Tampilan Mobile, Tutorial Modifikasi Template blog Menjadi Rensponsive

Blog & Tips Seo, Modifikasi Template Blogger menjadi responsive - Akhirnya blog ini telah diperbaharui dan sekarang menjadi responsive, sehingga jika diakses melalui perangkat manapun baik itu mobile seluler, tampilannya akan disesuaiakan sesuai dengan layar pembacanya. Saya juga edit-edit sedikit beberapa komponen lainnya agar tampilannya lebih menarik dan simple, salah satunya adalah logo blog kita yang baru. Sudahkah anda lihat diatas? di footer blog ini merupakan tampilan logo mininya... :D dan mudah-mudahan anda tidak mengejek saya karna logo tersebut kurang mantap editannya.
Tampilan Logo baru Blog Responsive
Tampilan Logo Baru !!! 
Oh ya, soal tampilan logo baru diatas, tolong jangan tanya macam-macam. Kenapa ada penembaklah ? kenapa Hurufnya miringlah? karna ini hanyalah tampilan logo sebagai pelengkap blog yang menjadi responsive :D #Mari ketawa :D 3333x hahahahah.....

Kenapa Oh kenapa, dan haruskah tampilan blog responsive?

Saya menyempatkan diri untuk memperbaharui/modifikasi tampilan blog karna banyak keluhan yang mengatakan "blog tidak menampilkan resolusi yang tepat bagi pembaca, tidak sesuai dengan ukuran lebar layar pada monitor mereka". Dan itu benar,  pembaca harus dilayani karna mereka adalah raja bagi sebuah blog.

Dulu saya sempat mengabaikannya, saya pikir tampilan blog / template tanpa responsive tidak memiliki dampak besar bagi blog. Tapi ternyata saya harus mulai memikirkan tentang penyesuaian layar bagi pembaca setelah diketahui bahasanya pengunjung (pengguna internet) sekarang ini rata-rata 70% menggunakan perangkat mobile seperti Ipad, Hp, blackberry dalam berselancar didunia internet.

Yups, untuk mengetahuinya anda bisa melakukan riset sediri. Masuk ke dashboard ==> statistik blog anda. Lihat dari mana datangnya para pengunjung tersebut. Banyak bukan dari perangkat seluler non PC?

So, sudah menjadi dasar penting bagi kemajuan blog untuk mendesain tampilan layar menjadi lebih ramah perangkat seluler yang memiliki lebar berbeda-beda (Mobile friendly blog).

Dalam beberapa waktu akhirnya template blog ini telah disulap menjadi Responsive, Mobile friendly dan bisa diakses perankat apa saja termasuk seluler dalam berbagai ukuran layar.

Apakah template blog ini sudah responsive? Terus terang saya sendiri masih belum dapat memastikan apakah benar template ini sudah menjadi responsive atau tidak? dapatkah anda membaca artikel blog ini melalui handphone seluler, tab, ipad, iphone? bagaimana dengan resolusinya. Yuk mari bantu saya, coba cek melaui perangkat anda.

Cara Saya Mengetahui Tampilan Blog Responsive


Cara yang saat ini saya lakukan untuk mengetahui apakah template blog yang kita gunakan sudah responsive dengan tampilan mobile adalah dengan menyesuaikan (minimaze + maximaze) ukuran browser yang digunakan.

contohnya saat ini saat sedang memanfaatkan browser google chrome, maka untuk memastikan blog sudah responsive dan support mobile caranya adalah :

Pertama, kunjungi objek dalam contoh ini adalah halam beranda di blog ini sendiri http://blog.fispol.com/.

Langsung saja arahkan perhatian anda kesudut atas  paling kanan Chrome dan klik pada kotak Minimaze (Biasa terletak ditengah antara 3 tombol berdampingan). Seperti tampilan dibawah ini.
Membuat Tampilan Blog responsive
Tampilan blog Home pada layar dengan lebar 800px keatas
Selanjutnya untuk menyesuaikan lebar layar adalah dangan menarik sudut tepi kanan / kiri kedalam, ini akan mengecilkan ukuran layar dan kita bisa melihat apakah blog tersebut responsive / mobile friendly?

