Cara Membuat Halaman Daftar Isi Blog

Membuat Sitemap / Daftar isi Blog Secara Otomatis Dalam Satu halaman blog adalah cara yang sudah banyak diketahui para blogger. Dengan halaman daftar isi maka pengunjung blog kita akan dimudahkan mengakses semua postingan artikel (Daftar postingan Keseluruan). Walupun ini adalah mudah namun kebanyakan masih bingung dalam menampilkan daftar isi ini, padahal ini hanyalah merupakan bagaimana cara menampilkan artikel per kategori tapi dalam satu daftar (Halaman) sitemap blog. Oh ya ini bukan sitemap untuk disubmit kemesin pencari, tapi hanya untuk alat blog itu sendiri.

Daftar Isi (sitemap)
Daftar Isi Blog


Halaman Sitemap dalam kurung daftar isi blog yang akan kita buat bisa ditampilkan di dalam satu halaman statis, atau daftar isi ditampilkan dalam satu artikel posting dan juga bisa saja kita menampilkan daftar isi blogger ini di sedebar blog kita.

Nah Berikut adalah totorial lengkap Cara Membuat dan Menampilkan Daftar isi baik dalam satu halaman statis maupun disedebar blog.

MENAMPILKAN DAFTAR ISI DALAM SATU HALAMAN STATIS

Maksudnya adalah : KIta akan mebuat daftar isi Hanya dalam satu halaman statis. Link nya akan kita letakkan Di beranda blog, ketika diklik (contoh : http://Blog-anda.blogspot.com/p/Daftar-isi.html) maka tampillah seluruh artikel postingan baik itu yang lama maupun yang baru.
Daftar Isi (sitemap) Blog
Daftar Isi *sitemap Satu Halaman statis


Langsung saja berikut langkah :1. Masuk ke account blogger anda
2. Pilih New post (Halaman Baru)
3. Jangan Lupa Pilih HTML (bukan compose) pada kanan atas halaman tersebut
4. Beri Judul postingan tersebut dengan Daftar Isi, atau jsesuai keinginan anda.
5. Copy Kode script Sitemap ini :

<script src="https://sitemapku-blog.googlecode.com/files/contentt.js"></script><script src="http://alamat-blog-anda.blogspot.com/feeds/posts/default?max-results=9999&amp;alt=json-in-script&amp;callback=loadtoc"></script>
6.Tempelkan dan gantilah teks berwarna merah (http://alamat-blog-anda.blogspot.com) dengan alamat blog kamu.
7.Jika sudah langsung publikasikan. Lihat apakah kamu berhasil Menampilkan daftar isi dalam satu Halaman statis?

MEMBUAT DAFTAR ISI DISIDEBAR BLOG

Maksudnya adalah : Menampilkan / membuat daftar isi ataupun sitemap tampil juga disedebar blog. Dengan ini maka setiap pengunjung akan dengan mudah mengetaghui seluruh postingan karna daftar artikel dalam sitemap akan ada disamping siderbar blog kita.

DAFTAR ISI DISIDEBAR BLOG
Daftar Isi di Sidebar


Cara Memembuat daftar isi di sidebar (samping) blog

1. Masuk ke account blogger anda
2. Pilih tata letak/layout
3. Pilih tambah gadget
4. Pilih HTML/javascript.
5. Beri Judul Dafar isi tersebut.
6. Copy kode source daftar isi *sidebarnya:

<div style="overflow:auto;width:300px;height:120px;padding:10px;border:1px solid #eee"><script style="text/javascript" src="https://sitemapku-blog.googlecode.com/files/contentt.js"></script><script src="http://alamat-blog-anda.blogspot.com/feeds/posts/default?max-results=9999&alt=json-in-script&callback=loadtoc"></script>
</div>
 7.Tempelkan dan gantilah teks berwarna merah (http://alamat-blog-anda.blogspot.com) dengan alamat blog kamu, lalu simpan

Catatan : Untuk menyesuaikan tampilan Daftar Isi di sidebar blog ini, anda bisa memodifikasi supaya lebih sesuai dengan template yang anda gunakan. Caranya muda saja. Perhatikan di style:

width:300px : Ganti Lebar (300) Daftar isi sesuai dengan yang diinginkan.

height:120px : Ini adalah tinggi sitemap akan tampil disidebar. Silakan ganti sesuai keinginan anda.

