Panduan Lengkap Instalasi PHP, Apache, MySQL di Windows

Panduan (Tutorial) Lengkap Instalasi PHP, Apache, MySQL di Windows - Hari ini kita akan belajar tutorial instal aplikasi pendukung pemograman PHP dan HTML, yaitu cara melakukan instalasi software yang diperlukan untuk mempelajari pemrograman web menggunakan PHP di perangkat Window baik itu win 7 hingga win 10 . Jika Anda menggunakan sistem operasi Linux (Ubuntu), silahkan membaca artikel selanjutnya yang akan segera di update, di halaman Instal Apache, dan MySQL di Linux Ubuntu.


Satu hal yang menjadi tantangan bagi pemula adalah kita akan men-download dan konfigurasi secara manual di komputer bersistem operasi windows tanpa menggunakan pihak ketiga seperti XAMPP atau LAMPP. Sehingga web server lokal kita dapat digunakan untuk keperluan belajar ataupun pengembangan aplikasi yang akan diciptakan.


Web Server Apache dengan PHP dan MySQL
Web Server Apache dengan PHP dan MySQL Diwindows
Dalam artikel ini kita akan belajar tutorial tentang:
  • Cara instal PHP 7 di Windows
  • Cara Menginstal dan Aktifasi Apache,PHP,Mysql di windows
  • Cara instalasi php tanpa menggunakan xampp
  • Link Download Apache,PHP dan Mysql

Perlu Anda ketahui bahwa PHP, Apache, dan MySQL merupakan tiga software yang berbeda dan tidak saling berkaitan serta dikembangkan oleh vendor yang berbeda. Diperlukan suatu konfigurasi tertentu untuk menjadikan ketiga software tersebut dapat berkomunikasi dan bekerja dengan benar.


Fungsi dari Software PHP, Apache, dan MySQL 

Untuk mempelajari pemrograman web, kita memerlukan komputer yang berperan sebagai server dan komputer yang berperan sebagai klien Aplikasi-aplikasi web yang ditulis menggunakan bahasa pemrograman tertentu (bukan hanya PHP) harus disimpan di dalam komputer server. Pengunjung web (user) akan meminta file-file tersebut melalui software web browser yang terpasang di komputer klien tersebut.

Agar suatu komputer dapat diperankan sebagai komputer server, komputer tersebut harus dipasang software HTTP server, atau yang dikenal juga dengan sebutan software web server'. HTTP server bertugas melayani permintaan-permintaan URL yang dikirim oleh komputer klien, memproses permintaan tersebut (dengan bantuan software lain), dan kemudian meresponnya kembali ke komputer klien. Jika aplikasi web yang dibuat melibatkan penyimpanan data di dalam database, maka komputer server tersebut juga harus memiliki software server database.

Terdapat beberapa software yang dapat digunakan sebagai HTTP server, Misalnya yang populer Apache HTTP Server (sering disebut singkat: Apache), LightTPD dan nginx dibaca: Engine X). Demikian juga dengan software database server, kita dapat menggunakan MySQL, PostgreSQL, Oracle, dan sebagainya. Pada Tutorial ini, kita akan menggunakan Apache sebagai software HTTP server dan MySQL sebagai database server.

Ketika permintaan yang dilakukan oleh klien berjenis Apache akan meminta bantuan ke interpreter PHP untuk menerjemahkan kode-kode yang terdapat di dalam file tersebut menjadi kode HTML. Inilah peran dari software PHP Jika Anda ingin bekerja dengan satu komputer, maka komputer tersebut harus dapat diperankan sebagai komputer server sekaligus sebagai komputer klien. karena itu, semua software yang diperlukan (PHP dan MySQL untuk server serta web browser untuk klien) harus dipasang di satu komputer tersebut.

