Bahasa Pemrograman apa yang harus dipelajari oleh pengembang Software?

Belajar pemrograman - Saat memulai tekat Anda belajar didunia pemrograman, penting bagi siapapun calon pengembang software untuk menginvestasikan waktu lebih bijak dalam memilih untuk mempelajari sesuatu yang akan menguntungkan, dalam waktu dekat dengan hasil yang terlihat pada platform pilihan Anda, dan ini juga membuat Anda menyiapkan masa depan anda sebagai pengembang software yang berhasil.

Bahasa Pemrograman
Gambar Ilustrasi: Bahasa Pemrograman

Pilihan untuk belajar bahasa pemrograman akan tergantung pada sejumlah faktor, jadi mari kita lihat karakteristik, kemudahan belajar, dan kemungkinan penghasilan yang bisa anda dapatkan. Disini kita juga akan sekaligus memperkenalkan beberapa kode untuk menampilkan "hallo dunia", seperti halaman pertama yang banyak ditulis saat belajar bahasa baru.

Nah pada bagian pertama ini, kita akan meninjau bahasa pemrograman yang digunakan untuk perangkat lunak program - seperti pada aplikasi yang dijalankan pada komputer atau perangkat seluler. Lain kali kita akan belajar bahasa pemrograman web yang semakin penting, digunakan untuk membuat situs web dinamis dan antarmuka pengguna berbasis browser yang interaktif.

Ada dua artikel sebelumnya dalam seri ini yang membahas beberapa dasar bahasa pemrograman, jadi jika Anda baru mengenal pemrograman, pastikan untuk membacanya juga:



Bahasa JAVA

Java bukanlah bahasa Jawa seperti yang Anda pikirkan, karna Java adalah adalah bahasa berorientasi objek penuh dengan seperangkat fitur yang luas berfokus pada kompatibilitas jejaring dan lintas platform. Aplikasi yang dibangun dengan Java dapat berjalan di hampir semua OS - meskipun kinerjanya tidak akan sebaik yang dirancang untuk berjalan secara native.

Ini adalah bahasa pilihan untuk sebagian besar kursus Ilmu Komputer, dan akibatnya hampir setiap orang setidaknya memiliki sedikit pengalaman pemrograman Java. Oh ya, Aplikasi Android juga ditulis dengan dasar Java, meski Anda tidak bisa menjalankan aplikasi Java biasa di ponsel Android atau sebaliknya.

Seberapa besar potensinya Java menghasilkan uang untuk developer?

Jika Anda dapat membuat aplikasi Java yang layak dipasarkan di pasar Android , maka dunia aplikasi bisa jadi peluang besar untuk seorang developer software. Bahkan kini ada banyak pekerjaan di tingkat perusahaan di Java, namun persaingannya bisa tinggi dan rendah.


Catat : Jangan menyamakan Java dengan Javascript, karna 2 bahasa pemrograman ini merupakan bahasa yang sama sekali berbeda yang digunakan untuk pemrograman web - kita akan melihat ini lebih banyak waktu berikutnya.

Bahasa C / C ++

Meskipun sebenarnya bahasa terpisah, Bahasa C dan C ++ sering dikelompokkan bersama, karena C ++ pada dasarnya adalah versi C yang disempurnakan, dimana selanjutnya menambahkan fitur berorientasi objek. C ++ adalah bahasa pemrograman pemrogram yang serius, yang menjadi dasar dari pemrograman banyak permainan komputer dan perangkat lunak Windows paling maju.

Belajar bahasa pemrograman Ini membutuhkan kinerja yang tinggi, juga membutuhkan presisi lebih banyak pada bagian pemrogram dalam hal pengelolaan memori dan akibatnya memiliki kurva belajar yang curam. Tidak disarankan untuk pemula absolut.

Potensi C / C ++ bagi seorang developer software dalam menghasilkan uang

Dengan persaingan yang sebenarnya kurang dari bahasa Java, pemrogram C ++ akan selalu diminati dan dibayar dengan baik dipasar (indrustri software), terutama di industri pemrograman game.


Bahasa C#

Dibaca sebagai C "Kress" dalam indonesia, ini adalah bahasa pemrograman yang merupakan kloning Microsoft dari Java (meskipun keduanya telah menyimpang dengan perbedaan yang lebih nyata) - tujuan umum yang berorientasi objek bahasa yang spesifik. Performanya bagus, meski tidak secepat C ++. Software yang ditulis dalam C # membutuhkan framework .Net untuk dijalankan dan hanya untuk Windows.

Peluang mengahsilkan uang bagi pemogram C#

Ada banyak pekerjaan C # perusahaan di luar sana untuk solusi perusahaan, namun Anda mungkin tidak menghasilkan uang untuk perangkat lunak tunggal yang tidak seperti pengembangan seluler. Meski begitu, ini adalah bahasa yang menyenangkan dan mudah dipelajari bagi pemula, tentu saya akan merekomendasikannya jika Anda hanya ingin fokus pada Windows saja.

