Pentingnya Deskripsi Penelusuran (Meta Description) Blogger untuk SEO

Deskripsi Penelusuran Blogger - Kita lebih sering bertemu dengan "Meta Description" ini saat mengedit template blogger, tepatnya antara tag head. Namun disebagian kondisi, deskripsi penelusuran sering sekali terlupakan atau bahkan tidak mendapat perhatian dari para pengurus Blog atau web.

Sebagian dari pemiliki blog menganggap meta description ini sebagai sebuah hal yang biasa saja tanpa pengaruh yang besar, namun itu salah besar ketika kita membicarakan tentang optimasi mesin pencari. Walaupun Deskripsi Meta ini tidak kasat mata oleh pengunjung namun merupakan salah satu bagian penting sebuah halaman blog. Meta deskripsi ini berisi informasi tentang blog dan artikel-artikel yang ditulis. Memang deskripsi meta tidak akan ditampilkan oleh peramban namun diperlukan oleh mesin penelusuran atau pembaca metadata seperti google untuk mengurai isi situs dan menjadi bahan pertimbangan untuk ditampilkan pada serp.

Meta Description | Deskripsi Penelusuran
Meta Description | Deskripsi Penelusuran Blogger

Tanpa Deskripsi penelusuran, maka blog akan sangat sulit dirayapi dan jangan berharap bahwa halaman blog akan cepat terindex oleh mesin pencari google.  Apalagi bisa anda bayangkan jika situs lain akan menampilkan situs blog kita sebagai profil yang unik hanya dengan mengambil informasinya dari meta description penelurusan yang tersedia.

Kabar baik untuk pemilik blog karna baru-baru ini Blogger membuatnya menjadi sangat mudah untuk menerapkan Meta description di blog. Ini akan membantu menjelaskan cara menggunakan deskripsi meta dengan benar di blog berplatform blogspot.com. Untuk itulah pantas mengucapkan terima kasih dan apresiasi besar kepada Tim Pengembang Google dan Blogger yang mengenalkan deskripsi meta di blogger.

Apa fungsi utama Meta Description pada halaman blog?

Secara sederhana dapat dijelaskan bahwa Tag Meta description adalah elemen HTML dari sebuah blog yang memberitahukan crawler mesin pencari tentang halaman web tersebut. Adapun fungsi selain untuk kepentingan SEO adalah meningkatkan profil sebuah blog didunia sosial dan berbagi, misalkan saja sebagai deskripsi saat Anda berbagi posting blog ke di Google+, Facebook, Twitter dan jejaring sosial lainnya.

Sehingga, jika Anda benar menulis deskripsi meta ini besar kemungkinan posting artikel blog akan berpotensi berada di atas hasil pencarian dan lebih banyak kunjungan melalui media sosial. Ini akan tergantung dari keyword (kata kunci) dalam deskripsi penelusuran anda.

Jadi anda bisa mengerti mengapa sangat penting untuk blog anda. Yang terpenting itu adalah bahwa tag meta ini dangat penting untuk SEO (Search Engine Optimization). Selain agar blog Blogger lebih SEO juga akan memiliki manfaat lain yaitu user-friendly.

Meta Deskripsi Yang Benar dan Seo


Nah Beberapa waktu yang lalu, Mesin pencari raksasa Google secara resmi merilis pengumuman tentang perubahan kebijakan mesin pencari dalam hal merayapi suatu situs atau website. Sebagai dukungannya akan hal tersebut, produk blog milik google yaitu blogger menambahkan fasilitas meta description atau deskripsi penelusuran agar para pengguna blogspot juga bisa turut bersaing pada Serp. Kabarnya disebutkan bahwa fasilitas baru ini dikeluarkan ketika mesin pencari raksasa itu belum mengeluarkan kebijakan tentang penghapusan meta keyword dari index mesin pencari google. 

"kami mengabaikan dan tidak lagi menggunakan meta keyword untuk mengindex suatu situs namun kami menggunakan meta description untuk merayapi suatu situs". Dikutip dari penyataan Matt Cutts (senior engineer di mesin pencari Google).

Sehingga hal inilah yang menjadi penegasan bahwa google tidak perlu dan tidak akan lagi menganggap meta keyword sebagai penentu index pada serp, namun google akan lebih memperhatikan meta description sebagai patokan utama.

Meta Deskripsi, Mesin Pencari dan Seo
Matt Cutts juga menyarankan kepada para blogger untuk "jangan menghabiskan waktu anda untuk mengumpulkan berbagai keyword karena kami telah mengabaikan meta keyword, sekarang konsentrasi-lah untuk membuat meta description yang menarik bagi pengunjung", Ujarnya.