Ketika Dikecilkan (layar browser) maka blog akan menyesuiakan ukuran lebarnya sehingga konten dapat terbaca secara keseluruhan.


menjadikan Rensponsive / Mobile friendly
Tampilan Blog pada layar 650px kebawah
Pada layar dengan ukuran lebar 650px atau lebih kecil, tampilan blog berubah otomatis disesuikan dengan lebar monitor pembaca. Lihat pada menu navigasi dibawah judul blog menjadi 2 kolom dengan lebar 90% dari ukuran layar pembaca. Ketika anda mengecilkan layarnya maka ukurannya pun mengikutinya. Contohnya, pada ukuran ini Sidebar yang tadinya terletak disebelah kanan yang mengandung widget-widet blog seperti populer post dan lain tidak berada pada posisinya, sekarang anda akan menemukan sidebar diletakkan dibawah konten utama dan lebarnya pun lebih besar (sesuai dengan ukuran layar).... dan seterusnya.

modifikasi tampilan blog Responsive
Tampilan Blog pada layar  dengan lebar maximal 320 px
Pada ukuran yang lebih seksi :D, maksud saya " Ramping", padat atau lebih kecil layarnya,  layar ukuran 320px (lebar) maka tampilannya juga menyesuaikan pada layar pengguna. Ada beberapa komponen blog yang di sembunyikan, dan beberapa lagi disesuaikan lebarnya agar benar2 tampil responsive. Pada blog ini, saya menyembunyikan related post beserta permalink otomatis karna menurut saya terlalu semraut dan membuat tampilan menjadi berantakan. Saya juga membuat menunya menjadi 1 kolom saja agar sesuai dengan ukuran pada layar di handphone pembaca.

So, Apakah anda menemukan blog ini tampilannya responsive pada perangkat mobile / seluler yang sedang anda gunakan saat ini? *Kotak komentar masih lapang loh untuk menceritakannya :)...


Jadi, Blog Responsive adalah


Kesimpulannya adalah Blog Responsive adalah blog yang dapat menyesuaikan lebar, tinggi, besar/kecil tulisan secara otomatis sesuai tempat-nya, Seperti gadget yang kita gunakan misalnya Laptop, Tablet, Smart Phone. Tentu setiap gadget ukuran resolusi layarnya berbeda-beda ada yang 1680x1050, 1024x768, 768x1024, 320x420 dll.

Jadi sebuah website/blog akan menyesuaikan dengan ukuran resolusi layar gadget itu sendiri misalnya website dengan ukuran lebar 1024px dibuka menggunakan gadget Iphone atau smartphone beresolusi 420x320 jika website tersebut bersifat responsive maka otomatis lebar website tersebut akan berubah menjadi 420px.

Bagaimana cara saya membuat blog ini menjadi responsive


Pertanyaan yang hanya dilontarkan oleh pemula seperti saya "Bagaimana cara mengedit template agara tampilan blog menjadi responsive dan support mobile?".

Sebenarnya agar blog tampil dan support di perangkat seluler, blog dengan platform blogger mendukungnya. Pihak blogger memberikan peluang bagi anda untuk menampilkan versi mobile blog tanpa perlu usaha banyak otak-atik / modifikasi template. Anda dapat mengaktifkannya pada halaman template didashboard blogger anda.

Namun bagi sebagian orang tampilan seluler mungkin kurang baik, karna penyesuaian blog diatur oleh google. Contohnya; gaya blog tidak sesuai kenginan, juga terpangkasnya beberapa widget dan aksesoris blog yang harusnya di tampilkan kepada pembaca.Sehingga perlu memodifikasi template agar sesuai dengan keinginan kita sendiri, menentukan widget pada perangkat dan jangan lupa untuk terlebih dahulu menonaktifkan tampilan seluler dari blogger.

