Apa Perbedaan Serta Persamaan HTML dan PHP?


Perbedaan HTML dan Persamaannya dengan PHP, Apakah ada? Artikel ini saya tulis untuk menjawab pertanyaan pemula yang sedang belajar html dan Pemograman PHP tentang 2 bahasa yang sangat penting dalam membangun sebuah situs web. Dengan tujuan utama dengan mengetahui lebih dalam mengenai perbandingan antara HTML dan PHP tersebut, akan menambah pemahaman kita semua. Yang jelas dan pasti adalah Bahasa markah dan pemograman ini sama-sama diperlukan ketika kita berbicara tentang pemograman web.

PHP dan HTM

Bahasa HTML vs Bahasa PHP

Tapi disini kita tidak sedang mengadu, untuk menemukan mana yang baik atau yang buruk, HTML vs PHP... dan lain sebagainya. Namun artikel ini hanyalah sedikit pendekatan saja untuk pemahaman tingkat lanjut bagi pemula yang masih terawang-awang. Oleh sebab itu, saya akan mencoba menulis dengan bahasa yang sederhana agar mudah dipahami. Baiklah, tidak perlu berbasa-basi lagi, langsung saja kita kupas dan temukan intinya Perbedaan PHP dan HTML.

Contoh Eksperimen Sederhana

Untuk mendapatkan jawaban yang tidak hanya sebuah teori, maka mempraktikkannya secara langsung tentu saja lebih memudahkan kita memahami apa perbedaan antara html dan php dengan tepat. Mari bereksperimen dengan contoh berikut ini.

1. File HTML dengan Script PHP

Buatlah sebuah file html baru, menggunakan text ataupun html editor yang biasa kita gunakan misalkan notepad plus-plus (notepad++). Sebagai contoh kita akan membuat file baru dengan nama "perbedaan.html" lalu berisikan dengan kode seperti dibawah ini:
<html>
<head>
<title>Apa Bedanya Html</title>
</head>
<body>
<p>Ini adalah contoh script php yang berada didalam file HTML: <?php echo 'Hallo saya adalah PHP'; ?></p>
</body>
</html>
Jangan lupa simpan file dengan ekstensi .HTML. Jika sudah maka kurang lebih jika kita mengaksesnya melalui browser maka akan tampil output seperti dibawah.

Output Kode HTML

2. File PHP berisi Kode HTML

Kemudian, buat juga berkas berekstensi PHP baru menggunakan text editor ataupun php editor yang biasa digunakan. Nah isilah file tersebut dengan contoh script php dibawah ini:
<?php
echo '<html>';
echo '<p>';
echo '<center>Hai PHP!';
echo 'Ini saya kode html<center>';
echo '</p>';
echo '</html>';
?>
Simpan script PHP tersebut sebagai file berekstensi .PHP. Lalu jalankan, kurang lebih maka akan menghasilkan sebagai berikut.
Output Script PHP
Catatan: Anda harus Menginstal Server dan PHP ( Instalasi PHP Windows / Instalasi PHP Linux Ibuntu ) terlebih dahulu untuk dapat menjalankan File php pada web browser komputer anda, Atau jika tidak mengupload file tersebut ke hosting dan mengeksekusinya. Bila kesulitan coba download dan install xampp pada komputer anda.

Kesimpulan

Setelah melakukan eksperimen seperti contoh diatas maka kita sudah mulai bisa membedakan antara bahasa markup HTML dan Script PHP dan menghasilkan beberapa teori tentang kode dan script ini.

HTML merupakan sebuah bahasa Markah yang berdiri sendiri atau bisa merupakan hasil dari pemrosesan data oleh script pemograman seperti PHP dalam contoh ini. Pada contoh diatas HTML akan ditampilkan sebagai output yang kemudian diterjemahkan oleh browser (peramban web) sebelum ditampilkan kepada pengguna. Bahkan tanpa berkolaborasi dengan pomograman seperti php, sebuah file html masih akan bisa dijalankan, ini yang kemudian kita sebut sebagai halaman web statis. 
Kode HTML dapat langsung dijalankan disisi klien yang diterjemahkan oleh web browser. HTML digunakan sebagai output sebuah halaman website, Baik itu adalah halaman web statis maupun halaman web dinamis dengan bantuan script pemograman seperti contoh PHP
Sedangkan Script PHP adalah sebuah Bahasa Pemrograman yang hanya dijalankan pada sisi server. Hasilnya pemrosesan dari kode-kode php ini kemudian menghasilkan output. Adapun output dimaksud dapat berupa text, kode html, json dan lain sebagainya. Bahasa pemrograman PHP adan sangat diperlukan dalam membangun halaman web yang dinamis yang bekerjasama dengan Kode HTML.

Jadi Jawabannya adalah "YA", jika Anda ditanya mengenai:
  • Apakah HTML Beda Dengan PHP? Jawab "Ya,Berbeda".
  • Apakah ada Persamaan PHP dan HTML? Jawab "Ya, 2 bahasa yang sama-sama diperlukan untuk membuat blog / website".
  • Apakah HTML dan PHP memiliki Hubungan? "Ya, untuk memproses data dan menampilkan situs web kepada pengguna, kedua bahasa ini bekerjasama dengan fungsi berbeda-beda".

Baca Juga Artikel lainnya:

2 Tanggapan untuk "Apa Perbedaan Serta Persamaan HTML dan PHP?"

  1. terimakasih informasinya.. sangat bermanfaat :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Semoga tulisan sederhana tentang perbandingan 2 bahasa diatas dapat mencerahkan pengetahuan kita mengenai apa bedanya php dan HTML sebagai bahasa pemrograman masa kini *)

      Hapus