Cara Membuat Permalink Otomatis dibawah Posting Artikel

Bagaimana Cara Membuat Permalink Otomatis Di Blog blogspot? sudah pernah diposting dalam artikel blog saya sebelumnya Tips Trik Terbaru, dan saya coba tulis ulang tutorial langkah-langkahnya disini. Bagi blogger pemula tentunya asing dengan yang namanya Permalink. Apa itu permalink otomatis? Menurut para ahli blogger yang sudah lama berkecimpung dalam dunia blogging, Permalink blog adalah singkatan dari Permanent Link yang dapat dairtikan sebagai alamat permanen sebuah url atau sebuah link yang menuju ke halaman blog atau situs web tertentu.

Contoh paling dekat permalink adalah alamat link dari artikel yang sedang anda baca saat ini "http://blog.fispol.com/2013/01/membuat-permalink-otomatis-pada.html" adalah sebuah permalink unik yang ketika di klik langsung menuju ke postingan artikel Cara Membuat Permalink Otomatis. Sedangakan kelebihan dari cara yang kita bahasa disini adalah "otomatis", sehingga kita tidak akan perlu capek-capek menulisnya disetiap mem-posting artikel-artikel baru.

Dengan memesang link otomatis dibawah artikel ini pada blog berplatform blogspot maka setidaknya akan memiliki pengaruh besar pada kualitas seo artikel yang akan kita buat. Kata kunci dapat disertakan secara otomatis pada link dibawah artikel yang kita tulis, dan tentu saja ini menghemat waktu karna semuanya ditulis secara otomatis, sehingga tidak perlu manual lagi. Nah bagaimana menambahkan link/teks otomatis pada blog dibawah setiap artikel?
MEMBUAT PERMALINK OTOMATIS DIBAWAH SETIAP ARTIKEL
Cara Membuat Permalink Otomatis

Apa Fungsi Permalink Otomatis Post Blog


Sebagaimana dijelas diatas bahwa dengan Membuat Permalink Otomatis Di Blog tepatnya dibagian bawah artikel posting kita diharapkan dapat menambah internal link postingan atau artikel blog kita sehingga lebih SEO lagi dan dapat bersaing dan juga tentunya bertahan di mesin pencari, selai intu cara ini diakui cukup efektif untuk dapat meningkatkan optimasi on-page blog kita. Pada umumnya di blog-blog seperti yang kita lihat penempatan permalink otomatis ini berada di bawah postingan artikel. Anda mungkin pernah melihat seperti gambar di bawah ini:

Cara Membuat Permalink Otomatis dibawah Posting Artikel
Cara Membuat Permalink Otomatis dibawah Posting Artikel

Gambar di atas adalah contoh untuk permalink otomatis yang ada di setiap postingan blog. Nah bagi yang ingin Membuat Permalink Otomatis Di Blog silahkan simak uraian cara mudah untuk membuatnya secara manual melalui edit template blogger di bawah ini.


Membuat Permalink Otomatis Dibawah Artikel Blog


Seperti biasa untuk mengedit template blogger secara manual, silahkan Login ke blog Anda > Dashboard > Template > Edit HTML > Jangan lupa centang juga Expand Widget Templates. Sebagai saran ada baiknya sebelum mencoba cara manual bahwa kita selalu meng back-up dulu template blognya untuk menjaga hal-hal yang tidak diinginkan, sehingga dengan backup template, misalkan terjadi kesalahan bisa dikembalikan ke template semula.

Permalink Kode CSS

Nah langsung saja edit template bloggernya, cari kode ]]></b:skin> agar lebih mudah dalam pencarian, tekan CTRL + F di keyboard kemudian masukan kode ]]></b:skin> . Setelah ditemukan kode tersebut pada template blogger anda. silahkan salin (copy) kode di bawah ini dan paste SEBELUM kode ]]></b:skin> tersebut.

.buatpermalinkblogger {border:1px solid #191919; border-bottom:1px solid #666; border-right:1px solid #666; padding: 5px; background: #444;-moz-border-radius:5px;}
.buatpermalinkblogger a {background:none;} img.float-right {margin: 5px 0px 0 10px;} img.float-left {margin: 5px 10px 0 0px;}

Edit CSS Permalink Sesuai Kebutuhan : Perhatikan tulisan berwarna merah pada kode css permalink diatas, #444 itu menunjukkan warna untuk kotaknya. Silahkan sesuaikan dengan warna blog Anda dan warna yang dibutuhkan.

