Blogger Pemula dengan kebiasaan Buruk NgeBlog-nya

Kebiasan buruk blogger


Kebiasaan buruk? seperti apa itu? Artikel Blog kita kali ini akan menuliskan tentang hal-hal buruk sebaiknya tidak disarankan untuk di lakukan oleh blogger pemula. Keadaan ini misalnya adalah baru mengenal blog atau baru kembali menekuni dunia blog yang sempat ditinggalkannya.

Bagaimana Menghapus Kebiasaan buruk seorang Blogger


Tulisan mengenai Kebiasan-kebiasaan ini adalah pendapat sahabat blogger. Disini kami tidak akan menyebutkan satu persatu siapa saja yang memberikan kontribusi dan memberikan suara, karena memiliki sumber yang luas tapi disederhanakan.

(1). Menulis blog dengan Niche keyword yang kamu disukai

Apa itu Niche Keyword? Adalah sebuah tema spesifik atau pemilihan kata kunci khusus untuk menjangkau taget pasar diinternet. Sebagai Contoh, saya menggunakan "Blog Tutorial Fispol" yang merukanan kupulan kata spesifik. Nah, kombinasi dari kata-kata tersebutlah yang merupakan sekumpulan kata unik yang memiliki target khusus, dan biasanya kata-kata unik seperti ini dikenal dengan istilah niche keyword.
Niche Keyword Blog
Stategi Menentukan Niche Keyword Blog

Sekarang ini, tidak sedikit blogger yang masih baru belajar alias pemula dalam dunia blogging, hal pertama adalah yang menjadi kegiatannya adalah membaca-baca kisah blogger lainnya yang mungkin telah sukses dan bahkan tersohor. Oleh karena faktor ini bisa jadi sorang pemula akan terpengaruh dengan apa yang dibahas oleh idola tersebut, selanjutnya berambisi untuk mengikuti jejak kesukses san blogger tersebut sampai dengan topik artikel yang ditulisnya dibuat sama persis. Adapun maksud dan tujuan mereka adalah berusaha "menjadi" blogger sukses favoritnya dengan cara mencontoh topik-topik yang mereka bahas. Sehingga dengan cara ini akan menghasilkan topik artikel yang mirip.

Apakah ini efektif untuk mencapai kesuksessan seperti yang blogger pemula ini mimpikan?

Sebagai catatan penting bahwa menjejaki mereka yang sukses dalam membangun blog bolehlah sama, ingat kata "menjejaki" dalam hal ini bukan kontennya. Sehingga disarankan sebaiknya topik yang dibahas janganlah terlalu memaksakan diri hampir sama dengan blogger sukses.

Anda bisa memulai dengan mencari topik artikel yang kamu kuasai dan sukai, karena menulis blog dengan topik yang anda sukai bahkan lebih baik lagi jika itu adalah hobi anda, hasilnya akan menghasil niche keyword yang lebih baik tanpa kita sadari.

Jangan terlalu berambisi dan jauhkan keinginan anda untuk menjadi blogger sukses dalam sekejap semudah membalikkan tangan, tapi mulailah dengan lebih fokuslah pada subjek yang akan anda tulis. Demi keberhasilan yang pasti hindari menulis artikel tentang hal-hal yang tidak anda sukai, karena itu akan menjebak cara berfikir anda, yang pada akhirnya akan kehilangan topik bahasan, lebih parahnya lagi jika sampai harus berhenti menulis, maka semua akan jadi sia-sia bukan?


(2). Jangan Terobsesi dengan target banyak pelanggan, Tapi konten terupdate bermanfaat

Ada berbagai kesalahan pola pikir bagi pemula bahwa sudah menjadi tolak ukur paling umum untuk menentukan sebuah blog besar adalah jumlah pelanggan yang banyak. Disini saya mengajak anda untuk jangan sampai kita terjebak dengan hal-hal naif seperti ini.

Pelanggan Blogger

Jadi bagaimana seharusnya? Saya tidak mengatakan bahwa banyak pelanggan itu ada kesalahan, malah itu ada sebuah keberhasilan hanya saja jangan menjadi target utama diawal-awal. Nah sebagai pemula yang baru saja membuat blog, tetaplah membangun blog anda hingga memiliki basis atau jumlah artikel yang semakin banyak sehingga dengan sendirinya jumlah pelanggan blog anda juga akan terus bertambah.

yang paling buruk dan sering terjadi adalah dimana blogger pemula terjebak dalam menghitung jumlah pelanggan, padahal sang pemilik blog saja merasa tidak percaya diri dengan apa yang dibahas pada blognya atau bahkan blog tersebut hanya berisi konten copy paste sana-sini.

