Menghadapi Komentar Spam Di blogger

Malam ini adalah hari dimana saya tiba tiba teringat blog ini lagi setelah cuti sejak tahun lalu, nggak terasa ya teman teman :) disini sudah makin rame. Meskipun blog ini sudah jarang diurus alias yatim piatu 'woowkwoowkkwo' tapi tetap saja ada yang berkenan datang ke blog ini. Yasudahlah, harusnya ini adalah kabar baik bagi saya, iya kan?


Hmm... Tapi ada satu hal yang membuat saya syalut yaitu kotak komentar yang sudah sangat banyak, entah dari mana datangnya. Mungkin dari langit kali ya? hahahhaha. Tapi iya bener komentar yang gak jelaspun sangat banyak tak terhitung. Sudah kuduga, mana mungkin manusia biasa bisa sebanyak itu berkomentar di blog ini jika itu bukanlah mesin spam atau semacamnya.

Saya ingin Komentar Blog Sebanyak Banyaknya

Ya waktu itu kan blog masih sepi nih ya, so saya berpikir gini 'Gimana caranya supaya blog ini kelihatan ramai pengunjungnya? ' WOOOOW .... Gimana ya? Nah kenapa tidak saya rubah pengaturan blog nya untuk membiarkan siapa saja berkomentar. Tidak perlu verifikasi spam, tidak perlu masuk, tidak perlu identitas, Yang penting komentarnya banyak.

Dan hari ini terbukti kan? banyak buanget komentarnya. Saking banyaknya nih, ada jin, tuyul dan kawan kawannya. Kadang komentarya gak nyambung bahkan ada yang kepanjangan yang menyebabkan pengguna jadi tidak dapat menikmati blog ini sebagaimana mestinya.

Komentar Spam Blogger
Komentar Spam
Akibatnya saya jadi kewalahan sendiri untuk menghapus koment koment spam ini, meskipun bisa saja menghapus massal tapi tetap saja kan harus memilah juga, karna sebagian ada komentar manusia yang tidak perlu dihapus.

Menjadikan Kotak Komentar Bersih Efektif

Nah ini menjadi pengalaman berharga bagi blogger pemula seperti saya, dalam hal komentar diblog itu bukan tenatng ramainya saja tetapi itu juga harus tetap menjadi bermanfaat bagi artikel untuk menghindari user spam di kotak komentar.

Oleh sebab itu, untuk menghadapi komentar spam tidak berulang kedepan dibutuhkan seleksi yang tepat yaitu dengan mengubah pengaturan berdiskusi di blog kita:

  1. Dari dashboard blogger, Masuk ke Pengaturan
  2. Plih 'Post, Komentar, dan Berbagi'
  3. Lalu ubah pengaturan ke pilihan harus masuk, jika perlu masuk ke akun google atau menggunakan open id

Dengan demikian saya berharap kedepan kotak komentar diblog akan lebih efektif bagi pengunjung dan tidak ada lagi komentara spam, iklan, dkk yang dapat merusak artikel kita di blog. Amin


Baca Juga Artikel lainnya:

2 Tanggapan untuk "Menghadapi Komentar Spam Di blogger"

  1. hmm info,nya bantu bangrt trimakasihnya ini udah mbantu..

    BalasHapus
  2. sangat bermanfaat sekali infonya, terimakasih :D

    BalasHapus