Inilah Usaha yang saya kerjakan untuk membuat template blog menjadi responsif...

Sebelum menjelaskan, ada persyaratan yang harus dipenuhi, saya tidak menganjurkan anda melakukan ini *edit template css / jika anda tidak yakin memahami dasar-dasar dan struktur template dengan paltform blogger. Karna resikonya cukup berat dan bisa merudak tampilan pada blog anda.

Untuk Anda yang sekedar ingin memasang atau memperbaharui template, lebih baik dan direkomendasikan hanya perlu mencari template yang responsive serta support mobile saja, Salah satu rekomendasi saya untuk anda perimbangkan adalah kolekasi template rensponsive Maskolis atau cek di  Mastemplate. Sedangkan bagi anda yang ingin mengetahui secara lengkap tentang bahasan ini, silahkan download template (Blog dan Tips Seo ) lengkap nanti. Saya akan bongkar rahasia tak penting bagi anda, tanpa menyembunyikan satupun unsur yang saya pasang diblog kami ini. *Email anda sisipkan

Tutorial Dasar Modifikasi / Cara Membuat Rensponsive


Karna Blog Responsive adalah blog yang dapat menyesuaikan lebar, tinggi, besar/kecil tulisan secara otomatis sesuai tempat-nya maka Untuk membuat blog menjadi responsive cukup menambahkan kode @media-query pada CSS. Apa itu media query? 

CSS Media query memungkinkan Anda untuk menargetkan aturan CSS berdasarkan - misalnya - ukuran layar, perangkat-orientasi atau display-density. Ini berarti Anda dapat menggunakan CSS Media Query untuk men-tweak CSS untuk iPad, printer atau membuat situs responsif. Lengkapnya tentang CSS Media query selain pada topik ini (template responsif) dapat dibaca disana.

Jadi, untuk membuat blog tampil responsif, kita akan membuat CSS Media query terlebih dahulu lalu menyisipkannya kedalam template.

"ini sulit ya?"
Oh no!, ini sangat mudah man, santai saja anda akan mengerti jika anda belajar dan menyelesaikan bacaan ini.

Beruntungnya anda tidak perlu mempelajari semua tentang media query, tapi cukup memahami media query standar berbagai perangkat. Berikut silahkan dipahami:

1. Pedoman Media Queries diberbagai perangkat



/* Smartphones (portrait dan landscape) ----------- */

@media only screen and (min-device-width : 320px) and (max-device-width : 480px) { /* gaya Css responsive */ }


/* Smartphones (landscape) ----------- */

@media only screen and (min-width : 321px) { /* gaya Css responsive anda */ }


/* Smartphones (portrait) ----------- */

@media only screen and (max-width : 320px) { /* gaya Css responsive anda */ }


/* iPads (portrait and landscape) ----------- */

@media only screen and (min-device-width : 768px) and (max-device-width : 1024px) { /* gaya Css responsive anda */ }


/* iPads (landscape) ----------- */

@media only screen and (min-device-width : 768px) and (max-device-width : 1024px) and (orientation : landscape) { /* gaya Css responsive anda */ }


/* iPads (portrait) ----------- */

@media only screen and (min-device-width : 768px) and (max-device-width : 1024px) and (orientation : portrait) { /* gaya Css responsive anda */ }


/* Media untuk layar komputer atau laptop ----------- */

@media only screen and (min-width : 1224px) { /* gaya Css responsive anda disini */ }


/* layar besar ----------- */

@media only screen and (min-width : 1824px) { /* gaya Css responsive anda */ }


/* iPhone 4 ----------- */

@media only screen and (-webkit-min-device-pixel-ratio : 1.5), only screen and (min-device-pixel-ratio : 1.5) { /* gaya Css responsive anda */ }