Blog Permalink Element

Nah jika sudah selesai menempatkan gaya (css) seperti diatas maka selanjutnya adalah cari kode seperti di bawah ini:

<div class='post-footer-line post-footer-line-1'>

atau jika kode diatas tidak ditemukan coba cari yang seperti di bawah ini pada template blogger anda:

<p class='post-footer-line post-footer-line-1'>

Kemudian copy kode BERWARNA MERAH di bawah ini dan pastekan SETELAH kode di atas tadi.

<b:if cond='data:blog.pageType == "item"'>
<div class='buatpermalinkblogger'><center><small>Anda sedang membaca artikel tentang <strong><i><data:blog.pageName/></i></strong> dan bila berkenan Anda bisa share artikel <strong><i><data:blog.pageName/></i></strong> ini dengan tombol share di bawah. Bila Anda bermaksud COPAS artikel <strong><i><data:blog.pageName/></i></strong> untuk diposting di blog Anda, mohon untuk meletakkan link <strong><i><a expr:href='data:post.url'><data:blog.pageName/></a></i></strong>
sebagai Sumbernya dengan mengcopy kode di bawah ini.</small></center>
&lt;div&gt;
&lt;form name=&quot;Carabuat permalink&quot;&gt;
&lt;p align=&quot;center&quot; style=&quot;margin-top: 0; margin-bottom: 0&quot;&gt;&lt;textarea style=&quot;width: 98%; height: 10&quot; name=&quot;txt&quot; rows=&quot;1&quot; cols=&quot;45&quot; onmouseover=&quot;this.form.txt.select()&quot; readonly ;&gt;<small>&lt;a href=&#39;<data:post.url/>&#39;target=&#39;_blank&#39;&gt;&lt;strong&gt;&lt;i&gt;Sumber&lt;/i&gt;&lt;/strong&gt;&lt;/a&gt;</small>&lt;/textarea&gt;&lt;/p&gt;
&lt;/div&gt;
<div style='border: 0px; padding: 5px; background-color: none; display: none;text-align: right; font-size:9px;'><a rel="dofollow" href='http://blog.fispol.com/2013/01/membuat-permalink-otomatis-pada.html' target='_blank'>Widget Blog Permalink</a></div>
</div></b:if>

Selesai dan jangan lupa langsung simpan template blogger anda.

Untuk memastikan permalink sudah tampil dibawah setiap artikel blog, silahkan lakukan pratinjau artikel untuk memastikan penerapan kodenya sudah betul atau masih ada kesalahan, kemudian simpan template blog Anda. Jika sudah benar, maka widget permalink otomatis akan ada dibawah artikel blog. Selamat mencoba !

Baca Juga Artikel lainnya:

15 Tanggapan untuk "Cara Membuat Permalink Otomatis dibawah Posting Artikel"

  1. Ijin coba buat permalinknya di blog saya

    BalasHapus
  2. mantebbb bozz...
    pengen pnya kayak ente blog'a....
    ajarin donk bozz....
    biar ane bisa bagi'' ilmu lg ama blogger laen'a bozz
    hehe

    BalasHapus
  3. info menarik

    Leadershipstreet Indonesia

    BalasHapus
  4. kalo gk ada kode ]]> di tamplate saya bsia di ganti sama apa tuh bang ?

    tolong pencerahannya ..

    BalasHapus
  5. gan kok ditempat ane kagak bisa ini contohnya gan

    http://adityamaster.blogspot.com/2013/08/qqd-scasq.html

    BalasHapus
  6. Thanks gan atas informasinya... Bermanfaat sekali.

    BalasHapus
  7. Makasih infonya bosss....Mudah-mudahan berhasil nich..

    BalasHapus
  8. Berguna sekali tulisannya..
    Makasih..
    Visit http://resortmurah.blogspot.com/

    BalasHapus
  9. Thanks gan,,, tapi kalo misal admin(seseorang) linknya dibuat menuju pada postingan itu sendiri caranya gimana gan ? di WP ..
    saya tunggu gan, butuh banget
    makasih

    BalasHapus
  10. Komentar ini telah dihapus oleh administrator blog.

    BalasHapus
  11. Komentar ini telah dihapus oleh administrator blog.

    BalasHapus
  12. Wahhh, terimakasih infonya, berguna banget nie buat blog ane yang di blogger

    oya mungkin kalo mau mampir ke blog baru ane http://syamlan.web.id
    web ini berisi informasi tentang hal-hal yang lagi populer di indonesia dari android hingga kesehatan lohh :D

    BalasHapus