Baca Juga Artikel lainnya:

Tutorial Cara Membuat Website untuk Pemula

Tutorial Cara Membuat WebsiteSelamat datang kembali sahabat :). Kita akirnya bisa bertemu kembali pada postingan degan judul baru Tutorial Cara Membuat Website Pemula, Terus terang ini bukan postingan baru sih karna saya juga perna menulis nya di tips-trik-terbaru dengan judul Cara Membuat Website. Lalu saya niat aja untuk menulisnya ulang disini supaya blog ini lebih terisi dan siapa tau saja keywordnya masuk Serp pencarian alias cepat terindex google dan mempertemukan pemirsa baru diblog ini. cckckckc #Licik ;). Biar gak bosan dengan tutorialnya *cara membuat website, maka saya tambahkan sedikit gambar lucu :D. Yah begitula caranya biar belajar bikin websitenya lebi serius dan tidak terasa menegangkan "eeeehheee".

Sebenarnya membuat website sendiri adalah cara yang sangat mudah asalkan anda mengikuti tutorialnya dengan benar. Tampilannya pun bagaikan website profesional seperti pada gambar website dibawah ini:
Membuat Website
Tampilan website dan membuatnya lebi profesional bagi pemula
Yups Membuat website bagi yang masih pemula adala sangat mudah, Bakan anda bisa membuatnya tampil lebi profesional seperti gambar diatas.

Untuk diketaui bahwa Website adalah halaman informasi yang disediakan melalui jalur internet sehingga bisa diakses di seluruh dunia selama terkoneksi dengan jaringan internet. Web merupakan komponen komponen yang terdiri dari teks, gambar, suara animasi sehingga lebih merupakan media informasi yang menarik untuk dikunjungi. Secara garis besar, website bisa digolongkan menjadi Website Statis, Website Dinamis dan Website Interaktif. Dan penjelasan tentang pengolongan jenis website itu akan kita bahas selanjutnya... Step-by-step dong :D.

Tutorial langkah dan cara pemula untuk membuat website sendiri tergolong sangat banyak ragam kita dapatkan melalui media informasi diinternet. Salah satunya kita bisa dengan menggunakan berbagai platform seperti CMS  untuk buat website dengan sangat cepat. Karna CMS akan sangat membantu dalam pembuatan sebuah website lebi mudah. Adapun CMS yang menurut saya sangat populer untuk membuat website dan cocok bagi pemula  adalah Cms dengan platform Wordpress dan Joomla yang tentunya saling mempunyai kelebihan dan kekurangan dalam hal menciptakan sebuat web untuk anda.

Cara Membuat Website
Tapi, selalu saja ada tapinya bagi kita yang baru saja terjun kedalam dunia internet alias gaptek atau pemula pastinya akan mempunyai masalah dan kesulitan sendiri dalam membuat website tersebut, bisa dari segi bahasa, keterampilan, kreatifitas atau juga dalam ilmu pengetahuan programming.

Ole sebab itu sebelum membuat website, sebaiknya anda mempelajari dulu bagaimana cara membuat blog. Karna saya kira website dan blog sangat identik dan sangat cocok bagi anda yang ingin belajar dunia website.

Cara Buat Website


Jika benar anda tela siap dan yakin ingin membuat sebuah website, maka : Jika ingin membuat website dengan menggunkan CMS Joomla, silahkan download di http://www.joomla.org. Sedangkan bagi anda yang ingin mencoba buat web dengan wordpress silahkan download di di http://www.wordpress.org. Dan jangan lupa untuk memanfaatkan layanan hosting gratis untuk website anda nantinya, saya lebi rekomendasikan anda di idhostinger(www.idhostinger.com) karna saya sudah membuktikan kulitas hosting website : bisa dibilang adala yang terbaik.

Setelah anda mendowload semua cms yang diperlukan untuk website, Maka saatnya anda harus membuat topik website yang akan dibuat, dan menjadikan situs baru itu menjadi seperti yang dikehendaki. Mungkin anda akan perlu sedikit mencari dan lirik-lirik bagaimana tampilan website yang lain sebagai pembanding untuk anda tahu harus memulai dari mana.

Baca Juga Artikel lainnya:

Cara Membuat Like box facebook di Blogger

Like box facebook- Bagi sobat blogger yang ingin memasang like box Facebook dihalaman atau disidebar blognya maka itulah bahasan artikel kita saat ini. Like box facebook memang akan banyak digemari oleh blogger karna sangat membantu untuk mempopulerkan FP dengan mudahnya. Baik itu yang melayang maupun yang tidak melayang. kali ini tak akan membahas like box melayang tapi seputar cara memasang like box fp yang valid XHTML.
Cara Membuat Like box facebook di Blogger
like box fp yang valid XHTML

Mengapa Like box fanspage harus yang valid XHTML?

