Cara Membuat Blog Baru di Blogger dan Wordpress

Cara Membuat Blog di Blogger dan WordPress - Artikel tentang membuat blog ini sudah pernah ditulis sebenarnya, namun disini saya akan menulis kembali kepada blogger dengan cara cara terbaru lengak dengan tutorial bagaimana cara membuat blog dan ditambah informasi yang mungkin perlu diketahui sebalum kita buat blog.


Cara Membuat Blog Baru
Cara Membuat Blog Baru


Sebagai pemula, untuk sekedar buat blog memang agak sedikit membingungan yang pada kenyataan bagi seorang blogger ini merupakan satu langkah yang sangat mudah. Lantas mengapa masih ada kesulitan, yah tentu saja ini akan dipengaruhi oleh faktor pengetahuan tentang cara cara ngeblog. Sehinga kebingungan ini adalah wajar jika pemula masah meraba - raba dan bertanya bagaimana caranya.

Dalam Artikel ini kita akan membahas tutorial blog, antara lain:

  1. Apa Itu Blog
  2. Perbedaan Blog dan Website ( Situs Web )
  3. Daftar Penyedia Layanan Blog Gratis Terbaik
  4. Cara membuat Blog di Blogger.com (Blogspot)
  5. Cara Membuat Blog di WordPress.com (WP)


Pertama, Pahamilah apa itu Blog?

Sebuah blog dapat digunakan sebagai media publikasi menyampaikan ide,gagasan, informasi atau catatan harian melalui tulisan-tulisan yang di muat dalam posting blog. Sedangkan dijaman teknologi saat ini, beberapa blogger bahkan ada yang membuat blog sebagai sumber penghasilan untuk menghasilkan uang melalui iklan yang terpasang di blog maupun produk yang mereka tawarkan.

Sehingga Blog dapat diartikan sebagai sebuah Aplikasi Web. Halaman blog adalah bagian dari situs website yang dapat diakses secara nirkabeal atau online yang memiliki fungsi utama memuat tulisan-tulisan dan gambar (isi postingan) pada setiap halaman web. Dari segi penggunaannya sebuah Blog dikelola oleh pengguna tunggal / penulis, dan materinya dibuat sesuai dengan topik dan tujuan dari si pengguna blog tersebut. Sebuah blog juga bisa di buat oleh beberapa pengguna dalam satu komunitas. Dimana membuat sebuah blog menjadi miliki bersama dan dengan tujuan bersama.

Apa perbedaan Blog dan Website ?

Terkadang ini menjadi pertanyaan hot bagi pemula yang sering bertanya bagaimana mengertikan antara blog dan webiste?

Blog itu adalah bagian dari situs web (website). Dengan kata lain, blog itu website, tapi website belum tentu sebuah blog. Ibaratnya, website itu sebuah rumah. Yang namanya rumah, tentu ada kamar-kamar (ruangan), seperti ruang tamu, ruang tidur, dapur, dll. Nah, blog itu ibaranya salah satu kamar (ruangan) dalam rumah (website) itu. Clear?  Jadi, ringkasnya, perbedaan antara blog dan website adalah sebuahblog  sudah pasti bisa disebutwebsite , karena blog itu bagian dari website. Tapi sebuah website belum tentu disebut blog.

Cara Membuat Blog - Perbedaan Website
Cara Membuat Blog - Perbedaan Website/Blog


Dari segi desain atau tampilan, dalam hal inihomepage, frontpage , beranda, atau tampilan halaman depan, ciri khas atau ciri utama blog adalah urutan tulisan (posting), yaitu dalam“urut terbalik”. Posting terbaru paling atas atau paling depan, diikuti posting lama, meskipun tidak selamanya demikian, khususnya kalo pake template blogmagazine style  ataunews style . Website umumnya memiliki tampilan (desain) lebih menarik ketimbang blog dengan menggunakan desain CSS/HTML Template buatan sendiri. Namun demikian, dari segi tampilan, blog dan web sekarang sulit dibedakan karena sama-sama bagus (atau sama-sama jelek?)