Download Software PHP, Apache, dan MysQL Untuk Windows

Untuk mendapatkan Software PHP, Apache, dan MySQL for windows terbaru dapat di download dari alamat- alamat web berikut:
Saat artikel ini ditulis, versi PHP terbaru adalah 7.0. Pada artikel ini, kita akan menggunakan PHP 7.0, Apache 2.4, dan MysQL 5.0

Software Pendukung yang Diperlukan pada Windows anda

Khusus untuk sitem operasi berbasi windows ini yaitu untuk keperluan penulisan kode program, kita akan memerlukan software Text Editor ( baca juga --> Editor HTML Gratis Terbaik untuk Belajar Web di MacOS / MacBook dan rekomendasi software untuk belajar web ). Software Text Editor yang digunakan bisa berupa apa saja, Notepad, Notepad++, Sci TE, dan sebagainya. Saat ini, sudah banyak beredar IDE (Integrated Development Environment) untuk PHP yang dapat Anda pilih dan unduh (download) dari internet.

Instalasi Visual C++ 2015 Redistributable PHP 7.o dan Apache 2.4.18 versi Windows dikompilasi menggunakan Visual C++ 2015. Oleh karena itu, sebelum kita melakukan instalasi PHP dan Apache, kita perlu melakukan instalasi Visual C++ 2015 Redistributable terlebih dahulu. Visual C++ 2015 Redistributable adalah komponen runtime dari pustaka Visual C++ yang dibutuhkan untuk menjalankan aplikasi-aplikasi yang dikembangkan menggunakan Visual C++ 2015 di dalam komputer yang tidak terpasang Visual C++ 2015. Jika Anda sebelumnya telah memasang Visual Studio 2015, maka Anda tidak perlu memasang software Visual C++ 2015 Redistributable.
Untuk melakukan instalasi Visual C++ 2015 Redistributable, silahkan Anda jalankan file vc 2015 redist. x86. exe.


Instal dan Konfigurasi Apache + PHP Windows

Nah langsung saja, setelah software telah didapatkan dari link download diatas, sekarang kita akan belajar mempersiapkan apache dan PHP telebih dahulu, sedangkan instalasi MySQL akan kita bahas diakhir.

Cara Instal PHP di Windows

Setelah Visual C++ 2015 terpasang di komputer, Anda dapat melanjutkan pekerjaan dengan memasang (instal) software PHP (Apa itu PHP?) dengan cara dibawah ini:

  1. Buat direktori (folder) baru dengan nama PHP70 di dalam drive C.
  2. Ektrak file php-7.0.0-Win32-vc14-x86.zip, lalu salin (copy) atau pindahkan semua file hasil ekstraksi ke direktori c:\PHP70.
  3. Ubah nama file php.ini-development di dalam direktori c:\PHP70 menjadi php.ini.
  4. Buka file php.ini menggunakan aplikasi Text Editor (misalnya: Notepad)
  5. Hilangkan tanda titik koma di depan teks extension_dir yang terdapat di dalam php.ini dan isi nilainya dengan "c:/PHP70/ext".
  6. Simpan perubahan yang telah Anda lakukan terhadap file php.ini. 

Instalasi Apache di Windows

Selanjutnya untuk menginstal Apache di windows dapat dilakukan menggunakan langkah-langkah berikut:

  • Ekstrak file httpd-2.4.18-win32-vo14.zip, lalu salin (copy) direktori Apache24 ke drive C.
  • Buka file c:\Apache24\conf\httpd.conf, lalu isikan teks berikut di bagian paling akhir file:
LoadModule php7_module "C: /PHP70/php7apache2_4.dll"
AddHandler application/x-httpd-php.php
#konfigurasi path untuk php.ini
PHPIniDir "C:\PHP70"
  • Tambahkan juga index.php pada bagian DirectoryIndex, seperti:
#
# DirectoryIndex: sets the file that apache will serve if a directory
#is requsted.
#
<IfModule dir_module>
DirectoryIndex index.php indeh.html
</IfModule>

Membuat dan Memulai Service Apache di Windows

Agar HTTP Server bisa dijalankan pada os windows, kita perlu membuat service untuk software Apache dengan cara berikut:

1.Jalankan program Command Prompt dengan Hak Administrator ( Run as Administrator ). Program Command Prompt dapat dijalankan dengan mengetikkan teks "CMD" (tanpa tanda kutip) kedalam kotak search di windows anda.