Valid XHTML bagi sebuah website atau blog itu sangatlah penting karena dapat mempengaruhi dukungan (support) website terhadap berbagai macam browser yang berbeda. Selain itu juga, Jikalau like box Fanspage website atau blog kita valid XHTML maka website atau blog kita akan semakin disukai oleh crawler yang berasal dari google, yahoo, dan juga bing, ini sih menurut yang kami baca dari blogger tetangga.

Tapi Sebelum belajar memasang like box facebook ini dihalam blog, anda diwajibkan harus memiliki halaman Fans page Facebook. Karna pada cara membuat widget like box valid XHTML ini akan dibutuhkan url halaman FP tersebut. Dan jika semua sudah siap mari kita langsung lanjutkan cara memasang like box di Blog (valid XHTML).

Tutorial singkat Cara membuat Like Box (valid XHTML)

Ambil Source kode widget like box fanspage:
<div id="fb-root"></div>
<script type="text/javascript">
(function() {
var e = document.createElement('script'); e.async = true;
e.src = document.location.protocol +
'//connect.facebook.net/en_US/all.js#xfbml=1';
document.getElementById('fb-root').appendChild(e);
}());
</script>
<div id="FbCont">
<script type="text/javascript">
<!--//--><![CDATA[//><!--
var fb = document.createElement('fb:like-box');
fb.setAttribute("href","Tuliskan url fanspage fb kamu disini");
fb.setAttribute("show_faces","true");
fb.setAttribute("header","false");
fb.setAttribute("stream","false");
fb.setAttribute("width","200");
fb.setAttribute("font","segoe");
document.getElementById("FbCont").appendChild(fb);
//--><!]]>
</script>
</div>
Pertama, perhatikan source kode widget like box, gantilah tulisan berwarna biru diatas (Tuliskan url fanspage fb kamu disini) dengan url fanspage kamu yang akan dijadikan like box pada blog. Contoh : http://facebook.com/tips.sahabat diatas lalu copy.

Selanjutnya. untuk menampilkan like box fanspage valid tersebuat pada blog:

1.Login ke blogger dashboard anda
2.Setelah itu masuk ke menu Tata Letak
3.Klik Tambah Gadget kemudian pilih yang HTML/JavaScript
4.Terakhir adalah langsung masukkan (paste) kode source widget like box valid XHTML yang telah anda edit dan copy tadi kedalam kotak teks. Jangan lupa simpan !.

Sebenarnya cukup sangat simple bukan tentang Cara Membuat Like box facebook di Blog ini. Dan pada kesempatan selanjutnya kita akan share juga tentang like box berbeda : Melayang, bergerak dan lainnya. - Salam...

Baca Juga Artikel lainnya:

Mengetahui blog Nofollow atau dofollow

Secara sederhana, Blog dofollow adalah blog yang ber atribut kan rel "dofollow", yang mendakan suatu situs menelururi tautan didalamnya. Sedangkan blog NOFOLLOW adalah suatu situs dimana tidak membolehkan mesin pencari menelusuri tautan / link didalam isi blog tersebut.
Apakah ini blog dofollow atau nofollow?
Blog dofollow dan nofollow
Kemarin teman blogger bertanya kepada saya, Bagaimana sih cara mengetahui Blog dofollow atau blog Nofollow? Oleh sebab itu pada kesempatan ini, kami akan sedikit share artikel Cara Mudah melihat blog dofollow dan nofollow. tentunya dengan beberapa tujuan dan motivasi salah satunya adalah "berkomentar" di blog dofollow berharap mendapatkan backlink yang mengarahkan si om mesin pencari langsung ke blog si peng-coment tersebut: amin...:)
Walaupun bagi yang sudah bisa mengetahui cara melihat dofollow atau nofollow melalui view source lansung khusunya ini bagi para master. Namun bagi kita yang masih sangat awam tentunya ini akan sangat sulit apalagi berhubungan dengan kode HTML yang mungkin akan sangat membingungkan, saya pastikan bahwa mencari rel "dofollow"/ "nofollow" akan memboroskan waktu anda. Nah untuk memudahkannya, kita akan memanfaatkan plugin extexion yang sudah tersedia pada browser kita. Atau menginstal Ads-on untuk melihat blog dofollow/nofollow ini.


