Cara Membuat Breadcrumbs | Link Navigasi Blogger

Membuat Breadcumbs, BlogTutorial - Url navigasi yang diapsang pada blog adalah salah satu cara agar blog menjadi lebih seo friendly alias ramah mesih pencari. Jadi sangat penting anda mengetahui Bagaimana cara membuat breadcumbs (navigasi atas) khususnya pada blogger/blogspot.

Cara Membuat Breadcrumbs| Navigasi Blogger


Apa itu Breadcumbs (Navigasi Atas) Pada Blogger


Apa itu Breadcumbs ?
Breadcrumbs adalah salah satu aksesoris blogger yang juga diperlukan untuk mengoptimasi sebuah halaman posting, biasanya muncul secara horizontal di bagian atas pada halaman posting artikel blog anda atau Lebih tepatnya ada di bawah bar judul atau header posting. Adapun Breadcrumbs Blogger ini menyediakan link penghubung kembali ke halaman sebelumnya setiap user menavigasi antar link untuk menuju ke halaman yang aktif atau halaman induk dari halaman yang aktif. Sehingga link navigasi ini akan memberikan jejak bagi pengguna untuk mengikuti kembali ke titik awal atau entri sebelumnya. Sebuah tanda yang lebih besar dari (>) sering berfungsi sebagai pemisah hirarki, meskipun dapat menggunakan simbol lainnya (seperti »atau>), serta beragam grafik.
Tampilan breadcumbs Navigasi Blogger
Contoh Screnshoot Link Navigasi Breadcumbs
Coba perhatikan gambar diatas, Seperti pada tampilan screenshoot tersebut, anda mungkin bisa memahami seperti apa dan dimana letak serta tampilan navigasi breadcumbs pada blog pada umumnya. Contoh url breadcumbs, misalnya:
Home » kategori » katehori2 » artikelblog
Beranda > Blog > Cara Membuat > Tutorial cara Breadcumbs Blogger

Tutorial lengkap Cara Membuat Navigasi Breadcumbs untuk Blogger


Setelah kita mengetahui jelas tentang navigasi breadcumbs, Langsung saja kita pelajari cara membuatnya / memasang si breadcums pada blog kita.

1. Langkah pertama adalah Login ke Dashboard Blogger
2. Setelah masuk, ke menu Template » Edit HTML » Lanjutkan
3. Selanjutnya jangan lupa untuk men-Centangkan Expand Template Widget
4. Langkah berikut adalah mencari Cari kode ]]></b:skin> dan simpan kode dibawah ini tepat diata diatas ]]></b:skin> tersebut:
 .breadcrumbs{padding:0px 5px 5px 0;margin-bottom:20px;margin-top:0px;font-size:11px;color:#5B5B5B;border-bottom:1px dotted #bbb;} 
5. Langkah berikut adalah mencari kode source <b:includable id='main' var='top'>, hapus dan langsung ganti dengan kode dibawah ini:
<b:includable id='breadcrumb' var='posts'><b:if cond='data:blog.homepageUrl != data:blog.url'> <b:if cond='data:blog.pageType == &quot;static_page&quot;'> <div class='breadcrumbs'><span><a expr:href='data:blog.homepageUrl' rel='tag'>Home</a></span> &#187; <span><data:blog.pageName/></span></div> <b:else/> <b:if cond='data:blog.pageType == &quot;item&quot;'> <!-- breadcrumb for the post page --> <b:loop values='data:posts' var='post'> <b:if cond='data:post.labels'> <div class='breadcrumbs' xmlns:v='http://rdf.data-vocabulary.org/#'> <span typeof='v:Breadcrumb'><a expr:href='data:blog.homepageUrl' property='v:title' rel='v:url'>Home</a></span> <b:loop values='data:post.labels' var='label'> &#187; <span typeof='v:Breadcrumb'><a expr:href='data:label.url' property='v:title' rel='v:url'><data:label.name/></a></span> </b:loop> &#187; <span><data:post.title/></span> </div> <b:else/> <div class='breadcrumbs'><span><a expr:href='data:blog.homepageUrl' rel='tag'>Home</a></span> &#187; <span>Unlabelled</span> &#187; <span><data:post.title/></span></div> </b:if> </b:loop> <b:else/> <b:if cond='data:blog.pageType == &quot;archive&quot;'> <!-- breadcrumb for the label archive page and search pages.. --> <div class='breadcrumbs'> <span><a expr:href='data:blog.homepageUrl'>Home</a></span> &#187; <span>Archives for <data:blog.pageName/></span> </div> <b:else/> <b:if cond='data:blog.pageType == &quot;index&quot;'> <div class='breadcrumbs'> <b:if cond='data:blog.pageName == &quot;&quot;'> <span><a expr:href='data:blog.homepageUrl'>Home</a></span> &#187; <span>All posts</span> <b:else/> <span><a expr:href='data:blog.homepageUrl'>Home</a></span> &#187; <span>Posts filed under <data:blog.pageName/></span> </b:if> </div> </b:if> </b:if> </b:if> </b:if> </b:if> </b:includable> <b:includable id='main' var='top'> <b:include data='posts' name='breadcrumb'/>
6. Dan Langkah terakhir adalah Simpan Template, coba lihat apakah breadcums sudah terpasang dengan benar di blog? jika breadcumb atau navigasi belum tampil maka coba dipelajari lagi cara yang benar diatas.

