Mengenal Definisi dan Fungsi PHP sebagai Bahasa Pemrograman Web

Apa itu PHP ? Mengapa saya menulis ini adalah sebagai pelengkap dari tulisan dan tutorial yang membahas tentang PHP, siapa tahu aja pembaca merupakan pemula dan sedang mencari informasi untuk bisa lebih mengenal apa itu PHP dan fungsinya sebagai Bahasa Pemograman Web masa kini.
LOGO PHP.NET

Defenisi dan Pengertian PHP (Hypertext Preprocessor)

Sejarah PHP dimulai pada tahun 1995 dimana bahasa pemograman web ini pertama kali dirancang oleh Rasmus Lerdorf dan pada awalnya PHP merupakan kependekan dari Personal Home Page (atau Situs personal). Adapun wujud PHP dimasa itu masih berupa sekumpulan skrip yang digunakan untuk mengolah data formulir dari web yang disebut sebagai Form Interpreted (FI)

PHP: Hypertext Preprocessor atau disingkat PHP adalah bahasa pemrograman script server-side yang pada hakikatnya dirancang untuk tujuan pengembangan pada web. Mengapa? karna PHP diproses pada komputer server. Jika kita belihat pada bahasa pemograman lain, misalkan JS (JavaScript) maka akan terlihat sangat berbeda dimana kode pada pemograman ini diproses oleh peramban web pengguna saja ( tidak pada Server). Dan selain itu Script PHP ini juga bisa digunakan sebagai bahasa pemrograman di khalayak umum.

Pada tahun - tahun berikutnya, PHP telah menjadi menjadi bahasa pemrograman web yang kuat dan tidak hanya digunakan untuk membuat halaman web sederhana seperti terdahulu, hingga saat ini php terus berkembangan dan menjadi sangat populer sebagai bahasa pemrograman web. Misalnya saja yang tekenal saat ini yaitu Facebook, perpustakaan wikipedia, Cms wordpress, Cms joomla adalah dibuat menggunakan PHP.

Mengapa PHP diunggulkan?

PHP itu Gratis dan Bisa digunakan oleh siapapun karna berlabel Open Source. Karna PHP telah dirilis dalam lisensi PHP License yang tentunya memang berbeda dengan lisensi GNU General Public License (GPL) yang biasanya digunakan untuk proyek Open Source.

Kemudahan Bahasa pemrograman PHP yang saat ini menjadi popularitas telah menjadi standar bagi programmer web di seluruh dunia. Disebutkan oleh WIKIPEDIA bahwa pada bulan februari 2014 ada sekitar 82% dari web server yang tersebar didunia menggunakan bahasa pemrograman tersebut. Ini bisa kita saksikan saat ini dimana ada banyak program web yang dirancang dengan PHP. Contoh paling dekat adalah CMS (Content Management System) yang saat ini sedang hits yaitu Worpress.ORG.

Pentingnya PHP Sebagai Bahasa pemrograman web masa kini didalam dunia perkembangan Teknologi Informasi dapat dibuktikan Berdasarkan analisa Mesin Pencari raksasa google pada bulan September tahun 2015 yang menyebutkan bahwa script PHP menjadi Runner up setelah bahasa pemrograman Java.

Perkembangan PHP dan Bahasa Pemrograman Lainnya
Perkembangan PHP dan Bahasa Pemrograman Lainnya

Karena kemudahan yang ditawarkan PHp, saat ini banyak sistem informasi berbasis web yang dirancang dengan PHP sebagai bahasa pemrograman dasar untuk membuat website dengan konten dinamis. Dari pendapat yang sering terungkap bahwa bahasa program PHP ini merupakan bahasa scripting yang paling mudah karena referensi yang mudah ditemukan dan banyak tersebar di internet. Apalagi yang menariknya adalah PHP bersifat open source. Dalam penggunaan bahasa pemrograman ini produk Database yang menjadi sering digunakan bersama adalah MySQL yang kemudian dijalankan bersama webserver Apache.

Apa kelebihan php jika dibandingakn dengan Bahasa pemrograman lainnya? Sekilas tentang kelebihan Bahasa pemrograman PHP dapat dijelaskan dibawah ini, merupakan pendapat terbuka dari pengalaman teman teman programer yang pernah saya tanyakan.