Ads-on untuk Mengetahui Blog dofollow pada Mozilla Firefox

1.langkah pertama adalah menginsatal Ads-on untuk Mengetahui Blog dofollow tersebut. Klik disini, untuk memulinya.
Ads-on untuk Mengetahui Blog dofollow pada Mozilla Firefox
2.Klik lanjutkan atu "continue" untuk menginstalnya.
3.Setelah selesai, Restart firefox anda. Buka kembali dan Silahkan dicoba.

Cara menggunakan ads-on dofollow/nofollow mozilla firefox ini adalah sebagai berikut:

1.Mencari dan melihat Dofollow pada ads-on:
Kunjungi suatu blog yang dikehendaki, lalu klik kanan pada salah satu halaman blog yang ingin sobat ketahui apa dofollow , kemudian klik Nodofollow.
Dofollow pada ads-on
Tampilan dofollow Ads-on | Link pada blog yang berwarna biru adalah rel dofollow 
 2.Mencari dan melihat Nofollow blog pada ads-on:
Ulangi cara diatas yaitu : Kunjungi suatu blog yang dikehendaki, lalu klik kanan pada salah satu halaman blog yang ingin sobat ketahui apa dofollow , kemudian klik Nodofollow.
melihat Nofollow blog pada ads-on
Tampilan ad-ons | Link berwarna merah adalah rel nofollow

Extension Chrome Menampilkan Link Dofollow atau Nofollow

Untuk melihat dofollow melalui browser crome caranya adalah sebagai berikut:
1.Download dan instal extensionsnya klik disini
2. Klik Add To Chrome
3.Setelah selesai, berikut adalah Penggunaanya:
-Diatas tollbar sudut kanan atas ma akan bertambah komponen baru (SEO ekstextion), KLik saja.
-Maka akan keluarlah tampilan seperti dibawah ini:

Extension Chrome Menampilkan Link Dofollow atau Nofollow

-langsung centang "Show Nofollow" pada sudut kiri paling bawah.

-Jika Blog tersebut dofollow maka tidak akan ada link di lingkari warna merah, tapi jika blognya nofollow maka linknya akan dilingkari dengan warna merah, seperti gambar berikut:

Tampilan blog nofollow pada chrome
Tampilan blog nofollow pada chrome | Link warna merah adalah rel "nofollow"

Sekian saja tutorial ini. Semoga Artikel Cara Mengetahui Blog dofollow/Nofollow ini bisa bermanfaat !. Jika masih Belum bisa, Jangan sungkan umpannya melalui kotak komentar, Salam...

Baca Juga Artikel lainnya:

TEMPLATE BLOGGER (SIMPLE PLUS SEO FRIENDLY)

TEMPLATE BLOGGER (SIMPLE PLUS SEO FRIENDLY), dari namanya saja, bisa langsung ditebak kika template ini untuk blogger dengan tampilan simple plus +++ SEO friendly so pasti!. Setelah sebelumnya saya berbagi Template Timeline Modifikasi Blogger, Pada kesempatan ini kami akan berbagi  template blogger yang sangat minimalis, juga SEO Friendly +++. Mengapa template ini disebut (termasuk) Seo friendly +++ ? Karena penyusunan tag H1, H2 dan H3 sudah disusun sesuai aturan Seaerc Engine, dan didalamnya juga tidak lupa disertakan Akasesoris blog, seperti: breadcrumbs, Artikel terkait, dan lain-lain.

TEMPLATE BLOGGER (SIMPLE PLUS SEO FRIENDLY)
Screenshoot template


Fitur TEMPLATE BLOGGER (SIMPLE PLUS SEO FRIENDLY)



-2 Navigasi (di atas dan di bawah header)
-Related Posts / Artikel terkait cepat loading
-Social Networking sharing
-Auto readmore with default thumbnail
-Breadcrumbs Navigasi yang SEO friendly
-Bookmark simple (facebook, twitter, google +, pinterest)
-Widget 468x60 banner header
-Kategori dengan 2 kolom disidebar
-Threaded Comments

Petunjuk instal TEMPLATE BLOGGER (SIMPLE +++ SEO FRIENDLY)


Cara instal atau pemasangan template seperti biasanya (tak ada yang special). Tentunya saya tidak akan menjelaskannya disini. Jika benar2 bingung silahkan baca Cara Merubah tampilan Blog.

