Editor HTML Gratis Terbaik untuk Belajar Web di MacOS / MacBook

Editor HTML MacOS - Bagi seorang pengembang situs website termasuk saya dan anda sebagai pemula sekalipun tentu saja membutuhkan alat penyunting kode atau yang kita sebut sabagai editor HTML untuk menciptakan suatu rancangan web yang sederhana hingga canggih. Memang ada beberapa software editor html profesional dengan biaya berkualitas tinggi, namun disini kita tidak sedang membahas yang aplikasi editor mac berbayar, karna untuk sekedar belajar html, aplikasi editor gratis untuk macOS sudah lebih dari cukup.


Diulasan sebelumnya yang membahas tentang Software Pembuat website terbaik untuk Belajar Web Design maka kali ini kita akan membahas Software Editor Gratis untuk Mac, sebagai alternative Notepad++ ...

Sekali lagi harap dicatat bahwa Editor gratisan tidak berarti kualitasnya rendah dan diragukan atau kurang baik. Editor HTML untuk MacOS terbaik dibawah ini tersedia sebagai versi evaluasi gratis secara permanen. Sehingga anda bisa "mencobanya" selama yang Anda mau. Jikalau editor itu cocok untuk Anda, sebaiknya Anda bersikap pro untuk kemudian membeli lisensinya. Di bawah ini, kami menyajikan pilihan editor HTML gratis terbaik untuk macOS yang bisa digunakan untuk menyunting kode-kode menggunakan perangkat macbook Apple OS. Ini bisa jadi pengganti atau alternative Notepad++ (notepad plus plus) yang tidak tersedia untuk dinstalasi di OS MAC.

CotEditor Mac OS X

CotEditor Mac OS X
CotEditor untuk MacBook

  • Hanya untuk macos - CotEditor dibuat khusus untuk macos. Ini terlihat dan berperilaku seperti aplikasi macOS seharusnya. 
  • Peluncuran cepat - CotEditor diluncurkan dengan sangat cepat sehingga Anda dapat segera menulis teks Anda saat Anda menginginkannya. 
  • Open Source - CotEditor dikembangkan sebagai proyek open-source yang memungkinkan setiap orang untuk berkontribusi.

CotEditor adalah alat pengembang baru dan segar untuk semua orang yang tidak memerlukan editornya setiap hari dan hanya menginginkan editor yang baik dengan penyorotan sintaksis. Anda dapat mempertimbangkan untuk beralih ke CotEditor dari Notepad ++ untuk OS X. Selain penyelesaian kode yang layak, fungsi search dan replace yang bagus, tampilan split untuk mempartisi jendela editor di beberapa bidang, penyisipan sintaks yang baik untuk 40 bahasa pemrograman dan hadir Dengan delapan tema. Untuk editor sederhana MacBook, Anda dapat menyesuaikan aplikasi lebih dari yang Anda duga, dan menurut saya Editor HTML ini bisa jadi unggulan dan terbaik.

Fitur dari Editor ini:
  1. Syntax Highlighting yang Lengkap - Ada lebih dari 50 bahasa utama yang didukung oleh kode editor ini seperti HTML, PHP, Python, Ruby atau Markdown, dan lain lain.
  2. Pencarian kode & Replace -  Super cepat untuk mencari dan mengganti menggunakan mesin regular expression ICU. 
  3. Pengaturan yang mudah - Tidak ada file konfigurasi yang rumit yang membutuhkan pengetahuan expert. Anda dapat mengakses semua pengaturan, termasuk definisi dan tema sintaks dari jendela preferensi standar. 
  4. Backup Otomatis - Tidak perlu takut akan kehilangan data yang belum disimpan. CotEditor ini mencadangkan dokumen anda secara otomatis saat mengedit. 
  5. Menu Outline - Ekstrak baris tertentu dengan sintaks yang telah ditentukan, dan Anda dapat melompat ke baris yang sesuai. 
  6. Split Editor - Membagi sebuah jendela menjadi beberapa panel untuk melihat berbagai bagian dokumen Anda secara bersamaan. 
  7. Character Inspector -  Periksa data karakter Unicode dari setiap karakter yang dipilih di dokumen Anda dan tampilkan di pop over. 
  8. Scriptable - Buat makro sendiri dalam bahasa favorit Anda, apakah itu Python, Ruby, Perl, PHP, UNIX shell, AppleScript atau JavaScript. 
Penasaran bagaimana editor kode ini bekerja? silahkan kunjungi coteditor.com untuk mendownload software gratis ini sekarang juga !