  • PHP itu Open Source yang dapat kita instal dan gunakan pada berbagai sistem operasi komputer misalnya Linux, Unix, Macintosh, bahkan Windows.
  • Didukukung Web Server yang populer termasuk apache, IIS, Lighttpd, hingga Xitami dengan sangat mudah untuk dikonfigurasi.
  • PHP Sebagai bahasa pemrograman yang tidak melakukan sebuah kompilasi dalam penggunaannya.
  • PHP Kaya Akan Referensi, Bahasa pemrograman web yang paling mudah dipelajari oleh pemula sekalipun, ini karena PHP memiliki referensi yang banyak baik diforum-forum maupun buku-buku.
  • Komunitas Yang hidup - Sebagai proyek Open Source akan ada developer yang siap membantu dalam pengembangan bahasa pemrograman PHP

Instalasi PHP pada Windows dan Linux Ubuntu

Untuk penerapan PHP dalam berbagai sistem operasi komputer, kita dapat mendowload dan melakukan instalasi secara bebas. Saya menyarankan anda mendownload di situs resmi dari php di http://php.net/manual/en/install.php sedangkan Berikut adalah artikel terkait sebagai referensi untuk konfigurasinya:



Contoh Penerapan PHP dalam Pemrograman Web

Terkait dengan hal bahasa pemrograman web atau website, PHP untuk mengolah data tidak terlepas dari dukungan dari bahasa pemrograman lainnya seperti script HTML, CSS, dan Javascript. Dengan kombinasi diantranya akan membuat sebuah web yang lebih menarik dan interaktif.

Skema pada penerapan php sebagai bahasa pemrograman
Skema pada penerapan php sebagai bahasa pemrograman

Mengolah data adalah peranan yang sangat penting dari PHP dalam penerepannya pada pemrograman web. Untuk mengenal bagaimana penerapannya, berikut adalah contoh yang mungkin akan mendekatkan kita untuk lebih memahaminya:
Pengguna (Website User) mengakses website dengan URL khusus yang kemudian browser mengirimkan permintaan HTTP request kepada Server web dengan membawa rpermintaan data. Kemudian, sebelum ditampilkan kepengguna, data yang dimaksud akan di proses terlebih dahulu oleh PHP untuk melakukan suatu perintah CRUD terhadap database server lalu sebagai bentuk jawaban dari server. Selanjutnya server kembali mengirimkan data yang di minta kepada web user untuk kemudian di tampilkan ke browser (peramban web).

Apa yang dapat dilakukan dengan PHP ?

Nah dalam contoh yang sangat sederhana kita dapat menjelaskan apa saja yang bisa dilakukan dengan bahasa PHP dalam hubungan antara Server Web, Website, Data dan Pengguna:

  • PHP mengelola File - Membuat (Create), membuka (Open), membaca (Read), menulis (Write), menghapus (Delete), serta menutup file (Closed) pada web server.
  • PHP Mengolah Data - Mengumpulkan Data formulir
  • PHP Mengelola Database - Menambah, menghapus, memodifikasi data dalam database Anda
  • PHP Mengontrol User - Mengontrol Akses Pengguna
  • PHP Mengelola Cookies - Mengirim dan menerima cookies
  • PHP Mengenkripsi data

Hubungan PHP dengan HTML, CSS, JavaScript

Seperti dijelaskan diatas bahwa dalam hal penerapan PHP sebagai bahasa pemrograman berkombinasi dengan bahasa pemrogaman lainnya seperti bahasa HTML, JavaScript dan lain sebainya.

Membuat File.PHP - Apa itu PHP file? Kode atau script PHP dijalankan pada server web, dan hasilnya dikembalikan ke peramban pengguna (browser) dalam berbagai output misalnya adalah HTML yang pada umumnya paling sering diaplikasikan. Setiap File atau berkas dari PHP ini ber-ekstensi ".php". Misalnya: Index.php, Home.php, Conto.php, atau halaman.php.

Jika anda menemukan berkas diserver dengan ekstensi seperti diatas maka file tersebut merukan script PHP. Sedangkan cara isi dari file php dapat dicontohkan dibawah ini.