Mengganti Link/ gambar Social Icons Pada template

Mengganti Link/ gambar Social Icons Pada template

  • Masuk ke Edit HTML
  • cari (CTRL+F) dan edit kode  :<div class='right'> <a class='iconFacebook' href='#'>Facebook</a> <a class='iconTwitter' href='#'>Twitter</a> <a class='iconRSS' href='#'>RSS</a> <a class='iconGoogle' href='#'>Google</a> </div>

Jika sudah ditemukan, Maka langsung saja Ganti # dengan Alamat URL facebook, twitter, RSS dan Google +.
#  = Url Facebook (contoh : htttp://facebook.com/template_seo)
#  = Url twitter (contoh : http://twitter.co/template_seo
= Rss feed anda (contoh : http://templateseo/feeds/
#  = Url profil G+ 


Cara Memodifikasi, mengganti Link menu Pada Template


mengganti Link menu Pada Template
-Masuk Ke Edit HTML
-Cara (CTRL+F) kode :<!-- Menu START --> 
-Perhatikan, kamu akan menemukan menu, tepat 2 baris dibawah kode tsb :

<div id='navbarsecond'>
<ul class='dropdown' id='secondmenu'>
<li><a href='#'>Home</a></li>
<li><a href='#'>World News</a></li>
<li><a href='#'>Entertainment</a></li>
<li><a href='#'>Health</a></li>
<li><a href='#'>Technology</a></li>
<li><a href='#'>Auto</a></li>
<li><a class='sf-with-ul' href=''>Sport</a>
<ul class='sub-menu'>
<li><a href='#'>Soccer</a></li>
<li><a href='#'>Formula 1</a></li>
<li><a href='#'>Rally Racing</a></li>
<li><a href='#'>Golf</a></li>
-Selanjutnya kamu tinggal mengganti menu dengan sesuka kamu.
 Ganti dengan Url Menu (contoh : Url kategori, atau halaman statis)
 Ganti Home dengan NAMA menu yang akan ditampilakan (Contoh : MUsik, Privasi Policy, dll)

Terima Kasih dan selamat mencoba TEMPLATE BLOGGER +++ ini


Nah demikialah Ulasan singkat tentang template blogger +++ Alias SIMPLE PLUS SEO FRIENDLY. kami ucapkan Selamat mencoba menerapkan template ini pada blog anda secara gratis. Sejauh ini kami tidak menemukan masalah pada template *update january 2013. Jika ada masalah jangan sungkan untuk menuliskannya pada kotak komentar ... Salam Blogger !!!

Baca Juga Artikel lainnya:

Cara Membuat Breadcrumbs | Link Navigasi Blogger

Membuat Breadcumbs, BlogTutorial - Url navigasi yang diapsang pada blog adalah salah satu cara agar blog menjadi lebih seo friendly alias ramah mesih pencari. Jadi sangat penting anda mengetahui Bagaimana cara membuat breadcumbs (navigasi atas) khususnya pada blogger/blogspot.

Cara Membuat Breadcrumbs| Navigasi Blogger


Apa itu Breadcumbs (Navigasi Atas) Pada Blogger


Apa itu Breadcumbs ?
Breadcrumbs adalah salah satu aksesoris blogger yang juga diperlukan untuk mengoptimasi sebuah halaman posting, biasanya muncul secara horizontal di bagian atas pada halaman posting artikel blog anda atau Lebih tepatnya ada di bawah bar judul atau header posting. Adapun Breadcrumbs Blogger ini menyediakan link penghubung kembali ke halaman sebelumnya setiap user menavigasi antar link untuk menuju ke halaman yang aktif atau halaman induk dari halaman yang aktif. Sehingga link navigasi ini akan memberikan jejak bagi pengguna untuk mengikuti kembali ke titik awal atau entri sebelumnya. Sebuah tanda yang lebih besar dari (&gt;) sering berfungsi sebagai pemisah hirarki, meskipun dapat menggunakan simbol lainnya (seperti »atau&gt;), serta beragam grafik.
Tampilan breadcumbs Navigasi Blogger
Contoh Screnshoot Link Navigasi Breadcumbs
Coba perhatikan gambar diatas, Seperti pada tampilan screenshoot tersebut, anda mungkin bisa memahami seperti apa dan dimana letak serta tampilan navigasi breadcumbs pada blog pada umumnya. Contoh url breadcumbs, misalnya:
Home » kategori » katehori2 » artikelblog
Beranda > Blog > Cara Membuat > Tutorial cara Breadcumbs Blogger

Tutorial lengkap Cara Membuat Navigasi Breadcumbs untuk Blogger


Setelah kita mengetahui jelas tentang navigasi breadcumbs, Langsung saja kita pelajari cara membuatnya / memasang si breadcums pada blog kita.