Catatan: Media quuery diatas boleh digunakan semua atau beberapa saja juga boleh tergantung kebutuhan setia anda. Yang warna biru adalah komentar / penjelasan tentang pada perangkat berukuran apa saja dia akan bekerja (tidak ditulis juga tidak masalah). Sedangkan yang berwarna hitam tebal " gaya Css responsive anda" adalah kode style / css responsive yang akan menentukan tampilannya.
2. Komponen - Struktur Template Blog

Seperti saya katakan diatas, anda setidaknya mengetahui dasar-dasar pada  HTML blogger karna usaha yang akan kita lakukan adalah berenang kedalam lautan kode-kode HTML pada template blogger...dan tentu saja, ulasan mengenai ini tidak akan bisa diceritakan pada halaman ini, disarankan untuk kembali membuka buku atau rajin bertanya kepada Om google, jika tidak? anda akan tenggelam dan terjatuh tak bisa bangkit lagi *cakra khan :D. Misalnya nih, anda menemukan bagian <div id="keongracun">blalalala teks dan blablalalallaa </div> maka itu adalah komponen keongracun.

Kita ambil contoh Pada template ini, strukturnya dibuat dengan komponen dasar:

header
botmenu
Pengantar
Content
right
footer


3.Membuat Css Media Query responsive pada Template

Setelah mengetahui komponen dalam struktur template diblogger anda, mari memasaknya agar siap hidang :D, maksud saya membuat @media query nya gitu loh :)...

Pada contoh ini, Kita akan mengatur tampilan blog pada perangkat berlayar seksi atau kecil dengan lebar   320px atau lebih kecil. Langsung kita pasangkan sesuai dengan contoh komponen dan struktur template diatas, maka css query agar template menjadi responsive bisa jadi sebagai berikut:

/* Inilah gaya blog responsive dihape anda berukuran kecil ----------- */

@media only screen and (Max-width : 320px)
{#header,#botmenu,#Pengantar,#Content,#right,#footer{width:100%} }

atau bisa juga

@media only screen and (Max-width : 320px)
{#header,#botmenu,#Pengantar,#Content,#right,#footer{width:320px} }

Width pada style diatas mengatur lebarnya komponen, bisa diedit sesuai keinginan. Ini hanya contoh dasar saja, anda masih bisa membuatnya lebih oke, menambahkan style yang lainnya pada komponen tertentu, misalnya kita akan menyembunyikan komponen #botmenu, maka tambahkan saja stylenya menjadi:

@media only screen and (Max-width : 320px)
{#header,,#Pengantar,#Content,#right,#footer{width:100%}#botmenu{display:none} }

Artinya : display:none menjelaskan bahwa komponen bootmenu tidak ditampilkan pada perangkat dengan lebar 320px kebawah.

Ingin memaksimalkan pengetahuan anda, saya rekomendasikan membuka pelajaran dasar css di www.w3schools.com/css/‎

4. Langkah terakhir adalah Menyisipkan Css Responsive Kedalam Template

Langkah Terakhir Modifikasi Template blogger Menjadi Rensponsive adalah menyisipkan kode css responsive yang telah kita buat tadi (Media Query) kedalam Template blogger anda.

Dimanakah Media Query diletakkan?

Seperti biasa, masuk ke edit HTML template anda.

Letakkan didalam tempat kode style ...saya tidak menganjurkan anda menggunakan CTRL+F, tapi cari dan temukan manuali, untuk ketepatan dan kerapian mengingat blogger tampilan baru sekarang membungkus beberapa komponen.

Biasanya style dalam temlapte blogger jika terbungkus akan seperti ini <style>...</style>. Cari dan  Temukan,  biasanya tidak jauh, paling beberapa baris dibawah header, dan ingat SAYA TIDAK MENGANJURKAN ANDA UNTUK menggunakan CTRL+F karna akan ada banyak, jadi usahakan
anda temukan secara manual.