2.Aktifkan direktori C:\Apache24\bin dengan mengetikkan perintah berikut:
cd/cd Apache24 \bin
3.Ketikkan perintah berikut untuk membuat services Apache didalam sistem operasi windows.
httpd - k install
Untuk mengaktifkan Apache:

  1. Control Panel > Administrative Tools > Services.
  2. Cari dan klik kanan pada apache24, lalu pilih START. 
  3. Pastikan anda mendapatkan status "STARTED" ketika menjalankan services tersebut.


Uji Konfigurasi Apache, PHP dan Mysql, Apakah sudah terinstal dengan benar?

Untuk memeriksa apakah apache sudah dapat melayani permintaan URL atau malah terjadi trouble, sebaiknya jalankan pemeriksaan. Buka aplikasi browser misalnya internet explore atau google chrome dan ketikkan alamat berikut kotak alamat situs dan coba untuk mengaksesnya: http://localhost atau http://127.0.0.1

Sedangkan untuk menguji dan memeriksa apakah apache sudah dapat melayani permintaan file .php atau belum, sekaligus memeriksa apakah instalasi PHP sudah benar. Silahkan buat sebuah file baru dengan nama uji.php, lalu simpan didalam direktori c:\Apache24\htdocs. Isikan kode berikut dalam file php yang anda buat:
<?php
phpinfo();
?>
Jika benar konfigurasi adalah sukses maka seharusnya jika mengakses alamat http://localhost/uji.php maka akan menampikan halaman tentang informasi versi PHP yang sedang kita gunakan.



Instalasi MySQL di Windows

Baik, kini setelah Apache + PHP sudah terisntal dengan benar maka sekarang adalah untuk mengkonfigurasi database untuk penyimpanan data di web server yang akan kita guanakan secara lokal dikomputer windows.


Cara instal MySQL di Windows

Software MySQL digunakan utnuk menyimpan data yang diperlukanoleh aplikasi. Anda akan mempelajari materi tentang akses database pada artikel mendatang dibagian lain blog ini. Sedangkan kali ini kita akan membahas tentang proses instalasi dan konfigurasinya saja.

Berikut adalah tutorial langkah-langkah atau cara untuk melakukan instalasi dan konfigurasi MySQL.

1. Jalankan file MySQL yang telah kita download sebelumnya "mysql-essential-5.0.24a-win32.msi" ( Nama file bisa berbeda tergantung versi yang anda download ).

2. Akan muncul dialog box penginstalan pertama seperti gambar di bawah ini. Silahkan centang "I accept the license terms". Lanjutkan dengan mengklik tombol Next untuk melanjutkan proses instalasi.

MySQL installer
Instalasi PHP, Apache dan MySQL di OS Windows


3. Pada dialog box Setup pertama, Akan terdapat pilihan pilihan, antara lain:

  • Developer Default -Apabila Anda memilih pilihan ini, maka MySQL akan menginstal aplikasi MySQL yang dibutuhkan untuk development.
  • Server only -Pilihlah pilihan ini jika Anda ingin menginstal aplikasi MySQL untuk server.
  • Client only -Pilihlah pilihan ini jika Anda ingin menginstal aplikasi MySQL untuk client.
  • Full -Apabila Anda ingin memilih seluruh aplikasi MySQL, maka pilihlah pilihan ini.
  • Custom -Pilihan ini berguna apabila Anda ingin memilih sendiri aplikasi MySQL yang akan diinstal.

Pilihlah pilihan Custom, kemudian klik tombol Next.

4. Pada dialog box Select Products and Features, silahkan klik tanda tambah (+) di samping kiri teks MySQL Servers. Kemudian klik tanda tambah (+) lagi di samping kiri teks MySQL Server. Untuk untuk melebarkan pilihan yang diciutkan.
Catatan: Jika anda menggunakan windows 64-bit, pilihlah MySQL Server 5.7.10 – X64. dan jika anda menggunakan windows 32-bit pilih MySQL Server 5.7.10 – X86. Dan karna penulis sendiri menggunakan Windows 7  yang 32-bit maka pada artikel ini akan memilih MySQL Server 5.7.10 – X86. 