Penyedia Layanan Blog Gratis Terbaik

Sebagai informasi tambahan bahwa Untuk membuat blog kita akan memerlukan server untuk menyimpan file file blog yang akan kita bangun. Tentu saja jika pilihan kita adalah dengan menyediakan server pribadi untuk sekedar blogging saja ini adalah hal yang cukup sulit. Apalagi bagi pemula yang masih dalam tahap belajar untuk membuat blog baru di internet.

Tapi bukan berarti jalan sudah tertutup dan kita mengurungkan semangat untuk membuat blog yang kita inginkan. Kabar baiknya adalah sekarang ini sudah banyak penyedia layanan blog yang dapat kita manfaatkan untuk membagun kreativitas blogging diinternet. Meskipun tidak semua seutuhnya adalah gratisan, karna ada juga penyedia layanan yang meng-paketkan layanan mereka dengan tarif berbeda beda.

Berikut ini adalah daftar dari beberapa penyedia layanan blog gratisan yang dapat dijadikan tempat untuk membuat blog secara gratis. Meskipun dalam tanda kutip adalah layanan gratis, daftar layanan blogging dibawah ini sudah berkembang cukup lama dan dipercaya akan kualitas dan performanya, jadi lebih tepatnya "Layanan Gratisan rasa Premium" hehehheehehe. Tenang saja sobat bahkan tanpa Belajar dasar HTML pun anda bisa langsung menerbitkan blog disalah satu layanan dibawah ini.

  • BLOGGER.COM - Blogger atau istilah domain favoritnya Blogspot adalah tempat membuat blog yang paling populer dan sekarang dimiliki oleh Google. Sangat bagus untuk belajar lebih mengenal blogging dengan dashboard sangat ramah dengan pengguna. Anda tinggal daftar akun di google, maka Anda bisa membuat blog gratis. Seperti blog yang anda baca saat ini yang juga merupakan blog berpaltform blogger.
  • WORDPRESS.COM - WordPress.com adalah penyedia hosting juga dan blog gratis milik Automattic favorit banyak penulis. Dengan platform WordPress yang tekenal lebih SEO "kantanya", Anda dapat dengan mudah memilih thema favorit Anda, juga layout blog yang dimudahkan.
  • TUMBLR.COM - Tumblr adalah platform blogging yang paling sederhana dan merupakan blogging platform mikro termudah. Hanya butuh waktu 1 menit untuk membuatnya untuk kemudian mulai ngeblog. Tumblr menjadi platform yang menyenangkan karena mempunyai halaman timeline mirip twitter, kita bisa mengfollow akun blog lain agar postingannya bisa tampil di timeline kita. Kita bisa memposting artikel, quote, gambar, video, chat, dan musik di tumblr dengan mudah.
  • LIVEJOURNAL.COM - Penyedia blog yang satu ini juga cukup besar penggunanya di seluruh media oleh sebab itu masuk dalam penyedia blog gratis kali ini, walau begitu live journal memiliki fungsi yang lebih identik dengan webbly dan tumblr dibandingkan blogger dan wordpress. Akan tetapi live journal juga merupakan salah satu blog yang baik untuk membangun blog pribadi maupun dummy blog anda yang tentunya gratis.

Daftar diatas hanyalah sebagian kecil dari penyedia layanan blog gratis, masih ada banyak penyedia layanan lainnya yang juga bisa dijadikan tempat untuk membuat blog. Hanya saja penulis menampilkan referensi terbaik saja yang sudah penulis coba sehingga sahabat blogger dapat memilih sendiri yang mana tempat untuk membuat blog pilihan pembaca sendiri.

Cara membuat Blog di Blogger.com

Untuk membuat Membuat Blog di blogger.com saat ini sangat Mudah dan Cepat, semua bisa didapatkan dengan gratis. Artikel kali ini saya khususkan bagi sobat yang benar benar awam mengenai cara membuat blog gratis, jadi bagi sobat yang sudah memahami dan menguasai ilmu cara membuat blog abaikan saja artikel ini. Baca Selengkapnya pada artikel cara membuat blog blogger.