Adapun Fungsi dari breadcrumb pada blog itu sendiri adalah untuk membantu pengunjung blog untuk mengetahui sedang dihalaman mana pengunjung  tersebut sekarang berada dibagian web kita.

Dengan Navigasi breadcrumb, maka urusan url navigasi blog bisa lebih mudah ditemukan. Selain itu, breadcrumb ini dipercaya juga sangat baik untuk Blog agar lebih seo friendly, karena navigasi ini memperkaya kata kunci dalam postingan artikel. Demikianlah pengenalan sedrhana dan singkat tentang cara membuat navigasi breadcumbs khususnya blog berplatform blogspot, Jika ada yang mau menambahkan dengan senang hati ditunggu dikotak komentar. Salam blogger indonesia!

Baca Juga Artikel lainnya:

15 Tanggapan untuk "Cara Membuat Breadcrumbs | Link Navigasi Blogger"

  1. Ijin sedot cara membuat breadcums nya gan, Buat navigasi artikel blog - Makasih

    BalasHapus
  2. numpang nyobain tutorialnya sob.
    makasih

    BalasHapus
  3. makasih, sudah dicoba dan sudah berhasil

    BalasHapus
  4. terimakasih ya gan, banyak membantu site nya :)

    BalasHapus
  5. thank gan bermanfaat bagi saya yang newbie,,,,,,

    BalasHapus
  6. Tutorialnya mantap gan,udah ane pasang 100% works
    makasih

    BalasHapus
  7. cara bikin navigasi seperti punya agan gimana

    BalasHapus
  8. Tutorial yang sangat bermanfaat gan,... sangat membantu saya dalam proses editing blog blog ane gan,. ternyata kalau mau memahami tidaklah sesulit seperti apa yang dikatan oleh orang2,. salam kenal dari http://jawacyber.blogspot.com

    BalasHapus
  9. info unik, breadcrumbs memang sangat berguna sebagai navigasi blog kita juga dalam belajar edit HTML buat newbie seperti saya...blog saya di http://portaldinamis.blogspot.com

    BalasHapus
  10. adduuh masih ga ngerti kang tentang breadcrumb, apalagi cara masangnya, ribet banget.. :P masih baru soalnya saya didunia blogger, jadi nyimak aja deh sekalian belajar dari blog akang..... :D

    informasi yang sangat bermanfaat bagi yang membutuhkan.. ^^

    BalasHapus
  11. mantap gan, terima kasih banyak ya atas ilmunya.. :)

    http://www.jamtanganori.com

    BalasHapus
  12. Langsung di bookmark dulu, untuk kunjungan selanjutnya.. Sekarang di praktekkan dulu, semoga berhasil.. Terima kasih gan informasinya..

    BalasHapus