Bracket - Editor kode HTML untuk MAC

Bracket - Editor kode HTML untuk MAC
Bracket - Editor kode HTML untuk MAC

Bracket adalah software editor MacOs open source yang modern dengan beberapa fitur yang sangat menarik dan juga pro pengembang. Bracket memadukan alat visual ke dalam editor sehingga Anda mendapatkan bantuan yang tepat bila Anda menginginkannya tanpa menghalangi proses kreatif Anda. Anda akan senang menulis kode html di macbook dengan bracket ini. Misalnya, bila digunakan dalam kombinasi dengan Adobe Creative Cloud Extract, ia dapat membaca data desain seperti warna, jenis, riwayat dll langsung dari file PSD dan mengubahnya menjadi kode CSS yang minimalis dan benar. Demikian juga, Anda dapat mengekstrak lapisannya sebagai gambar, menggunakan informasi dari PSD sebagai variabel dalam preprocessor, dan dengan mudah menentukan jarak dan proporsi elemen, menariknya adalah semuanya itu dapat dilakukan tanpa keluar dari editor. Sebagai catatan bahwa menggunakan Adobe Creative Cloud memerlukan langganan berbayar.

Dukungan penuh dari Preprocessors juga menjadi pertimbangan penting untuk menjadikan editor ini adalah penyunting terbaik di MacOs. Dengan Bracket, Anda bisa menggunakan "edit cepat" dan "live preview" saat bekerja dengan Bracket dan juga file SCSS, yang membuat proses kerja menjadi lebih mudah. Software ini cocok untuk pemula bahkan editor ini bisa menjawab kebutuhan seorang profesional.

Untuk mendownload dan menggunakannya secara gratis di perangkat MacBook anda, Kunjungi Bracket.io.

Google Web Designer

Google Web Designer - Editor HTML5
Google Web Designer - Editor HTML5

Google? Ya, Google !!!

Google Web Designer memberikan Anda kemampuan untuk membuat konten HTML5 yang indah dan menarik. Gunakan elemen animasi dan interaktif untuk menghadirkan visi kreatif Anda terhadap kehidupan melalui pengembangan yang kreatif, dan nikmati integrasi dengan produk Google lainnya, seperti Google Drive, DoubleClick Studio, dan AdWords.

Ternyata Google yang terkenal dengan mesin pencari raksasanya juga menyediakan alat untuk pengembang dan web designer. Hanya saja Google Web Designer ini bekerja lebih mirip dengan Adobe Dreamweaver. Jadi bisa dibilang jika Ini bukanlah editor HTML murni, namun gabungan WYSIWYG (Apa yang Anda lihat adalah apa yang Anda dapatkan) dengan editor teks. Anda dapat bekerja dengan kedua antarmuka yaitu antarmuka grafis dan tampilan kode.

Menurut saya Google Web Designer selalu menghasilkan kode HTML5 dan CSS3 yang benar dari antarmuka grafis. Apakah itu benar? tentu saja benar.

Tanpa pengujian menyeluruh, tidak banyak yang bisa dikatakan tentang editor ini. Bahkan informasi di situs editor agak jarang, yang mungkin sampai pada kenyataan bahwa ia masih dalam tahap beta-nya. Namun, konsepnya menarik bukan? Untuk mencoba silahkan dapatkan informasi dan download di www.google.com/webdesigner.

Yang terbaik untuk MacOs...

Nah beberapa referensi diatas hanyalah sebagian kecil dari software editor HTML yang bisa digunakan di Macbook yang bersistem operasi Mac Os. Urutan referensi diatas bukan berdasarkan urutan terbaik. Jadi mana yang terbaik? yang terbaik hanya bisa ditentukan dengan pengalaman saat menggunakan masing masing editor ini. Jika saya ditanya editor mana yang saya gunakan di macbook saya saat ini maka jawabnya adalah Bracket. Bagaimana dengan Anda? ini tentu akan sesuai dengan kebutuhan anda masing masing. Jadi saya sarankan anda patut mencoba salah satu referensi software editor diatas, yang gratis dan populer.

Baca Juga Artikel lainnya:

4 Tanggapan untuk " Editor HTML Gratis Terbaik untuk Belajar Web di MacOS / MacBook"

  1. Mas kalau wrangler apakah aman ya mas... aku pakai di maccbok air?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ya editor Html wrangler juga bagus, saya suka menggunakannya terlebih ada ftp connect ke server

      Hapus
  2. sepertinya harus update dulu deh punyaku, soalnya gak kompatibel...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Silahkan gan untuk di update mac Os nya biar bisa mudah untuk salah satu Editor HTML Gratis Terbaik diatas :D

      Hapus