  • Kemudian klik tombol panah kanan yang bewarna hijau. Pada Products/Features To Be Installed, silahkan klik MySQL Server 5.7.10 – X86
  • Kemudian klik Advanced Options.
  • Pada kolom Install Directory isi dengan C:\MySQL 5.7
  • Pada kolom Data Directory isikan C:\MySQL 5.7\Data
  • Selanjutnya, klik tombol OK. Selanjutnya klik pada tombol Next.

5. Akan tampil dialog box Installation, silahkan klik tombol Execute untuk memulai proses pada komputer anda. Kemudian klik tombol Next.

6. Di layar dialog box Product Configuration klik tombol Next.

7. Pada dialog box Type and Networking, biarkan saja pada isian default nya. Kemudian klik tombol Next untuk melanjutkan.

8. Tahap selanjutnya akan ada dialog box Accounts and Roles, silahkan masukan password. Yang mana password ini dibuat untuk user root. User root adalah user tertinggi di dalam MySQL atau biasa disebut juga superuser. Kemudian klik tombol Next.

9. Pada dialog box Windows Service, biarkan saja pada isian default nya. Kemudian klik tombol Next.

10. Selanjutnya akan ada tampilan dialog box Apply Server Configuration, silahkan klik tombol Execute. Jika tidak ada masalah, klik tombol Finish.

11. Untuk menyelesaikan konfigurasi, Pada dialog box Product Configuration, silahkan klik tombol Next. Pada dialog box Installation Complete, silahkan klik tombol Finish.

Instalasi MySQL di Windows selesai

Nah sampai disini langkah Instalasi MySQL telah selesai. Dan seperti biasa kita perlu memastikan apakah MySQL telah teristal dengan benar dan biasa digunakan semestinya. Praktikkan cara berikut untuk mengetest mysql yang telah diinstal di komputer windows.


  • Pada komputer anda Klik Start Menu > All Programs > MySQL > MySQL Server 5.7 > MySQL 5.7 Command Line Client
  • Silahkan masukan password user yang telah kita buat sebelumnya, yaitu password user root. Apabila password yang dimasukan valid dan tidak ada masalah, maka tampilannya seperti gambar di bawah ini.


Hasil Cek Instal MySQL Windows
Hasil Cek Instal MySQL di Windows

Demikianlah panduan untuk instalasi apache disertai PHP dan MySQL pada sistem operasi berbasis Windows, semoga dapat bermanfaat bagi pembaca yang sedang belajar dasar pemograman web. Kita akan kembali menjelaskan lanjutannya pada artikel berikut di blog ini. Oh ya, bagi yang menggunakan sistem operasi selain windows, bisa membaca artikel berikutnya tentang Bagaimana instal PHP dan Mysql pada sistem operasi Linux. Semoga bermanfaat !!!

Baca Juga Artikel lainnya:

8 Tanggapan untuk "Panduan Lengkap Instalasi PHP, Apache, MySQL di Windows"

  1. Cara instal php untuk pemula sangat muda. Info yg sangat membantu dan sekarang bagaimana caranya sudah tahu. Sangat lengkap

    BalasHapus
  2. Panduannya lengkap dan tutorialnya sangat membantu instalasi php.

    BalasHapus
  3. Mas kalau mau instal php di windows 10 bagaimana?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Di windows 10 bisa, sesuai cara diatas :)

      Hapus
  4. mas kalo untuk di mac apa ada caranya ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bisa instalasai di apache,php atau mysql os MAC ada caranya, hanya saya tutorialnya belum saya jelas disini :). Tapi jika mau bisa menggunakan xampp for mac yang sudah ada panduannya di artikel http://blog.fispol.com/2017/06/cara-download-instalasi-xampp-windows-linux-os.html

      Hapus
  5. ada syntax yang salah di bagian penambahan baris bawah. file htpp.conf

    BalasHapus
  6. Beberapa kali instal tapi belum bisa dipergunakan,
    saya mau instal denga cara ini, semoga bisa.... terima kasih mas atas ilmunya

    BalasHapus