Anda dapat mendownload Microsoft Visual Studio Express secara gratis, yang sangat membantu dengan perancangan GUI dan penyelesaian kode. Anda juga dapat menggunakannya untuk Visual Basic dan banyak bahasa pemrograman bermerek Microsoft lainnya.

Visual Basic

Kontribusi Microsoft lainnya, Visual Basic adalah bahasa berbasis aktivitas yang difokuskan pada aplikasi berbasis GUI sederhana. Event-driven berarti kode yang Anda tulis umumnya akan bereaksi terhadap apa yang dilakukan pengguna - apa yang terjadi saat mereka mengklik tombol itu, misalnya. Ini sangat mudah dipelajari dan mendapatkan aplikasi sederhana dan berjalan, namun pada akhirnya terbatas dan mungkin bukan yang terbaik untuk benar-benar mempelajari konsep pemrograman mendasar.


Objective-C / Cocoa

Ini adalah bahasa Apple Mac yang digunakan sebagian besar aplikasi OSX dan iOS. Secara teknis, Objective-C adalah versi C yang diperluas dengan fitur berorientasi objek, seperti C ++, namun hampir selalu dikombinasikan dengan kerangka kerja Cocoa untuk membangun antarmuka pengguna grafis dan fitur tingkat yang lebih tinggi pada platform Mac. Anda juga harus berhati-hati dengan manajemen memori.

Sintaks dan konsep yang Anda butuhkan untuk belajar cukup kompleks dibandingkan dengan bahasa seperti Java atau C #, namun di sisi lain, Apple menyediakan lingkungan pengembangan bebas komprehensif ( Xcode ) dan alat yang mempermudah proses pembuatan aplikasi yang nyata dan dapat digunakan dengan mudah. . Ada juga banyak tutorial tertulis dan video di luar sana untuk membimbing Anda, jadi ini pasti lebih mudah diakses daripada C ++. Ini pada dasarnya adalah satu-satunya pilihan Anda untuk pengembangan OSX dan iOS, namun Anda dapat menulis untuk lingkungan desktop dan mobile Apple dengan satu bahasa.


Potensi bagi Developer Software

Dengan akun pengembang ($ 99 per tahun) dan aplikasi pembunuh, Anda berpotensi menghasilkan banyak - Apple telah membayar $ 2 miliar sejauh ini. Pengembang App Store memiliki kesempatan yang lebih baik daripada pengembang Android untuk menghasilkan uang dengan aplikasi berbayar, sementara pengembang Android cenderung melihat lebih banyak pengembalian iklan dalam aplikasi.

Itu semua bahasa yang akan saya bahas hari ini, dan ini merupakan pengembangan perangkat lunak dunia nyata di lingkungan PC, Mac dan mobile. Sebelum saya mengecam komentarnya, saya telah memutuskan untuk menyertakan Python dalam daftar berbasis web karena sepertinya itu adalah tempat yang paling sering digunakan.

Menulis kode di mac? dapatkan informasi mengenai Editor HTML Gratis Terbaik MacOS / MacBook

Yang benar adalah bahwa sekali Anda memiliki dasar-dasarnya dalam bahasa apa pun, itu relatif mudah untuk belajar yang lain; Sama seperti mengetahui kanji bahasa cina membuat bacaan dan tulisan bahasa Jepang lebih mudah - bahasa pemrograman sering disilangkan dan dipinjam satu sama lain, berbagi seperangkat karakteristik dasar dan sintaks yang sama. Nantikan artikel berikutnya di mana saya akan melihat bahasa berbasis web seperti Javascript dan PHP.

Artikel ini ditulis dan bersumber dari berbagai sumber yang menginspirasi perihal bahasa pemrograman dan pengembangan software bagi developer.

Baca Juga Artikel lainnya:

4 Tanggapan untuk "Bahasa Pemrograman apa yang harus dipelajari oleh pengembang Software?"

  1. Komentar ini telah dihapus oleh administrator blog.

    BalasHapus
  2. Komentar ini telah dihapus oleh administrator blog.

    BalasHapus
  3. Are you unable to execute the process of Binance ID verification? If you are unable to fix this error and need solution to handle all trouble, you can always talk with the team members who are always there to handle all your troubles. Whenever you are in such error, make sure to get in touch with the Binance advisors via Binance customer service number. You can always reach their doors to Binance Customer Service Number gain quality results that are easy to execute and avail the best remedy to delete all troubles from the roots.

    BalasHapus
  4. It has been experienced by a few users that sometimes MyEtherWallet two-factor authentication doesn’t work properly which can directly create trouble in the account. MyEtherWallet 2fa is the main ingredient that keeps your account safe and secure from unwanted troubles. If you are dealing with this error MyEtherWallet Customer Service Number for the long run, you should fix at the earliest for the better results. You can always call on MyEtherWallet customer care number which is always functional and the team is ready to guide you in every possible manner. Connect with them anytime for quality results immediately.

    BalasHapus