Beberapa Kesalahan Fatal Dalam Menaikkan Peringkat Alexa

Menaikkan Peringkat Alexa - Blog dengan peringkat alexa langsing? Siapa yang tidak tertarik bukan? Bahwa Saat ini peringkat Alexa walaupun tidak akurat, sudah terlanjur menjadi patokan orang-orang untuk menentukan popularitas suatu situs di Internet. Nah, adapun penyebabnya adalah karena sebagian orang tahu dimana Alexa hanya mencatat pengunjung yang memiliki Alexa Toolbar saja, maka mereka pun mencoba beberapa cara untuk meningkatkan peringkat mereka. Apakah cara ini sudah cukup efektif? Sayan sekali karena teryata ada beberapa cara yang tidak terbukti meningkatkan peringkat alexa.

Berikut beberapa kesalahan atau cara buruk yang dikumpulkan penulis dari beberapa sumber untuk meningkatkan Alexa.

Menggunakan Auto Reload #Ide Buruk untuk Menaikkan Peringkat Alexa

Mengapa menggunakan teknik auto reload? apakah memang efektih? Dasar pemikiran dari si blogger tentu saja adalah memperbanyak tampilan halaman di blog mereka, dari pada harus setiap saat browsing Web sendiri yang bisa melelahkan jadi lebih baik memasang plugin browser untuk me-refresh halaman Web sendiri setiap beberapa saat. Namun Sayangnya cara seperti ini sepertinya tidak cukup efektif, karena Alexa sendiri hanya mencatat sekali untuk alamat IP yang sama. Jadi jangan terlalu berharap walaupun dalam sehari Anda mengakses sebuah Web beberapa kali dengan IP yang sama, Alexa kemungkinan besar hanya akan menghitungnya sebagai sekali saja. Jadi menggunakan auto reload browser untuk halaman blog adalah kesalahan yang sia sia saja.

Memasang Alexa Toolbar di tempat umum misalnya di browser kantor

Jika dipikir-pikir dengan Memasang Alexa Toolbar di Browser Kantor dan mengaturnya ke Web blog kita Sendiri sebagai halaman beranda utama memang kelihatannya ide yang cukup cerdas. Tapi sekali lagi ini sangat disayangkan, seperti yang saya dijelaskan diatas, apalagi biasanya kantor menggunakan jaringan jenis Local Area Network, yang artinya IP yang tercatat di Alexa adalah IP yang sama. Sehingga, walaupun semua komputer di kantor yang telah dipasangi alexa toolbar tersebut membuka Web Anda, hasilnya adalah Alexa kemungkinan besar hanya akan mencatat 1 visitor yang berkunjung ke web atau blog kita. Selain karna hasilnya adalah sia-sia, Anda kemudian beresiko berurusan dengan rekan kerja karena dianggap sembarangan mengutak-atik komputer kantor atau lokasi kerjanya.

Menaikkan Peringkat Alexa

Menggunakan Alexa Redirect

Apa itu alexa redirect? Web Alexa memiliki satu fitur untuk menngalihkan Web dan biasanya urlnyanya dengan bentuk seperti ini http://redirect.alexa.com/redirect?situs-anda.com. Terdahulu sebelum artikel ini, di beberapa blog lawas banyak yang menyarankan teknik yang satu ini untuk menaikkan peringkat dari Alexa. Pemahaman mereka adalah bahwa redirect melalui pengalihan Alexa ini, maka Alexa akan mencatatnya tidak peduli pengunjung memiliki Alexa Toolbar ataupun tidak.

Bisa dibayangkan akan kegilaan teknik ini bukan? Bahkan WordPress sendiri sudah ada plugin yang dikembangkan hanya untuk ini. Jika ditanya apakah ini teknik yang efektif? jujur saya bilang bahwa cara seperti ini betul-betul merupakan ide terburuk dari yang paling buruk. Mengapa teknik pengalihan url dari Alexa ini adalah sebuah kesalahan dapat dijelaskan sebagai berikut:

  1. Menyebabka URL internal akan menjadi rusak.
  2. Cara ini terbukti tidak membawa efek untuk peringkat yang di atas 100.000.
  3. Memperburuk SEO, terlebih hasil pencarian di Google, karena terlalu banyak link outbound.
  4. Dan yang terakhir adalah bahwa Alexa Redirect sudah tidak ada lagi. Jadi jika masih ada yang menganjurkan cara ini, maka sudah pasti merupakan artikel lama. Atau jika masih ada yang menerapkannya berarti orang ini sudah tersesat... xixixiix... Kembalilah kejalan yang benar .. hahaha

Memasang Alexa Widget

Walaupun beberapa orang mengklaim bahwa dengan memasang Alexa Widget di blog atau website akan dapat meningkatkan peringkat alexanya. Benarkah alexa widged sesakti itu? Ini menimbulkan pro dan kontra dimana beberapa pendapat mastah-mastah yang lain membantah klaim tersebut karena sudah mencobanya sendiri.

Jika kita pelajari lagi, dalam situs resmi Alexa.com menyatakan bahwa mereka mengumpulkan data pengunjung hanya dari Alexa Toolbar tidak pernah menyinggung dari Alexa Widget. Tetapi tidak ada salahnya bereksperimen, jika Anda memang tidak bermasalah dengan tampilan Alexa Widget yang besar-besar itu. Ini akan menjadi pilihan masing masing, akalu saya sih lebih mempertimbangkan waktu load blog dengan memasang widget ini.

Menggunakan Jasa Pihak Ketiga bahkan Keempat

Ketika kita sudah lelah, maka alrtenatif paling masuk akal adalah memanggil ahli atau paranormal yang memang sudah ahli dibidangnya masing masing, Di perkara alexa ini, beberapa situs menyediakan jasa untuk meningkatkan peringkat Alexa. Menurut saya, pasti sebagian juga hanya browsing-browsing Web Anda tetapi dengan armada yang lebih besar. Oleh karena itu, Anda pasti bisa melihat peringkat Web Anda meningkat, tetapi sayangnya sampai di titik tertentu, biasanya akan berhenti (jika jumlah orang yang surfing tidak banyak). Menggunakan jasa pihak ketiga akan menjadi sebuahkesalahan besar jika ternyata cara yang mereka lakukan hanyalah browsing Web Anda sendiri diperparah biayanya yang mungkin sangat mahal. Oleh karena itu, cek terlebih dahulu sebelum memanfaatkan jasa pihak ketiga bersangkutan. Dan saya sarankan anda tidak memerlukan jasa pihak keempat ... xixixixi

Sekian ya mastah-mastah.. beberapa teknik dan cara-cara jitu di atas mungkin-mungkin saja untuk bisa menaikkan peringkat Alexa sebuah blog, tetapi faktanya hanya bisa mencapai titik tertentu. Menurut pengalaman saya ngeblogging tidak ada salahnya melakukan eksperimen untuk meningkatkan peringkat Alexa di blog kita. Hanya saja saran saya adalah kita harus berhati-hati karena bisa saja teknik yang kita terapkan malah merugikan di sisi lain, seperti Web menjadi tidak ramah mesin pencari bahkan juga tidak user friedly. Oh ya bila memang dengan menggunakan salah satu cara di atas, dan ternyata ada yang berhasil untuk meningkatkan peringkat Alexa, silahkan sharing pengalamannya dikotak komentar ya para mastah-mastah....

Baca Juga Artikel lainnya:

12 Tanggapan untuk "Beberapa Kesalahan Fatal Dalam Menaikkan Peringkat Alexa"

  1. kunjungan siang sob..nice share & happy blogging :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mas +aulia terimakasih kunjungannya :)

      Hapus
  2. pagi gan!!!!! bagus ni infonya gan!!!!!
    di tunggu di blog ane ya gan!!!!
    http://galerycatatan.blogspot.com/

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terima kasih. Saya akan usahakan sebisa mungkin

      Hapus
  3. Balasan
    1. Pagerank alexa adalah hal yang mungkin penting pada Blog dengan optimasi SEOterima kasih kunjungannya !

      Mari yang niat tukar link di Halaman Tukar Link Kami.

      sekali Terima kasih !!! _Salam BLOgger !!!

      Hapus
  4. terimakasih gan atas infonya salam kenal yah gan permisi numpang promonya yah rajalistrik.com, the biggest technical industrial online shop, menawarkan lebih dari 200.000 item produk dari kurang lebih 200 merek, baik lokal maupun global.http://rajalistrik.com/

    BalasHapus
  5. Komentar ini telah dihapus oleh administrator blog.

    BalasHapus
  6. nice info,
    mampir ya gan ,,,

    http://21filmcinema.com/

    BalasHapus
  7. Saya melakukan kesalahan dengan memasang alexa toolbar di laptop pribadi saya, padahal saya online dengan menggunakan modem. Sialnya saya tidak punya pengetahuan akan apa itu IP address. Dianggap autoreload-lah saya sehingga masuk sandbox. Pengalaman berharga dalam blogging. Terimakasih infonya, Mas.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Auto reload memang tidak efektif mas

      Hapus