Cara Mengaktifkan dan Membuat Deskripsi Penelusuran


Meta Description / Deskripsi Penelusuran biasanya bisa dimasukkan secara manual atau mungkin sebenarnya sudah tersedia dan tinggal diisi saja, namun bagi pemula ini mungkin masih membingungkan bagaimana membuat atau mengeditnya. Apalagi secara default bahwa biasanya tag meta ini dalam posisi belum aktif, sehingga kita harus mengaktifkan (Enabled) meta deskripsinya terlebih dahulu sebelum memembuatnya. Ada 2 meta yang harus diaktifkan yaitu pada halaman depan (Homepage) dan Halaman item (single post). Kita akan mulai dari mengaktifkan yang halaman depan karna, tanpa meta beranda kita tidak akan diberikan opsi untuk mengedit preferensi penelusuran single posting artikel nantinya.

(1). Aktifkan Meta Description untuk Blogger dengan menambahkan Meta Description untuk Home Page

  • Langkah pertama adalah masuk ke akun blog Blogger Anda
  • Jika sudah tiba pada DASHBOARD > Masuk ke Setelan > Preferensi Penelusuran > Tag Meta
  • Masukkan deskripsi meta untuk blog anda.Meta Description Halaman depan
    • Klik "Edit" pilih "Ya" pada "Aktifkan deskripsi penelusuran?"
    • Dengan ketentuan isi deskripsi penelusuran ini adalah meta description dengan karakter paling banyak 150 karakter saja. Setelah selesai, jangan lupa untuk menyimpan.
Meta description ini akan digunakan hanya pada halaman utama (halaman index atau halaman beranda) sedangkan untuk masing-masing artikel, kita harus menuliskannya lagi pada langkah berikutnya.

(2). Menambahkan Meta Description ke Setiap Posting Artikel atau Halaman (singgle) Blogger

Setelah melakukan hal diatas, Anda akan melihat beberapa perubahan pada editor posting atau halaman Anda. Anda akan melihat opsi deskripsi pencarian disetiap akan menulis. Adapun cara untuk menambahkan atau membuat deskripsi meta ke setiap posting dan halaman blogger adalah sebagai berikut :

  • Dari DASHBOARD blogger anda klik pada menu 'Entri Baru'. Sedangkan untuk menambahkan atau mengedit meta deskripsi khusus halaman pergi ke Dashboard > Halaman pilih halaman untuk mengedit atau membuat halaman yang baru.
  • Nah perhatikan pada area sebelah kanan editor posting, Klik pada ikon pencarian berlabel 'Deskripsi Penelusuran' biasanya tepat dibawah setingan lokasi.
  • Masukkan deskripsi meta untuk posting tersebut dan klik 'Selesai'.
Menambahkan Meta Description ke Setiap Posting Artikel
Menambahkan Meta Description ke Setiap Posting Artikel

Catatan penting: Pengaturan tentang deskripsi penelusuran ini bisa saja tidak akan ada pada beberapa kasus yang disebabkan belum melakukan cara (1) tentang mengaktifkan deskripsi penelurusan pada beranda blog. Sedangkan bagaimana dengan postingan lama? maka Anda harus mengedit setiap posting secara manual untuk menambahkan deskripsi meta di posting lama blog anda.

Memeriksa Meta Deskripsi Penelusuran Yang Benar


Setelah menyelesaikan cara cara diatas, pastikan juga untuj mengecek guna memastikan apakah meta description yang baru saja kita buat sudah teringtregasi atau teraplikasikan pada halaman blog atau bahkan malah terjadi kesalahan alias meta description yang tidak ditemukan.

Khusus untuk anda pengguna browser Firefox dan Google Chrome untuk memeriksa Meta Tag deskripsi gunakanlah akses cepat view source dengan menekan tombol keyboard CTRL + U  atau klik kanan pada area artikel dan pilih "View source" (Browser safari Safari) untuk melihat kode sumber halaman blog anda, dan perhatikan meta deskripsi yang baru saja anda buat apakah sudah ditemukan.

Atau untuk memudahkan dalam menumukan yang dimaksud adalah cari teks (CTRL+F) gunakan kata kunci "name='description'" atau name="description" menggunakan pencarian browser. Jika sudah tampil seperti apa yang anda tuliskan pada artikel berarti meta deskripsi pada halaman blog anda sudah aktif dan bekerja. Contoh syntax:
<meta content = '.... meta deskripsi anda ....' name = 'description' />
Adapun cara lainnya bisa jugan dengan meng-share link blog pada Facebook atau Google Plus, maka yang akan ditampilkan adalah meta description, bukan penggalan artikel saja. Jika ternyata anda tidak menukan name="description" seperti dimaksud diatas maka anda perlu mengedit-edit sedikit pada template anda.


Jika Meta Description Blogger tidak Tampil?