1. Langkah pertama adalah Login ke Dashboard Blogger
2. Setelah masuk, ke menu Template » Edit HTML » Lanjutkan
3. Selanjutnya jangan lupa untuk men-Centangkan Expand Template Widget
4. Langkah berikut adalah mencari Cari kode ]]></b:skin> dan simpan kode dibawah ini tepat diata diatas ]]></b:skin> tersebut:
 .breadcrumbs{padding:0px 5px 5px 0;margin-bottom:20px;margin-top:0px;font-size:11px;color:#5B5B5B;border-bottom:1px dotted #bbb;} 
5. Langkah berikut adalah mencari kode source <b:includable id='main' var='top'>, hapus dan langsung ganti dengan kode dibawah ini:
<b:includable id='breadcrumb' var='posts'><b:if cond='data:blog.homepageUrl != data:blog.url'> <b:if cond='data:blog.pageType == &quot;static_page&quot;'> <div class='breadcrumbs'><span><a expr:href='data:blog.homepageUrl' rel='tag'>Home</a></span> &#187; <span><data:blog.pageName/></span></div> <b:else/> <b:if cond='data:blog.pageType == &quot;item&quot;'> <!-- breadcrumb for the post page --> <b:loop values='data:posts' var='post'> <b:if cond='data:post.labels'> <div class='breadcrumbs' xmlns:v='http://rdf.data-vocabulary.org/#'> <span typeof='v:Breadcrumb'><a expr:href='data:blog.homepageUrl' property='v:title' rel='v:url'>Home</a></span> <b:loop values='data:post.labels' var='label'> &#187; <span typeof='v:Breadcrumb'><a expr:href='data:label.url' property='v:title' rel='v:url'><data:label.name/></a></span> </b:loop> &#187; <span><data:post.title/></span> </div> <b:else/> <div class='breadcrumbs'><span><a expr:href='data:blog.homepageUrl' rel='tag'>Home</a></span> &#187; <span>Unlabelled</span> &#187; <span><data:post.title/></span></div> </b:if> </b:loop> <b:else/> <b:if cond='data:blog.pageType == &quot;archive&quot;'> <!-- breadcrumb for the label archive page and search pages.. --> <div class='breadcrumbs'> <span><a expr:href='data:blog.homepageUrl'>Home</a></span> &#187; <span>Archives for <data:blog.pageName/></span> </div> <b:else/> <b:if cond='data:blog.pageType == &quot;index&quot;'> <div class='breadcrumbs'> <b:if cond='data:blog.pageName == &quot;&quot;'> <span><a expr:href='data:blog.homepageUrl'>Home</a></span> &#187; <span>All posts</span> <b:else/> <span><a expr:href='data:blog.homepageUrl'>Home</a></span> &#187; <span>Posts filed under <data:blog.pageName/></span> </b:if> </div> </b:if> </b:if> </b:if> </b:if> </b:if> </b:includable> <b:includable id='main' var='top'> <b:include data='posts' name='breadcrumb'/>
6. Dan Langkah terakhir adalah Simpan Template, coba lihat apakah breadcums sudah terpasang dengan benar di blog? jika breadcumb atau navigasi belum tampil maka coba dipelajari lagi cara yang benar diatas.

Adapun Fungsi dari breadcrumb pada blog itu sendiri adalah untuk membantu pengunjung blog untuk mengetahui sedang dihalaman mana pengunjung  tersebut sekarang berada dibagian web kita.

Dengan Navigasi breadcrumb, maka urusan url navigasi blog bisa lebih mudah ditemukan. Selain itu, breadcrumb ini dipercaya juga sangat baik untuk Blog agar lebih seo friendly, karena navigasi ini memperkaya kata kunci dalam postingan artikel. Demikianlah pengenalan sedrhana dan singkat tentang cara membuat navigasi breadcumbs khususnya blog berplatform blogspot, Jika ada yang mau menambahkan dengan senang hati ditunggu dikotak komentar. Salam blogger indonesia!

Baca Juga Artikel lainnya: