Mendaftarkan atau submit sitemap ke Mesin Pencari

Melanjutkan Tutorial Cara Dasar Blog cepat Terindex Google, Berikut yang tak kalah pentingnya adalah Cara Mendaftarkan atau Submit Sitemap Ke Mesin Pencari, Baik itu Submit ke Google, Yahoo maupun Bing. Tapi sebelumnya, anda sebaiknya mempelajari cara membuat sitemap terlebih dahulu, ini terlebih bagi sobat2 dari blog wordpress karna selalu mengalami masalah pada saat mendaftarkan situs mereka pada mesin pencari.

  • Submit Sitemap  website Blog  Ke Google
  • Submit Sitemap Blog Ke Yahoo
  • Submit Sitemap Blog Ke Bing

Sitemap dan Mesin Pencari

Sitemap dan Mesin Pencari

Sitemap adalah sebuah cara sederhana bagi para webmaster untuk menginformasikan kepada search engine ( Google misalnya ) tentang halaman-halaman pada situs mereka yang bisa di-crawl. Bentuk paling sederhana Sitemap adalah berupa file XML yang berisi daftar URL sebuah situs beserta metadata-nya masing-masing. Metadata misalnya : kapan terakhir di-update, seberapa sering URL biasanya berubah, dan tingkat relatif keutamaannya terhadap URL lainnya. Metadata ini akan membantu search engine sehingga lebih mudah membaca dan menge-crawl situs.

Web crawler biasanya menemukan halaman sebuah situs dari link-link di dalam situs itu sendiri, atau dari situs yang lain. Sebuah Sitemap menyediakan data-data link itu dan mengijinkan crawler yang mensupport Sitemap untuk menjelajah semua URL yang ada di dalamnya, lalu menganalisa masing-masing URL tersebut dengan menggunakan metadata yang menyertainya. Namun, menggunakan protocol Sitemap tidak menjamin bahwa halaman-halaman web kita akan terindeks oleh search engine. Penggunaan Sitemap juga disarankan pada dasar-dasar SEO, seperti telah ditulis pasa salah satu tips cepat diindex Google di blog ini.

Mengapa Harus SITEMAP?

Membuat dan men-submit Sitemap akan memastikan search engine mengetahui halaman-halaman pada situs kita, termasuk URL yang bisa jadi tidak akan ditemukan search engine ketika crawling tanpa sitemap. Sitemap juga akan sangat berguna jika :
  1. Situs kita mempunyai content yang dinamis / selalu berubah. Seperti blog misalnya.
  2. Situs kita mempunyai halaman-halaman yang susah ditemukan oleh search engine pada saat dia crawling. Misalnya ; halaman yang banyak AJAX-nya, atau Flash.
  3. Situs kita baru dan cuma punya sedikit link ke kita. Seperti kita tahu, crawler search engine menjelajah web dengan mem-follow link dari page satu ke page lainnya. Jadi, semakin sedikit jumlah link ke situs kita, semakin sulit pula si crawler menemukan situs kita.
  4. Situs kita mempunyai arsip konten yang sangat besar tapi tidak saling link dengan baik, atau bahkan tidak sama sekali.

Sitemap juga dapat kita gunakan untuk memberikan tambahan informasi tentang halaman kita kepada search engine, misalnya :
  • Seberapa sering halaman situs kita berubah.Contoh : kita mungkin meng-update halaman kita tentang produk setiap hari, tapi halaman About Me cuma 6 bulan sekali.
  • Tanggal terakhir halaman di modifikasi.
  • Tingkat keutamaan relatif dari halaman-halaman di situs kita. Misal, Home Page kita mempunyai keutamaan relatif 1.0, halaman-halaman Category 0.8, postingan blog 0.5, atau halaman produk juga 0.5. Yang perlu diketahui, angka-angka tadi hanya berarti bahwa Home Page kita relatif lebih utama daripada halaman Category, lalu halaman Category relatif lebih utama daripada postingan blog kita, dan tidak berpengaruh pada ranking masing-masing halaman kita di SERP.
Sitemap memberikan tambahan informasi tentang situs kita kepada search engine untuk menyempurnakan metoda crawling-nya yang standar. Harapannya adalah, Sitemap akan membantu search engine menemukan situs kita lebih cepat dan dalam waktu yang tepat. Namun, pemakaian Sitemap tidak menjamin semua URL di Sitemap kita akan diindeks search engine.

Setelah Anda mengerti dan telah membuat sitemap, sekarang mari kita submit sitemap blog atau website ke mesin pencari Agar Blog Cepat terindex .


Mendaftarkan Sitemap ke Mesin Pencari Google

    Mendaftarkan Sitemap Ke Google
  • Klik tautan berikut untuk menuju ke halaman Google Webmaster Tools
  • Login dengan menggunakan akun Google Anda.
  • Jika Anda pengguna Blogger, maka akan tampak satu atau lebih situs Blogger yang Anda kelola. Namun jika belum ada, klik tombol “Add a Site” dan tambahkan URL situs web atau blog yang akan didaftarkan. Eksekusi dengan menekan tombol “Continue”.

submit situs blog


1.Ketika situs web atau blog Anda sudah berada dalam daftar Google Webmaster Tools, klik tombol “Manage Site” di samping situs web atau blog yang ingin Anda kelola. Kemudian pilih “Verify this site”.
 
2.Selanjutnya akan ditampilkan halaman Recommended method, umumnya metode verifikasi menggunakan Meta tag. Apabila metode verifikasi Meta tagtidak terlihat, klik “Alternate methods”. 

3.Salin tag HTML yang muncul & ikuti langkah-langkah sesuai petunjuk layar. Biarkan tampilan layar pada halaman ini tetap hidup (on). 

4.Buka tab baru pada peramban & masuk ke akun situs web atau blog Anda. 

5.Tempel Meta tag pada template, yaitu memasukkan kode meta di antara <head>…</head> atau pada Blogger™ letakkan saja di atas <b:skin><![CDATA[/*. Simpan perubahan template.

Verifikasi Sitemap
6.Kembali ke Google Webmaster Tools, klik “Verify”.

Selanjutnya, menambah sitemap seperti pada gambar di bawah ini. Pilih situs web atau blog yang ingin ditambahkan sitemapnya dengan mengklik “Optimization” → “Sitemaps”.Submit Sitemap blogger
  • Untuk Blogger contoh: 
  • sitemap.xml
  • atom.xml?redirect=false&start-index=1&max-results=500
  • feeds/posts/default?orderby=updated
  •  Untuk wordpress atau situs lain — masukkan “sitemap.xml” (huruf kecil &tanpa tanda petik).
  • Jika Anda masih ragu-ragu, klik tombol “Test Sitemap”. Setelah yakin, klik tombol “Submit”.

Mendaftarkan Sitemap ke Mesin Pencari Yahoo dan Bing


Sesuai rilis berita di Webmaster Center Blog Bing dikatakan bahwa Bing Webmaster Tools sekarang akan menampilkan data yang terintegrasi dengan Yahoo dalam wilayah dan laporan tertentu. Mengingat usaha gabungan merupakan Aliansi Penelusuran, maka sangat masuk akal untuk menampilkan data yang relevan dari kedua mesin dalam akun webmaster. Jadi jangan heran ketika Anda melakukan submit situs melalui Yahoo akan diarahkan keWebmaster Tools Bing.

Sebaiknya terlebih dulu Anda telah memiliki akun di Bing, seperti hotmail dan sebagainya. Kemudian klik tautan berikut untuk menuju ke halaman Bing Webmaster Tools. Anda tinggal memasukkan URL (Uniform Resource Locator) situs web atau blog pada “Add a Site”, kemudian eksekusi dengan menekan tombol “Add”. Selanjutnya, proses verifikasi & submit sitemap akan dilalui dengan langkah yang mudah.

Maka demikianlah tutorial Lengkap dan tentang Mendaftarkan atau submit sitemap ke Mesin Pencari. Semoga bermanfaat. Jika anda memiliki pertanyaan, dengan senang hati dipersilahkan dikotak komentar.

Baca Juga Artikel lainnya:

12 Tanggapan untuk "Mendaftarkan atau submit sitemap ke Mesin Pencari"

  1. Cara Mendaftarkan Blog ke mesin pencari goggle "Test"

    BalasHapus
  2. untuk SEO sitemap penting, memudahkan google menelusuri website kita.

    BalasHapus
  3. sangat membantuh
    kecerdasan otak

    BalasHapus
  4. mantap gan selalu semangat...

    BalasHapus
  5. Wahhh Ini Point yang sangat penting dalam persaingan seo

    BalasHapus
  6. http://goo.gl/Kc9YPs tq gan sangat bagus wb kk,,

    BalasHapus
  7. makasih gan untuk tutorialnya,,

    BalasHapus
  8. thanks banget untuk tutorialnya, salam kenal

    BalasHapus
  9. http://goo.gl/OlAE4r makin hari website kk makin oke,, terimakasih gan,,

    BalasHapus
  10. http://mysp.ac/SthD http://goo.gl/4XGkA http://goo.gl/ui8DT httpgoo.gl/owUNP httpgoo.gl/YJzRj http://goo.gl/8QQeo makin hari website kk makin oke,, terimakasih gan,,

    BalasHapus
  11. http://mysp.ac/SjTK http://goo.gl/7qdlJa http://goo.gl/NyDlpm
    Terimakasih pak ane tunggu terus info barunya ..

    BalasHapus
  12. thanks gan infonya,,, salam sukses

    BalasHapus