Buat sebuah file dangan nama contoh-skrip.php atau contoh-halaman php dan sebagai isinya tuliskan kode berikut:
<?php
echo "Apa itu PHP?";
echo "inilah adalah contoh halaman yang di buat dengan bahasa pemograman php";
?>
Nah dari contoh diatas jelas bahwa setiap kode dari php diawali dengan sintaks <?php dan diakhiri dengan sintaks ?> sebagai penutup scriptnya. Yang artinya adalah PHP hanya akan mengeksekusi kode yang ditulis dalam pembatas sebagaimana ditentukan oleh dasar sintaks PHP itu sendiri. Sehingga jika ada kode yang ditulis di luar pembatas sintaks tersebut, maka tidak akan diproses. Tujuan utama dari pembatasan ini tidak lain adalah untuk memisahkannya dari perintah kode lainnya yang mungkin berkombinasin dalam satu file yang sama, misalnya saja HTML.


PHP, HTML, CSS dan Javascript

Nah dengan demikian bahwa sebuah file php dapat berisikan banyak bahasa program yang dapat kita kombinasikan untuk membangun sebuah halaman dan begitupun sebaliknya. Seperti yang paling umum digunakan sebagai output standar dari script php adalah HTML. Dengan catatan untuk tidak melupakan sintaks pembuka dan penutup dari php beserta kode lainnya yang memiliki sintaks masing-masing. Dibawah ini adalah beberapa contoh untuk membantu kita memahami bagaimana kombinasi yang dimaksudkan:

Contoh Scrip PHP yang Berisi Kode HTML, Buatlah sebuah file dengan nama html-dalam-php.php dan dengan berisi kode dibawah ini:


<?php
// Contoh file php yang berisi HTML
echo '<html>';
echo '<body>';
echo '<center>';
echo 'Hallo semua, ini adalah contoh halaman php dengan output HTML';
echo '<center>';
echo '</body>';
echo '</html>';
?>

Contoh File HTML yang Berisi Kode PHP, buatlah sebuah file misalnya bernama index.html atau contoh-php.html dan isi dengan kode dibawah ini:

<html>
<body>
<h1>Apa itu PHP?</h1>
<h2>PHP adalah bahasa pemrograman website</h2>
<?php
echo "Defenisi php adalah...";
?>
</body>
</html>

Referensi lain tentang PHP

Bila anda masih sulit memahami ada banyak sumber referensi tersedia secara online baik itu mengenai fungsi, pengertian maupun definisi yang benar. Sumber dan Referensi terkait dengan Apa itu PHP dan Pengenalan PHP sebagai bahasa pemograman web :
  • Situs resmi pengembang dan kominitas PHP di http://php.net
  • Perpustakaan online di https://id.wikipedia.org/wiki/PHP

Demikianlah informasi sekilas mengenai PHP sebagai Bahasa Pemrograman Web, dimana artikel ini membawa kita untuk lebih mengenal apa itu php beserta contoh sederhana terhadap penerapan-penerapan dan hubungannya dengan bahasa pemograman lain.

Baca Juga Artikel lainnya:

8 Tanggapan untuk "Mengenal Definisi dan Fungsi PHP sebagai Bahasa Pemrograman Web"

  1. Sudaah beberapa kali baca seputar PHP masih ga ngerti juga, mungkin bukan basic ku kali ya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Artikel ini hanya tentang sekilas apa itu PHP beserta definisinya dan juga fungsi dasar saja. Tidak susah untuk memahami, saya sarankan untuk berfokus pada materi-materi php dari dasar agar tidak membingungkan.

      Hapus
  2. Ada tantangan tersendiri belajar PHP, tapi lebih suka belajar PHP pakai CI :-)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ya tantangan dalam pembeljaran selalu ada bro. Oh ya untuk CI adalah sebuah framwork yang katanya sangat memudahkan dalam merancang aplikasi php. tapi tetap saja sebaiknya belajar dari awal / dasar php untuk menunuju ke framework seperi CI

      Hapus
  3. maap nih mas, artikelnya menurut saya kepanjaangaaan . jadi pusing , atau mungkin saya aja ya hehe

    BalasHapus
  4. Essen Ikan Mas Barracuda14 Juni 2019 10.39

    Terimakasih info dan pengetahuannya,.

    BalasHapus