Setelah menemukan <style>...</style> klik (yang diklik adalah titik-titik ...) antara pembuka dan penutup style tersebut. Jika itu benar maka style akan membuka.

letakkan Media Query yang telah kita siapkan tadi tepat dibagian paling bawah style terbuka tersebut, sebelum penutup </style>.
Contoh peletakkan:
<style>
#cssblalalalalala{..}
#lain-lain{...}
@media only screen and (Max-width : 320px)
{#header,,#Pengantar,#Content,#right,#footer{width:100%}#botmenu{display:none} }
</style>

Download Template Responsive Blog Ini Secara Utuh


Pelajaran hari ini selesai. Terima kasih anda menyempatkan diri untuk belajar bersama kami sebagai pemula blogger dalam membahas Modifikasi Template Menjadi Rensponsive. Seperti dikatakan diatas bahwa bagi anda yang ingin melihat langsung bagaimana perubahan yang telah saya lakukan untuk membuat template ini menjadi responsive? maka kami akan dengan senang hati berbagi. Tapi Karna ini bukan template share publik dan juga merupakan template source asli blog ini (http://blog.fispol.com/) tidak berbeda sedikit pun, maka kami tidak dapat menyediakan link downloadnya, khusus bagi pembaca kami untuk keperluan belajar dapat saya kirimkan lewat email...*Gratis kok :).

TERIMA KASIH, SALAM SUKSES BUAT ANDA, TEMAN-TEMAN, DAN KELUARGA...

Baca Juga Artikel lainnya:

130 Tanggapan untuk "Tampilan Mobile, Tutorial Modifikasi Template blog Menjadi Rensponsive "

  1. terima kasih informasinya bro

    BalasHapus
  2. Mas saya minta dong contoh theme dari blog ini :)

    ads.aris@yahoo.com :)

    BalasHapus
  3. wahhh keren bgt dachhh tuchh gan

    sukses dach gannn

    BalasHapus
  4. mantap gan infonya thanks sangat membantu untuk pemula sprt saya, maaf gan ane tinggalin jejak nh hehehehe ichimaroe.blogspot.com

    BalasHapus
  5. mantap gan cocok buat saya juga nih baru belajar bikin blogshop http://all1online.blogspot.com/

    BalasHapus
  6. Mantab bro

    http://nothmarhiel.blogspot.com

    BalasHapus
  7. mantap gan infonya thanks sangat membantu untuk pemula sprt saya,
    Thank's
    mohon pencerahannya

    BalasHapus
  8. masih sedikit bingung, bro tolong kirimin ke alamat gw ya: wiratri08@gmail.com, makasih ya....

    BalasHapus
  9. Kodenya kok nggak ketemu ketemu. Bisa berikan ALASAN atau JAWABAN?

    BalasHapus
  10. Ane minta dong gan

    Email saya : Adhyshahrul249@gmail.com

    BalasHapus
  11. kalo iklan bisa tampil disenua type hp caranya gimana???

    BalasHapus
  12. blog saya juga bisa responsive bro... tapi gak ada pake widgetnya.. kalu mau nambahin widget gmn bro?

    BalasHapus
  13. Sy coba di blog saya masih blm bisa gan.

    BalasHapus
  14. wah mantep praktekin ah. Makasih infonya sob

    BalasHapus
  15. template responsive memang mantap ya, saya juga pakai

    BalasHapus
  16. assalammualaikum
    aku mau nnya, knapa wktu buka lewat hp tempat aku tampilannya gak penuh mesiti geser kiri geser kanan. apa karena aku pake template bukan bawaan ?
    udah ngikuti langkah di atas tapi tetep gak bisa. ditemplate ku tulisan nya @median all and
    nah udah aku ganti max-width nya masih tetep gak ngaruh...
    aku ganti jadi @media sreen only juga masih gak ngaruh...
    tolong di bantu utk memecahkan masalah ini pada template saya. atau bisa email saya
    trimakasih, salam dari rici ;)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mungkin masih ada konten yang lebar mas, misalnya foto yang melebihi ukuran template... biasanya ini bisa jadi penyebab

      Hapus
  17. makasih mass tutornya..
    info seputar bola, prediksi bola ter-update..
    berita bola TERBARU DAN TERPERCAYA hanya ada di pastibet.com
    Buruan Gabung..!!
    hanya ada di pastibet.com.!!