Yang harus kita ketahui:

  • Pertama; Catat baik-baik bahwa seorang blogger baik itu pemula maupun sudah pro tidak akan bisa memaksa seseorang pembaca untuk berlangganan, mengendalikan pengguna dengan situasi seperti itu adalah sesuatu yang naif, yang pada akhirnya menyebabkan seorang blogger pemula frustasi dengan blognya sendiri. 
  • Kedua; Banggalah memiliki pelanggan blog yang setia, karna pelanggan ini akan lebih berharga walau berjumlah sedikit saja, karena mereka memiliki antusias yang besar akan kembali membaca artikel yang telah kita tulis bahkan tanpa perlu mengumkan disana-sini.

Jadi hindarilah memberi nilai dan gambaran seberapa besar blog dengan melihat jumlah pelanggan yang sudah berlangganan pada blog mereka. Banyaknya jumlah pelanggan sekalipun bahkan bisa membuat pemilik blog menjadi terjebak dengan angka hingga membuatnya lupa akan topik utama dari blog yang dibuat. Fokuskan untuk menemukan pembaca yang aktif dan tingkatkan komunikasi dengan mereka, bukan hanya melalui daftar pelanggan saja.

(3). Blogger Dengan Disiplin dan Terjadwal



Wahai engkau "Blogger Pemula Calon Sukses" ! Kunci kesuksesan dari seorang penulis blog adalah kedisiplinan, teratur serta konsistensi pada artikel blog. Ini sudah banyak kita saksikan, perhatikan saja bahwa ada banyak sekali blogger pemula yang begitu bersemangat menulis pada awal-awal bloh dibangun saja, namun setelah itu lambat laun semangat menulisnya menurun hingga pada akhirnya tidak teratur bahkan tenggelam dalam lautan luka dalam ( waks waks waks )... Nah dengan prinsip dan semangat blogging seperti ini yang akan membuat pembaca blog anda perlahan tapi pasti menurun satu persatu mencari tempat bersandari di blog tetangga. Jadi untuk mengatasi hal ini, rancanglah sebuah visi misi dan jadwal yang teratur, kemudian terbitkan artikel anda secara teratur.


(4). Abaikan Statistik Blog, hindari pengecekan terus menerus

Pernahkah anda melakukan hal bodoh ini? bangun pagi buka laptop dan bukannya menulis tapi mencek statistik blog kita hari ini? jujur saya sendiri waktu awal-awal ngeblog melakukan hal tersebut. Setelah lama nge blogging betapa lucunya melakukan ini pada saat itu. Dan ini benar-benar tidak ada gunanya pada tahap awal !

Statistik lalu lintas bisa saja menjadi candu dan hal tersebut bisa menggelincirkan blogger kedalam kebiasaan kompulsif untuk terus menerus memeriksa statistik lalu lintas sehingga lupa dengan topik yang harus di bahas.

Memeriksa statistik setiap beberapa jam tidak akan mengubah hasil statistik secara signifikan terhadap blog. Buatlah jadwal khusus untuk memeriksa statistik blog, bisa sehari sekali, seminggu sekali atau waktu-waktu lain yang sudah ditetapkan. Dan juga kita bisa saja menyisihkan waktu sebulan sekali dengan jumlah jam yang lebih banyak lagi untuk menganalisis blog lebih mendalam sehingga kita mampu mengambil suatu kesimpulan lebih bagus lagi dalam peningkatan kualitas blog.

(5). Jangan Jadi Pecandu Jejaring Sosial

Pecandu? Ya pecandu. Akhir akhir ini media sosial bisa jadi penghambat terbesar seorang blogger pemula, apalagi jika sudah berada pada tingkat kecanduan bahkan overdosis .. xixixiix... dulu saya adalah salah satu pelaku yang kecanduan seperti ini. Terlebih disaat ngeblogging masih belum punya master plan dan semuanya menjadi kacau amburadul deh.

Hal bodoh yang paling saya sesali adalah update artikel distatus facebook dan bukan di blog. Ini jelas sebuah kesalahan. Dan semakin lama ngeblog apalagi setelah memiliki master plan untuk masa depan maka sekarang saya paham bahwa kecanduan media sosial ini akan menjadi hambatan besar bagi blogger pemula.

Blogger kecanduan media sosial

Jadi, jangan samapai kita menjadi pecandu jejaring sosial. Sebagian besar dari kita (blogger pemula) menjadi sangat kecanduan dengan jejaring sosial. Sebagai tips buat Anda, Sebaiknya pada masa belajar membangun sebuah blog Jauhkan dahulu Facebook, Twitter dan jejaring sosial lainnya saat kita sedang bekerja. Matikan semua instant messenger dan gunakanlah jika memang diperlukan saja. Ini bisa lebih efekti lagi jika menetapkan waktu blogging, selain itu sangat membantu kita meningkatkan kualitas artikel blog yang sedang dibangun.

