Tips Sederhana dan Cara Promosi Blog

Promosi Blog - Nah Setelah kita selesai membuat blog, ada 1 hal yg tak kalah pentingnya dengan membagun blog yaitu langkah untuk mempromosikan atau memperkenalkan blog milik Anda pada dunia internet agar dikenal dan ramai pengunjungnya. Kita sebut ini sebagai Tips mempromosikan blog baru, Karna tanpa peromosi blog yang baik, maka hasilnya akan sia sia bukan?

Apa gunanya membuat blog kalau isi curhat, puisi, cerpen, refleksi dan opini Anda yang diposting tidak dibaca orang, bukan?
Tips dan Cara Promosi Blog
Tips dan Cara Promosi Blog


Tips dan Cara mem-Promosikan blog


Daftarkan di blog directory

Hal pertama dan terpenting dalam hal promisi blog adalah mendaftarkan blog baru kita ke berbagai direktori blog (blog directory). Setidaknya jika memang kita sangat sibuk daftarkan di 3 blog directory terbesar dan terpopuler berikut ini:

  • http://technorati.com
  • http://feeburner.com
  • http://blogdigger.com

Untuk mendaftarkan blog anda di blog direktori tersebut, Ikuti seluruh petunjuk yang telah disediakan pada masing2 layanan blog directory ketika mendaftar.

Untuk apa mendaftarkan ke blog direktori? Tujuannya tidak lain adalah mendapatkan baclink, sehingga dengan memperomosikan Blog anda ke blog directory populer ini nantinya akan secara otomatis mengirim data blog dan posting-posting anda ke berbagai mesin penelusuran, seperti mesin pencari Google dan Yahoo atau Bing.

Link-trade, Link Exchange atau Tukar Link

Hal berikutnya yang mungkin perlu dilakukan adalah, mengajak teman anda yg memiliki blog untuk saling ber-tukar link. Maksudnya adalah Link URL anda dipasang blog dia (teman anda) dan jangan lupa anda juga memasukkan link blog teman anda tersebut diblog anda kemudian. Dalam dunia blog ini sangat penting, adapun istilah pupuler untuk cara ini lebih dikenal dengan sebutan BLOGROLL. Oh ya, patut dicatat bagi pemula bahwa blogroll ini salah satu penyebab cepatnya popularitas sebuah blog di seluruh dunia, kita bisa melihat ini pada komunitas blogger wordpress yang sangat erat kegiatan blogroll mereka.

Faktanya bahwa Blogroll atau link-exchange memang tidak harus melalui permintaan, bisa juga dengan saling suka rela. Sebagai contoh saja ada seseorang blogger (pemilik blog) yg memasang link Anda di blog yang dia kelola, apabila Anda tahu, maka Anda juga ber-inisiatif bahkan "berkewajiban" menambah link blog dia di blog Anda. Apabila tidak, maka akan dicap sebagai "blogger pelit" xixixixix. Di internet, sama halnya dengan dunia nyata, jadi jangan pelit-pelit ya .... ahahahahha.

Tidak perlu jauh ke negeri yang jauh gans, Contoh saja blog ini, http://blog.fispol.com. Sebagai langkah pertama ber-tukar link, Anda bisa mencoba dengan memasang link blog kami ini (http://blog.fispol.com) di sidebar blog Anda. Dalam waktu tidak lama, alamat blog Anda akan tampil di blog kami juga. Penasaran bagaimana ini bekerja? yuk ikutan dalam program tukar link sesama blogger.

Nah, yang menjadi pertanyaannya adalah bagaimana cara mengetahui ada yang memasang link blog kita? Ikuti cara berikut ini, tuliskan di kotak pencarian {http://technorati.com/search} alamat blog Anda atau blog siapa saja yg ingin Anda pantau blognya.

Perluas silahturahmi dengan Berkunjung ke blog tetangga

Ini dia langkah wajib untuk menambah teman untuk diajak blogroll sebagaimana dijelaskan sebelumnya, sempatkan diri kita untuk berkunjung ke blog sahabat atau blog tetangga, dan berkomentar di bukutamu atau tag-board mereka atau berkomentar di tulisan mereka sambil jangan lupa memasang alamat blog Anda di blog mereka. Dalam waktu tidak lama, mereka akan "bertamu balik" ke "rumah" atau blog Anda. Ini cara cukup cerdas untuk memancing tamu bukan?

Alamat blog di signature email

Bahkan bila perlu, tuliskan link / alamat blog Anda di signature email yang sering digunakan. Tujuannya adalah agar setiap kali anda menulis email ke pribadi atau ke milis, alamat blog anda akan selalu muncul, dan menjadi 1 cara "menggoda" orang untuk berkunjung balik ke blog kita tadi. Memposting ringkasan tulisan di blog Anda ke milis juga akan sangat menggoda member milis untuk datang ke blog Anda, tapi dengan catatan tetap sesuai khaidah yang berlaku. Oh ya usahakan sedikitnya 1 kali posting setiap hari karena mempost artikel dengan jadwal rutin, akan membuat tamu datang secara teratur juga.

Baca Juga Artikel lainnya:

7 Tanggapan untuk "Tips Sederhana dan Cara Promosi Blog"

  1. ok gan thx gan., nice info

    kunjungi juga http://ucup-aw.blogspot.com/2012/06/merubah-file-java-menjadi-file-exe.html

    BalasHapus
  2. terimakasih atas infonya

    by : www.miftahshidiq.blogspot.com

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terima kasih juga kunjungannya Pada halaman Tips Promosi Blog, walaupaun ini dasar tapi semoga bermanfaat!

      Hapus
  3. punya saya sudah didaftarkan ke yahoo, tp masih belum ke index apa mungkin krn masih 4hr gan?

    BalasHapus
  4. mantap gan bermanfaat sekali infonya
    anyway divisit ya gan blog ane

    http://aoncash3.blogspot.com/

    http://infoseputarpialadunia.blogspot.com/

    makasi sebelumnya gan

    ada promo bagi2 T-Shirt loh buat member baru aoncash :)

    BalasHapus
  5. Numpang cari ilmu mas, maaf sebelumnya mau tanya di antara cara- cara promosi lewat sosial bookmarking itu yang mas anggap paling efektif itu yang mana ya ? Mohon pencerahannya ya mas maklum br newbie blogging...^^
    Mampir ya mas http://kaya-tips.blogspot.com

    BalasHapus