Cara membuat Blogger
Cara membuat Blogger
Penulis bukan tidak mau menjelaskan tutorial lengkapnya diartikel ini, tapi berhubung karna cara membuat blog berplatform blogger sudah ada diartikel sebelumnya, jadi pembaca bisa menemukan langkah dan cara cara memulai blog blogspot anda pada artikel tersebut.

Cara membuat Blog di WordPress.com

Sama hanya dengan blogger, untuk membuat blog di WordPress juga tidak ada masalah dan pekerjaan berat yang harus dilakukan. Kita hanya akan perlu mengisi formulir pendaftaran blog baru di situs wordpress.com dan mengikuti step by step ke langkah-langkah membuat blog selanjutnya.

Cara Membuat WordPress
Cara Membuat WordPress
Silahkan baca artikel saya sebelumnya tentang cara membuat blog gratis di wordpress untuk mendapatkan tutorial, cara dan langkah lebih mendetail untuk memulai blog baru 
di WordPress.com ini.


Nah bagi anda yang telah berhasil dengan menerapkan cara membuat blog ini, jangan lupa untuk share pengalaman anda bersama penulis dikotak komentar. Kiranya dengan berbagi kisah akan tercipta satu kebersamaan, terutama menciptakan rasa sosial antar blogger tanah air. 

Selamat membuat blog baru, dan maju terus blogger indonesia.


Baca Juga Artikel lainnya:

14 Tanggapan untuk "Cara Membuat Blog Baru di Blogger dan Wordpress "

  1. Karena banyak yg bertanya tentang apa itu blog, maka agar lebih praktis saya tuliskan saja di sini info dasar blog bagi pemula. Tulisan ini berdasarkan cara pandang saya melihat teknologi blog yg sekarang lagi tumbuh pesat diminati tidak hanya kalangan awam, tapi juga mulai merambah ke kalangan intelektual dan akademisi serta selebritis Indonesia.

    BalasHapus
  2. info yang sangat bagus.
    mohon masukannya buat blog saya donk, kunjungi tanoniha.net
    terima kasih.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terima kasih kunjungannya saudara. Siap meluncur !!

      Hapus
  3. trimakasih sudah sharing caranya... sya sudah coba buat blognya dan alhamdulillah berhasil :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sama sama, blog wordpress memang semakin mudah untuk dibuat sekarang ini

      Hapus
  4. kayaknya wodrpress yang paling lengkap fiturnya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Fitur pada blog berpaltform wordpress terbilang cukup lengkap dan untuk membuat blog di wp juga sangat mudah

      Hapus
  5. Penah buat blog jadi malas karna buat apa juga kalau tidak ada waktu menulis. Saran saya jangan buat blog kalau tidak sering update

    BalasHapus
    Balasan
    1. tentang buat apa membuat blog menurut saya itu tergantung visi misinya. Bisa saja untuk menebarkan informasi, mengisi waktu, sharing atau sekedar mengikuti hobi menulis yang datang dari dalam hati blogger ..hehheee alay ya *D. tapi benar sih membuat blog baru tidak ada ruginya, setidaknya pernah mencoba

      Hapus
  6. wah lengkap sekali mas penjelasannya, oh iya mas kunjungi website saya dong dan apabila ada yang kurang dari website saya, saya minta sedikit sarannya dari mas

    BalasHapus
    Balasan
    1. Seperti yang saya dapatkan, blog atau website baru kamu terlihat keren dan menabjukkan !

      Hapus
  7. Membuat website blog memang penting sebagai alat penyebaran informasi, sosialisasi dan transparasi kegiatan untuk pelayanan online yang memudahkan masyarakat & lingkungan menerima manfaat optimal.

    BalasHapus
  8. kalo wordpres yang pakai hosting sendiri gimana caranya bang

    BalasHapus
  9. Mas sorry OOT, kiat-kiat konsisten buat konten apa sih, saya moodian soalnya. mohon advicenya. thanks

    BalasHapus