejalanya belum kelihatan, namun pada keesokan harinya satu persatu program jahat dalam sebuah plugin berbahaya tersebut aktif dan bekerja untuk menguasai seluruh sistem web yang berakhir pada penyebaran virus, malware hingga pencurian data-data penting.

Pribadi, saya sendiri sempat kejebak dengan beberapa plugin berbahaya ini. Awalnya saya tidak curiga, maklum saya belum pernah mendengar isu tentang bahayanya beberapa plugin yang seharusnya tidak boleh dipasang di blog wordpress ini. 1 bulan baru ketahuan, saya diperingati oleh pihak hosting bahkan website saya sempat dikunci untuk sementara karna dideteksi adanya kegiatan spamming. Ternyata Plugin yang saya instal mengandung malware, mereka bekeruja tanpa sepengetahuan saya. Diam-diam website saya dijadikan sebagai tempat menyebarkan virus dan informasi tidak benar.

Makanya pada kesempatan ini, saya mau sedikit berbagi tips memilih plugin, agar kita semua lebih berhati-hati lagi guna mencegah hala-hal yang buruk menggangu sistem di blog (wordpress) kita.

Berikut adalah beberapa plugin yang dilarang dan tidak dianjurkan diinstal pada website wordpress (saya kumpulkan dari forum dan pengalaman teman2 yang pernah mengalami masalah pada plugin ini) :

PLUGIN WORDPRESS YANG BURUK


WordPress DX-Contribute Plugin 1.1.0 – XSS
Post-views plugin 2.6.1. – XSS
WP e-Commerce 1.1.1 – XSS
WordPress WooCommerce Predictive Search Plugin 1.0.6. – XSS
Video Lead Form 0.5 – XSS
Pretty Link Lite Plugin 1.6.0 – XSS
WP125 plugin 1.4.5. XSS
Ultimate TinyMCE plugin 3.6. – XSS
Wysija Newsletters Plugin 2.1.7. – XSS
WordPress Carousel Slideshow 3.10 – XSS
BuddyStream plugin 2.6.2 – XSS
NextGEN Gallery 1.9.7 – XSS
Amazon Associate plugin 2.0 – XSS
Hitasoft FLV Player Plugin 1.1 SQL Injection
AJAX Post Search Plugin 1.1 – SQL Injection
Advanced Custom Fields Plugin 3.5.2. – Arbitrary file inclusion
vTiger CRM Lead Capture 1.1.0. – unspecified errors
WP-Filebase Plugin 0.2.9.24. – unspecified errors

Catat bahwa ini hanyalah sebagian plugin berbahaya saja, mungkin masih banyak lagi  lainnya yang memiliki celah keamanan dan mengandung virus atau malware. Anda dapat menemukannya dalam thread2 dikomunitas forum (Saya Rekomendasikan tanya langsung kepada teman2 di Forum Wordpress Indonesia Yang resmi).

Tips Aman Menginstal Plugin untuk Blog Wordpress


Maka untuk mencegah hal buruk diatas, sebaiknya sebelum menginstal plugin anda harus mempertimbangkan beberapa tips berikut;

Hanya Isntal plugin wordpress yang banyak didownload 10,000 keatas
Pilih hanya plugin plugin wordpress yang memiliki statistik telah didownload lebih dari 10,000 kali. Jangan jadi kelinci percobaan suatu plugin, pastikan telah banyak yang download plugin tersebut yang berarti cukup aman.

Kunjungi dan Cek Website Author plugin yang dimaksud

Cek komentar yang ada di situs pemilik plugin tersebut. Hindari plugin plugin wordpress yang situs pembuatnya berisi komentar negatif.

Lihat reputasi (Rating/bintang Pengguna)  plugin.

Pilih plugin plugin wordpress yang dibuat oleh orang yang memiliki reputasi yang baik atau telah beberapa kali membuat plugin yang tidak berbahaya. Meskipun ini bukan jaminan, namun setidaknya kredibilitas pembuat plugin bisa menjadi salah satu tolak ukur.

Jika perlu, Scan plugin dengan menggunakan antivirus.

Untuk melakukan scan terhadap suatu plugin sebaiknya download terlebih dahulu plugin plugin wordpress tersebut ke komputer kita sebelum diinstall agar bisa langsung di scan. Sebagian besar server di hosting tidak memiliki anti virus, jadi sebaiknya kita tetap mengandalkan anti virus yang ada di komputer kita. Salah dua antivirus yang cukup handal adalah “AVG Free Edition” dan “Avast Free Edition” yang mendeteksi adanya backdoor pada suatu file PHP.

Baca Juga Artikel lainnya: