Tutorial Instal Apache, PHP dan MySQL Pada Komputer Linux

Cara Instal Apache, PHP dan MySQL di Linux - Seperti yang saya janjikan minggu lalu bahwa setelah membahas cara instal Apache, PHP, MySQL di Windows maka kali ini kita akan mencoba untuk menginstal alat pengembangan ini pada sistem operasi berbeda. Artikel kali ini khusus ditunjukkan pada anda yang menggunakan Linux sebagai Sistem operasi komputer dalam belajar pemograman.


Dalam artikel ini kita akan belajar tutorial tentang:

  • Cara instal PHP 7.0 di OS LINUX
  • Cara Menginstal dan Aktifasi Apache,PHP,Mysql di Linux Ubuntu
  • Cara instalasi php dan Mysql tanpa menggunakan Xampp atau Wamp


Apache PHP MySQL di LINUX
Apache PHP MySQL di LINUX

Meskipun materi artikel yang akan dijelaskan ini akan kita praktekkan menggunakan Ubuntu 14.04, tapi saya pikir sama saja dengan cara pada ubuntu dengan versi yang lebih baru yakni V.15.04 dan V.15.10.
Nah pada tutorial ini, adapun metode proses instalasinya akan kita manfaatkan perintah apt-get instal yang dapat kita lakukan secara online. Jadi tentu saja koneksi internet akan diperlukan untuk dapat melakukan instalasi di linux kali ini. Kita juga akan sedikit bergeser langkah dimana pada tutorial sebelumnya dimulai dengan PHP lebih dulu, maka pada cara instalasi di Linux ini yang paling pertama kita instal adalah Apache, kemudian PHP lalu MySQL.

Instal Apache di Linux Ubuntu V.14.04

Dari sekian banyak pilihan software yang mungkin tersedia untuk dijadikan sebagai server HTTP pada OS Linux ini, Apache adalah pilihan terbaik saat ini oleh karena itu kita akan langsung melakukan praktek instalasinya tanpa bertele-tele. Berikut adalah cara - cara yang harus dilakukan untuk instal http server Apache di linux ubuntu:

  • Operasikan ( jalankan ) terminal atau dengan akses cepat CTRL + ALT + T
  • Kemudian tulis perintah berikut pada terminal : $ sudo apt-get install apache2
  • Lalu akan muncul pertanyaan, kemudian tekan tombol Y untuk melanjutkan proses instalasinya.
  • Nah sampai disini, Server HTTP Apache sudah dalam keadaan aktif artinya siap untuk melayani request dari setiap klien.

Bagaimana mengetahui bahwa instalasi sudah benar dan berhasil aktif? cukup mudah untuk memeriksa apakah apache sudah aktif, langsung saja buka peramban web ( web browser ) dan kemudian masukkan alamat http://localhost atau bisa juga dengan alamat http://127.0.0.1 kemudian klik Enter.
Tampilan jika Apache sudah terinstal dan aktif pada linux ubuntu
Tampilan jika Apache sudah terinstal dan aktif pada linux ubuntu

Instal PHP di Linux Ubuntu

Tentu saja saya tidak perlu menjabarkan lagi apa itu PHP pada anda semua, karna pendekatannya sudah penulis jelaskan pada artikel tutorial sebelumnya. Nah, Untuk meng-instal PHP di Linux, cara terbaik untuk diterapkan adalah kita dapat mengompilasi secara langsung kode sumber ( source code ) PHP itu sendiri dari awal. Walaupun demikian dalam tutorial instalasi php dilinux os kali ini kita tidak akan menggunakan cara manual seperti itu, melainkan dengan melakukan instalasi dari repositori. Karna kita menggunakan Versi PHP 7.0 maka repositorinya dapat diambil melalui repositori ppa:ondrej/php.

Baiklah saatnya kita memulai instalasi php di linux ini dengan menjalankan terminal seperti biasa ( CTRL + ALT + T ), Dan tuliskan perintah berikut ini pada terminal linux anda:

$ sudo apt-get instal python-software-properties $ sudo add-get-repository ppa:ondrej/php $ sudo apt-get update$ sudo apt-get install -y php7.0

Untuk memeriksa versi PHP, tuliskan php -v ke terminal linux. Kira-kira akan tampil seperti pada gambar dibawah ini:

php -v PHP 7.0.3-3+deb.sury.org~trusty+1  (cli) ( NTS ) Copyright (c) 1997-2017 The PHP GroupZend Engine v2.3.0, Copyright (c) 1998-2017 Zend Technologies     with Zend OPcache v7.0.6-dev, Copyright (c) 2007-2017, by Zend Technologies
Setelah itu ( PHP sudah terpasang ), kita dapat melakukan instalasi modul-modul yang diperlukan. Daftar modul dapat diperoleh dengan menuliskan perintah dibawah ini:
$ sudo  apt-chacesearch php7-*
Setelah itu kita dapat memilih modul-modul yang diperlukan dan selanjutnya memasangnya, contoh prakteknya adalah sebagai berikut:
$ sudo apt-get install php7.0-common php7.0-cli libapachace-mod-php7.0 php7.0-mysql php7.0-curl php7.0-json php7.0-cgi php-all-dev

Menguji konfigurasi Apache dan PHP di Linux Ubuntu

Nah seperti biasa, kita harus memastikan semua konfigurasi sudah benar dan tidak ada kesalahan. Untuk memeriksa kongurasi Apache dan PHP yang baru saja kita instal dan aktifkan di OS Linux, silahkan buat file baru dengan nama ujikonfigurasi.php didalam direktori /var/www/html. Simak petunjuk dan langkah berikut ini:

1. Buka dan Jalankan terminal linux ( CTRL+ALT+T )
2. Kemudian Aktifkan direktori direktori /var/www/html dengan menuliskan perintah : 
$ cd /var/www/html
3. Lalu buatlah file php baru, contohnya saja konfigurasi-php-linux.php menggunakan aplikasi text editor (baca juga: Editor HTML MacOS / MacBook) seperti gedit.
$ sudo gedit konfigurasi-php-linux.php
4. Isi / tuliskan kode dibawah ini pada file baru konfigurasi-php-linux.php .
<?php
phpinfo();
?>
5. Jika sudah, simpan file konfigurasi-php-linux.php
6. Buka peramban / web browser dan masukkan alamat http://localhost/konfigurasi-php-linux.php pada address bar dan Enter.


Instalasi MySQL di Linux Ubuntu

Ok... setelah Apache dan PHP sudah siap dinstal dan aktif, saatnya kita bersiap untuk meng-instal MySQL database di Linux Ubuntu. Tidak lain cara pertama yang harus kita lakukan adalah membuka terminal linux dan menjalankan perintah berikut ini:
$ sudo apt-get install mysql-server-5.5
Harap dicatat: Versi mysql bisa anda sesuaikan dan pilih sesuai kebutuhan anda masing-masing, misalnya anda menginginkan versi 5.6 maka ganti perintah pada terminal linux diatas dengan mysql-server 5.6.

Untuk menjalankan proses instalasi saat ditanya "Do you want to continue?" maka ketik "Y". Proses instalasi akan dimulai dan linux akan meminta password untuk Root. Masukkan Password, lalu klik tombol tab untuk mengaktifkan pilihan OK lalu Enter. Masukkan password Sekali lagi dan enter untuk mengakhiri instalasi mysql.

Jadi instalasi mysql di linux memang lebih sederhana, tapi masih banyak lagi yang perlu dipelajari pada artikel berikutnya tentang bagaimana menjalankan program mysql ini.

Sekianlah artikel tutorial singkat ini semoga dapat menjadi bahan pembelajaran bagi anda yang sedang belajar pemograman web di linux ubuntu. Bila mungkin anda pengguna windows, silahkan membaca cara instalasi apache,php dan mysql di windows. Ikuti terus update artikel tutorial disini dalam topik terkait dengan PHP dan MySQL... Semoga bermanfaat !!!

Baca Juga Artikel lainnya:

7 Tanggapan untuk "Tutorial Instal Apache, PHP dan MySQL Pada Komputer Linux"

  1. terima kasih kak atas info Tutorial Instal nya
    membantu.
    salam sukses

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terima kasih kembali mas Ibnu, semoga artikel tuorial ini bisa bermanfaat bagi pemula :)

      Hapus
  2. MUdah dipahami bahasa tulisannya, terima kasih gan... Salam kenal

    BalasHapus
    Balasan
    1. Masih belajar mas, terima kasih kembali semoga tutorial untuk cara instalasi apache dan php MySQL ini bisa diterapkan di linux ..

      Hapus
  3. mas kenapa di laptop saya tidak mau aktif apachenya jika saya install xampp versi 7. hanya bisa xampp versi 5

    BalasHapus
    Balasan
    1. Khusus untuk tutorial diatas ini, instalasi apachenya pada windows saja tanpa menggunakan xampp mas. Jadi cara manual saja lebih rekomendasi, sedangkan untuk penjelasan versi pada xampp bisa di dapatkan pada https://www.apachefriends.org/download.html.

      Hapus
  4. terima kasih kak sangat membantu informasinya

    BalasHapus