Nah jika ternyata setelah langkah-langkah diatas dan deskripsi meta tidak ditemukan juga, maka solusinya adalah sebagai berikut untuk mengatasi masalah ini:


  • Dari Dashboard Blogger > Template > Klik 'Edit Template'
  • Temukan <head> dan tempel kode berikut: 
<b:if cond='data:blog.metaDescription != &quot;&quot;'> <meta expr:content='data:blog.metaDescription' name='description'/> </b:if>
  • Klik Simpan Template
Sekarang periksa lagi cara mencek meta deskripsi pada langkah sebelumnya. Harusnya bekerja dan Anda akan menemukan deskripsi meta  blog Anda. Oh ya, Jika anda belum mengerti tentang Tag Contional. Coba buka Kembali Condisi Tag | Tampilan Template Berbeda.


Sebagai Penutup Tutorial SEO Meta Description


Jika Anda menambahkan deskripsi meta di posting lama blog Anda, Maka akan akan memakan waktu lama untuk muncul di hasil pencarian. Sebagai saran tambahan bahwa deskripsi meta penelusuran Anda harus ringkas dan akurat untuk menggambarkan halaman yang dihasilkan. Tentu saja dengan penambahan meta description berarti menambah menguras tenaga jika artikel sebelumnya mungkin tidak pernah disertai dengan meta deskripsi. Ini berarti sekarang anda harus mengeditnya ulang dan menambah metanya.

Google memiliki kebijakan maka blogger mau tidak mau kita harus mengikuti, kecuali jika kita tidak peduli dengan semua perubahan itu. Apakah meta description adalah salah satu teknik SEO? Unutk dipahami bahwa Semantic Web sendiri adalah pendekatan situs terhadap mesin pencari, dan meta description yang dibahas ini adalah bagian dari semantic web. Jadi, apakah SEO atau bukan tidaklah menjadi tujuan utama kita, tetap menulis untuk konten terbaik itu adalah lebih baik dari pada menulis untuk sesuatu yang ...* balalabalala.

Semoga postingan ini membantu dalam pencarian anda melakukan SEO untuk blog blogger anda. Punya pertanyaan atau saran; Tolong komen dan jangan lupa untuk berbagi informasi ini.

.... Salam Blogger !!!

Baca Juga Artikel lainnya:

26 Tanggapan untuk "Pentingnya Deskripsi Penelusuran (Meta Description) Blogger untuk SEO"

  1. Tanpa Deskripsi penelusuran, maka blog akan sangat sulit dirayapi dan jangan berharap bahwa blog akan cepat terindex oleh mesin pencari google. Tak bisa dipungkiri bahwa situs lain akan menampilkan situs blog kita pada dengan mengambil informasinya dari meta description penelurusan tsb. META DESCRIPTION | DESKRIPSI PENELUSURAN BLOGGER

    BalasHapus
  2. tetep woles n keep blogging xixixi komen back y

    BalasHapus
  3. thannks infonya sob sangat beerguna sekali kunjungan baliknya www.naufalthedarkness.blogspot.com

    BalasHapus
  4. terimakasih ! tambahan ilmu saya lagi !

    BalasHapus
  5. Asyikk, Sekarang aq tahu apa itu meta deskription

    BalasHapus
  6. terimakasih infonya kawan. dari artikel ini saya mengetahui dan bisa mengedit deskripsi sesuka hati saya, tapi ada sedikit yang mengganjal dalam benak saya,
    apakah manfaat dari meta tag dari deskripsi blog yg ada disebuah template berpengaruh pada indeks di Search Engine ?? mohon penjelasannya

    rurounirashend.blogspot.com

    BalasHapus
  7. trimakasih infonya. q jadi tambah ngerti....

    BalasHapus
  8. thaks infonya
    come back

    BalasHapus
  9. thanks infonya. tp saya ada masalah. setelah search description saya aktifin, setiap kali posting dan saya isi deskripsinya, related post saya mala jadi gak muncul di halamn posting. itu apa yg salah ya? mohon pencerahannya.

    BalasHapus
  10. terima kasih ya informasinya..

    BalasHapus
  11. informasinya sangat bermanfaat terimakasih http://goo.gl/XgkHi7

    BalasHapus
  12. trimakasih bro ( jadi kayak anak muda lagi ) saya udah bikin banyak artikel wah gimana nih

    BalasHapus
  13. Makasih infonyaa sangat berguna << Informasi WoW Kunjungi duniasmall.blogspot.com

    BalasHapus
  14. Meta description in penting buat blog, pemasangan meta description yang tepat dan benar akan menambah blog menjadi SEO. tahnksInfo yang sangat berguna.

    BalasHapus
  15. penting ga deskripsi penelusuran itu???

    BalasHapus
  16. Komentar ini telah dihapus oleh administrator blog.

    BalasHapus
  17. Komentar ini telah dihapus oleh administrator blog.

    BalasHapus
  18. Komentar ini telah dihapus oleh administrator blog.

    BalasHapus
  19. Trims infonya, silahkan mampir ke sini gan

    BalasHapus
  20. Komentar ini telah dihapus oleh administrator blog.

    BalasHapus