    BalasHapus
  18. wah... punya saya templatenya masih acak-acakan... :D

    kalau di buka di HP menu bagian atas masih panjang, masih perlu banyak belajar lagi.

    BalasHapus
  19. oh begitu yah,makasih agan info nya http://goo.gl/aZofPb

    BalasHapus
  20. mantap gan infonya http://goo.gl/R7fRQJ

    BalasHapus
  21. mantap gan infonya http://goo.gl/R7fRQJ

    BalasHapus
  22. Mantap bener penjelasan nya.. Thx bro

    BalasHapus
  23. Terimakasih sudah share informasinya, bermanfaat sekali lho gan http://goo.gl/ung7Fh

    BalasHapus
  24. waww ini menarik sekali, dan saya sangat membuat penasaran layak untuk diuji lantas diterapkan terima kasih

    BalasHapus
  25. mantap gan infonya. bermanfaat sekali ini

    BalasHapus
  26. mas minta link downloadnya donk ke sugengfujiraharjo@gmail.com

    BalasHapus
  27. Lengkap amat pembahasannya. Thanks gan.

    BalasHapus
  28. informasinya sangat bermanfaat thanks..

    BalasHapus
  29. Caranya buat saya garuk kepala.... ada yang praktis pake aplikasi gan ?

    BalasHapus
  30. thanks info nya, buat ku malah bikin pusing kalo bikin sendiri :D enak pake yg udah jadi ajah :3

    BalasHapus
  31. Excellent goods from you, gentlemale. I’ve perceive your stuff past to and you’re simply extremely wonderful.

    BalasHapus
  32. pusing gan, coba lihat trovustar.blogspot.com

    BalasHapus
  33. sanagt setuju !! Semakin berkembangnya Teknologi telkomunikasi Sperti Gadget, samrtphone maka semakin bertambah juga Perkembangan Masyarakat yang mengAkses internet , maka dari itu Kini tampilan Template yang Responsive senagai solusi terbaik , Template yang bisa merespon berbagai Ukuran Layar Gadget/Mobile ini sangat efektif buat pengung , salam kenal dari www.situsgaptek.com

    BalasHapus
  34. kalo blog ini pake template apa gan??

    BalasHapus
  35. Oks banget gan infonya, mau modif tampilan www.canopybagus.com di seluler :D

    BalasHapus
  36. saya hanya ingin di kasih saran gan,bagaimana tips seo dari agan,mohon sdikit ilmunya..
    ridhoputra16@gmail.com

    BalasHapus
  37. keren mas, terimakasih atas ilmunya
    http://kebal-online.blogspot.com

    BalasHapus
  38. Subhanallah.... baru tahu saya, thanks gan

    BalasHapus
  39. bikin pusing aja kalo masalah edit edit template, tapi nice share deh gan

    BalasHapus
  40. masih bingung mas ,,, tapi saya coba dulu deh :(

    BalasHapus
  41. mantaap, jamannya.cuma sayang ssy blm paham

    BalasHapus
  42. keren pokoknya, saya mau elajar bang bismilah semoga bisa

    BalasHapus
  43. waou kapan bisa belajar bikin responsip blog saya , masig bingung dengan pengkodean

    BalasHapus
  44. mas/pak gimana aku bingung cara meletakkan widget yang ada di kanan blog via destop jadi di bawah blog pada saat mobil version.tolong bantuannya

    BalasHapus
  45. Artikel yang bagus, tapi sayang saya kurang dalam koding HTML jadi rada bingung untuk mengikuti penjelasannya.. Terima kasih sudah berbagi..