(6). Biarkan Ide ngeblog berkembang

Ide ngeblog

Tahukah kamu sahabat blogger? Kita "Manusia" ini adalah makhluk ciptaan Tuhan dengan berbagai keterbatasannya, salah satu yang tidak terpungkiri adalah keterbatasan memori. Sama halnya dengan kumputer atau laptop yang digunakan saat ngeblog saat ini, semua ada batasnya.

Sehingga dengan keterbatasan memori ini dapat membuat sebuah ide bisa datang dan juga bisa pergi begitu cepatnya, maka sebagai tips bagi blogger pemula adalah perlunya untuk menuliskan jika kita tiba-tiba menemukan ide yang menarik untuk diangkat sebagai tema artikel pada blog. Meskipun kapastias otak anda mungkin diatas rata-rata, sebaiknya jika memang masih memungkinkan untuk jangan hanya mengandalkan memori anda saja. Siapkan draft posting dengan sebaik-baiknya, sebagai tindakan preventif ketika ide tiba-tiba hadir dan mengalir seperti air.

Penutup

Akhir kata artikel ini kami ucapkan "terima kasih", kami mohon maaf jika artikel ini ada kata yang salah dalam penulisaanya. Baik itu gagasan-gagasan yang diungkapkan adalah kami kumpulkan dari berbagai pendapat dan pengalaman teman2, termasuk saya selama ngeblog.  Dan bila ada gagasan yang ingin ditambahkan, kami dengan senang jika disempatkan pada kotak komentar. Semoga bermanfaat !!! Salam...

Baca Juga Artikel lainnya:

24 Tanggapan untuk "Blogger Pemula dengan kebiasaan Buruk NgeBlog-nya"

  1. yup thanks infonya bermanfaat sekali untuk saya yg masih newbie dalam dunia blog thanks yo www.naufalthedarkness.blogspot.com

    BalasHapus
    Balasan
    1. yups, Kedewasaan tergantung manfaat ! salam

      Hapus
  2. mantap mas bro infonya..sy setuju :D

    BalasHapus
  3. wis keren!! ingin saya acungkan 2 jempol untuk artikel sahabat,hehe..
    sepertinya akan menjadi tambahan blog baru untuk sarana saya belajar, terima kasih.

    BalasHapus
  4. artikel yang menarik, tengkyu atas saran2nya :)
    www.mikoarcstudio.blogspot.com

    BalasHapus
  5. senang sekali bisa berkunjung di web ini, info nya menarik dan sangat bermanfaat demi menambah pengetahuan saya http://goo.gl/CMrQbc

    BalasHapus
  6. info yang menarik sob , saya sangat setuju dengan postingan sobat soalnya saya mengikuti cara diatas tapi hasilnya tetap aja tidak ada kemajuan hehehe.. thanks for share :)

    BalasHapus
  7. sangat setuju gan , terutaa dengan Point no 5 , banyak orang yang Mempromosikan Ke jejaring Sosial demi Mencari Visitor yang bejibun , dan saya kira Cara Tersebut kurang efektif , hhe

    BalasHapus
  8. Thanks for finally talking about > "Blogger dengan kebiasaan Buruk NgeBlog-nya" < Liked it!

    Feel free to surf to my web page ... What is the Paleo Diet

    BalasHapus
  9. http://goo.gl/LmsKjP semoga ini menjadi amal kebaikan pak admin.. terimakasih,,

    BalasHapus
  10. http://mysp.ac/RiAC http://goo.gl/Uv8v7K http://goo.gl/C7aUCk semoga hari ini berhasil aminn,, terimakasih gan,,

    BalasHapus
  11. http://goo.gl/KrwGxs terikamasih semakin hari situs kk makin top mantab,,

    BalasHapus
  12. http://goo.gl/KrwGxs Selamat pagi salam semngata dan semoga sukses semunya amin,,,

    BalasHapus
  13. hehehhe... benar banget nih sob... keren :)

    BalasHapus
  14. Komentar ini telah dihapus oleh administrator blog.

    BalasHapus
  15. Kebiasaan saya sering memantau statistik blog.
    Jika ga ada pengunjung yang dateng maka badmood terasa banget. Tapi begitu ada lonjakan rasanya puas. Eh tapi jadi males posting.

    Keep FOCUS

    BalasHapus
  16. nice info, masih banyak materi yang perlu saya baca di blog ini, bermanfaat sekali artikel-artikelnya gan. top dah

    BalasHapus
  17. Jika kita hendak membuat blog sukses berapa lama weaktu yang kita butuhkan untuk mencapai semuanya itu ?
    haruskah seharian penuh kita terus ngeblog ?

    saya hanya seorang pemula dalam hal ini dan masih belum tau cara membuat blog kita berkembang

    BalasHapus