    BalasHapus
  46. thanks atas infonya gan ini sangat membantu

    BalasHapus
  47. Makasih tutorialnya.. hebat banget..
    Tapi bagi saya perlu membaca berulang kali buat bisa di mengerti.
    Mohon izin untuk di coba....
    Ditunggu kunjungan blaiknya untuk semua di:
    http://miniblogger28.blogspot.com

    BalasHapus
  48. ijin gan.. sy sdh menambahkan kode mobile='no' pada widget blog saya, sy ingin menyembunyikan widget tsbt pada tampilan mobile. tapi widget tbu ttp muncul.. mohon solusinya. kode di html template kurang lebih seperti ini

    blaa bla bla.....
    .. blaa.. bla .. blaa

    BalasHapus
  49. Wah keren artikelnya bos
    kunjungi blog saya ya
    http://pastisange.blogspot.com
    http://maribelajarseks.blogspot.com

    BalasHapus
  50. tengkyu gan :) ane coba berhasil.. sekali lagi hatur tengkyu

    BalasHapus
  51. gan... punyaane udah responsive, tpi klau ane buka di android kok tampilan.y gitu" aja

    mohom bantuan.y dong gan

    BalasHapus
  52. Bookmark dulu ahh... tnggal praktek aj ntar di warnet. Heheh

    Infonya mantap brooo, orang awam juga pasti ngrti sma tutorial ente... kereeeeennn !!

    BalasHapus
  53. Wah boleh banget mas tutorialnya makasih suhu :) ......

    BalasHapus
  54. Infonya keren gan :)
    Izin share aja ya
    http://blogobattasik.com/

    BalasHapus
  55. Ini yang sedang saya cari-cari.
    Thank Gan infonya sangat membantu (y)

    http://grosirobatjellygmat.com/
    http://jamutradisionalmujarab.com/
    http://jellygamat-gold.net/
    http://jellygamatgoldgpro.com/
    http://obatjellygamatgoldg.net/

    BalasHapus
  56. Ini yang di cari-cari, terimakasih gan infonya :)
    ijin share http://jellygamatgoldg31.com/

    BalasHapus
  57. paak. boleh ikut bergabung , minta dikirimkan juga yah saya skrng masih blajar ngeblog .
    ini emailnya rahmat.rochimah12@gmail.com .... link blog saya solusi-kita1.blogspot.com .. mudah"n bs ramai pengunjung seperti blog.fispol.com

    BalasHapus
  58. Mantap banget gan artikelnya, ditunggu artikel yang lainnya gan :)
    http://goo.gl/4xgCy8

    BalasHapus
  59. ga ketemu edit HTMLnya sedihnyo ,..berusaha coba lagi siapa taw bisa (Y)

    BalasHapus
  60. saya kesulitan mengatur agar blog saya responsif... pada akhirnya hanya membuat blog support tampilan ponsel.... kode-kode template saya agak aneh, banyak kode-kode yang tidak bisa saya temukan ketika saya search kode-kode yang suka di jelaskan di tutorial-tutorial pengeditan template.

    BalasHapus
  61. Mantaap banget gan artikelnya, ditunggu artikel yang lainnya gan :)
    Izin menyimak aja
    http://goo.gl/WJMTDI

    BalasHapus
  62. thanks buat infonya gan,, sangat bermanfaat sekali..

    BalasHapus
  63. terimakasi mas bro buat informasinya, di tunggu informasi selanjutnya
    kawasaki ninja 250 terbaru

    BalasHapus
  64. agak bingung gan.kalau ditablet bagaimana gan

    BalasHapus
  65. terimakasih om, semoga saya berhasil membuatnya sendiri, karna kyknya sekarang searh engine lebih suka blog responsive ya... thanks..

    BalasHapus
  66. terimakasi mas bro buat informasinya, di tunggu informasi selanjutnya
    sila kunjungi balik http://www.tourinmedan.com/

    BalasHapus
  67. banyak tempat untuk menambah pengetahuan yang bermanfaat, seperti berkunjung ke website ini terima kasih admin..kunjungan balik

    BalasHapus
  68. Tinggal download aja gan template yang sudah full responsive, banyak bertebaran dimana-mana. Gratis pula :D

    BalasHapus
  69. yudi.aditya71@gmail.com. tolong mas kirim!

    BalasHapus
  70. makasih banyak infonya mas, ditunggu email nya ya.. rudeafaddhisrah@gmail.com

    BalasHapus
  71. Komentar ini telah dihapus oleh administrator blog.

    BalasHapus
  72. info yg bagus akan saya coba di blog baru saya dan numpang nitip link ya gan.. mksih yah,salam kenal lewat DUMAY, manfaat yoghurt

    BalasHapus
  73. Gan, saya kan masih bingung sama template saya. soalnya termasuk kompleks desainnya. jadi, saya mohon kirim template nya agan ini, yang mana tadi agan jelaskan ada bagian header, bootmenu, pengantar, dan lain lain. saya ingin mencocokan saja bagian2 template agan sama template saya. biar mudah gan. ni email saya : ralidism7X@gmail.com

    ow ya, sekalian kalau agan mau download software full version, lagu full album atau info bisnis online bisa mampir ke blog saya, sekaligus pratinjau blog saya gan di say-borg.blogspot.com

    BalasHapus
  74. matursuwun gan template responsive nya, akan saya coba buat sendiri di blogger.

    BalasHapus
  75. Minta templatenya gan..mksh
    registrasisaya1@gmail.com

    BalasHapus
  76. trims sangat bermanfaat dan dah berhasil tentunya^^

    BalasHapus
  77. wih ajib ilmunya gan, boleh nih ane coba buat blog ane www.megacanopy.com

    BalasHapus
  78. terima kasih gan artikelnya sangat bermanfaat bagi saya

    BalasHapus
  79. pengen banget edit2 template jadi responsive tapi bingung nih :(

    BalasHapus
  80. Super sekali artikelnya. Say tertarik untuk membuat ini di website saya

    BalasHapus
  81. wah artikelnya seo banget, sangat2 lengkap ful seo
    5 jempol tuk artikelnya

    BalasHapus
  82. salam kenal
    saya memiliki blog dengan tamplate sudah saya modifikasi, tampak bagus di di lihat atau di buka dari komputer. tetapi jika di buka di hp masih berbentuk blog standar. pertanyaanya apkah ada html kusus agar blog kita tampil di hp terkesan manis?

    BalasHapus
  83. thanks banget ya gan karena udah share infonya

    BalasHapus
  84. thema kita sama ya, cuman beda modif aja, hehehehe
    www.textberita.com

    BalasHapus
  85. Makasih ya gan, jadi bisa belajar edit blogku di malang. Share trus ilmunya ya.

    BalasHapus
  86. Izin praktek ilmunya ya kang, thanks

    BalasHapus
  87. ijin untuk mencoba bang,,, salam sukses....

    BalasHapus
  88. tes dlu mas bro,thx ilmunya

    BalasHapus
  89. Mohon maaf ya semuanya, khusus untuk artikel tentang template ini sudah benar-benar usang... saya tak mampu membalas satu persatu... makasih

    BalasHapus
  90. Kok di html saya gak ketemu kode nya ada solusi lain gak gen

    BalasHapus
  91. Mampir ya min blogger ku : xprojectekno.blogspot.co.id

    BalasHapus
  92. terima kasih tutorial modifikasi blognya.

    BalasHapus
  93. Really appreciate this excellent post that you simply have provided for America.Great web site and an excellent topic also i actually get astonished to scan this. Its specialized
    muwajihi

    BalasHapus
  94. Really appreciate this excellent post that you simply have provided for America.Great web site and an excellent topic also i actually get astonished to scan this. Its specialized EliteForEducation

    BalasHapus
  95. very informative post
    Get your university admission for free in the major you want to study in Turkey apply now EliteForEducation

    BalasHapus
  96. Mythical Sand slot game that comes with 10 free games. Just spin the SCATTER image in slots 1, 2 and 3, where the SCATTER image is an hourglass slotxo

    BalasHapus